COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK
Oleh HIDAYATUL IRYANAH, SP. S.Pd
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 KABUPATEN GRESIK
Bapak Hariyanto, S.Pd (Fasilitator) Â Â Â Ibu Rahmawati, s.Pd (Pengajar Praktik)
Coaching merupakan proses kolaborasi yang fokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri dan pertumbuhan pribadi dari sang coachee (Grant,1999)
Coaching merupakan salah satu metode yang efektif untuk diterapkan dalam bidang pendidikan yang prosesnya berpusat pada murid. Dengan metode ini, pendidik dapat mendorong peserta didik untuk menerapkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kreatif, Coaching dalam proses pendidikan menjadi pamong dalam system among sesuai  pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) dengan maksud mewajibkan guru supaya mengingati dan mementingkan kodrat-iradatnya anak-anak, dengan tidak melupakan segala keadaan yang mengelilinginya.
- Peran Guru dalam Coaching
Guru sebagai ujung tombak pendidikan sangat penting memiliki kemampuan coaching dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pendidik. Â
Dalam proses coaching,  guru sebagai coach bagi muridnya.  Sebagai coach guru harus mampu menuntun murid melalui percakapan efektif, memberikan pertanyaan reflektif agar murid dapat mengungkapkan hal-hal yang dialaminya sehingga murid dapat memaksimalkan potensi pribadinya melalui percapakan tersebut. Pada prinsipnya seorang coach harus menjalin komunikasi yang baik dengan  coachee-nya, melaksanakan percakapan kreatif yang membangun dengan orientasi kepada masa depan sehingga pada akhirnya memaksimalkan potensi pribadi coachee.
Kompetensi yang perlu dimiliki seorang coach yakni kehadiran sepenuhnya (presence), mendengarkan aktif (menghindari asumsi, judgement, labeling, dan asosiasi), serta menggunakan pertanyaan berbobot.
Salah satu cara agar kita dapat fokus pada saat mengajukan pertanyaan berbobot adalah menggunakan alur RASA (Receive, Appreciate, Summarize and Ask. )
- Receive (terima) : Coach harus dapat mendengarkan dan menerima semua yang disampaikan oleh chocee
- Appreciate : kita dapat mengapresiasi dengan merespon apa yang disampaikan oleh coachee.
- Summarize : menyampaikan kesimpulan dengan menggunakan kata kunci yang disampaikan oleh coachee sekaligus mengkonfirmasi apa yang telah kita simpulkan.
- Ask : Â sebagai coach dapat mengkonfirmasi informasi yang disampaikan coachee, dan juga menggali informasi dengan menanyakan pertanyaan - pertanyaan berbobot.
- Â
- Salah satu contoh percakapan coaching yang dapat dilakukan yaitu percakapan coaching dengan alur TIRTA. Alur TIRTA ( Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi dan Tanggung jawab)
- Tujuan
- Fokus coach adalah menyepakati tujuan dari percakapan yang dilakukan.
- Identifikasi
- Coach harus melakukan penggalian informasi atas permasalahan yang
- disampaikan coachee, memetakan situasinya berdasarkan informasi yang disampaikan oleh coachee.
- Rencana AksiÂ
- Percakapan berfokus pada rencana aksi yang akan dilakukan oleh coachee dalam menyelesaikan permasalahan atau memaksimalkan potensi pribadinya.
- Tanggung jawabÂ
- Membuat komitmen terkait langkah yang akan diambil selanjutnya.
- Dalam pemahaman materi coaching ini, saya menemukan bahwa hal yang sudah baik berdasarkan pengalaman penulis  selama menjadi coach bagi murid adalah telah melakukan percakapan coaching dengan alur TIRTA yang sistematis sehingga menuntun murid untuk menemukan potensi yang dimiliki untuk dikembangkan, murid merasa bahagia setelah bercakap-cakap dengan guru dalam kegiatan coaching, dan sebagai guru juga merasa senang dapat membuat murid bahagia. Hal yang masih perlu diperbaiki adalah  menghindari asumsi, judgemen, labeling dan assosiasi dalam kompetensi mendengar aktif. Guru masih perlu sering berlatih menjadi coach yang benar-benar mendengarkan aktif dengan menghindari asumsi, judgement, labeling, dan assosiasi agar tercapai tujuan coaching dengan baik.
Keterkaitan materi coaching dengan materi pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional sangat erat yakni,
- Pembelajaran berdiferensiasi.Â