Mohon tunggu...
HIDAYATUL IRYANAH
HIDAYATUL IRYANAH Mohon Tunggu... Guru - Guru_Pengurus KKG_Pengurus LPAY Nashrul Aitam

Saya seorang guru senang dunia pendidikan, sosial, sastra dan seni. Saya bertugas di UPT SD Negeri 79 Gresik Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnalrefleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

9 Juni 2023   10:54 Diperbarui: 9 Juni 2023   11:09 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

Oleh Hidayatul Iryanah 

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. 

Saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid

Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah mempelajari materi modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid dalam  Kegiatan Pendidikan. Jurnal refleksi minggu ke-24 yang harus ditulis Calon  Guru Penggerak  dalam Pendidikan Guru Penggerak.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F: Fact; Feeling; Findings; dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni: Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

1. Facts (Peristiwa)

Minggu ke-24 adalah minggu terakhir dalam pembelajaran modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid. Modul ini merupakan paket modul terakhir yang harus dipelajari calon guru penggerak dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Kegiatan pembelajaran Modul 3.3 diawali dari menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Mulai Diri dan eksplorasi konsep, sesuai alur MERDEKA selanjutnya CGP melakukan kegiatan RUKOL (Ruang Kolaborasi) sesi 1 dan sesi 2 bersama teman CGP kelas 42 Gresik dengan fasilitator Bapak Hariyanto, M.Pd dan Ibu Rahmawati, S.Pd selaku Pengajar Praktik.   Kemudian berlanjut dengan melaksanakan Demonstrasi kontekstual, Elaborasi konsep, membuat Koneksi antar materi, dan Aksi nyata.

Dalam demonstrasi kontekstual, CGP membuat rancangan program yang berdampak pada murid dengan menggunakan pemenuhan tahapan BAGJA .  BAGJA merupakan singkatan dari Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi

2. Feelings (Perasaan)

Saya merasa senang pada minggu ini karena sudah berada pada penghujung paket modul yang harus dipelajari dalam PGP.   Saya juga merasa tertantang untuk melakukan perubahan sebagaimana yang saya tuangkan dalam BAGJA saya.   Saya ingin mengimplementasikan materi pengelolaan program yang berdampak pada murid di sekolah saya.  Saya merasa pendidikan guru penggerak ini adalah pendidikan yang sangat berarti bagi saya,  banyak pengetahuan, wawaasan , dan hal-hal positif yang saya dapatkan terutama pada penghujung materi modul 3.3 ini yakni membuat program yang berdampak pada murid. 

3. Findings (Pembelajaran)

Modul 3.3 ini menambah pengetahuan dan pemahaman saya tentang program-program sekolah mulai dari program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang berdampak positif pada murid.   Saya memahami bahwa sebuah program yang berdampak peda murid harus melibatkan murid juga dalam prosesnya,  murid tidak sekedar menjadi obyek melainkan murid juga subyek dari sebuah program sekolah.  Adapun keterlibatan murid dituangkan dalam tabel Y yang berisi suara (voice), pilihan (choice),  dan kepemilikan (ownership) murid. Sesungguhnya murid mempunyai kemampuan untuk mengambil peran dalam proses belajar mereka sendiri, dengan memberi kesempatan pada murid untuk mengembangkan peran di dalam pengelolaan pembelajaran mereka sendiri, maka guru telah mengembangkan potensi kepemimpinan murid. 

Melalui upaya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, diharapkan bisa terwujud profil pelajar pancasila, menjadi pelajar pancasila yang tidak hanya menjadi pribadi merdeka, namun juga dapat menjadi pribadi yang memerdekakan bangsanya.   

Dalam modul 3.3  CGP belajar banyak tentang bagaimana menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dalam proses belajarnya, yakni mempertimbangkan dengan baik tiga aspek di atas (suara, pilihan, kepemilikan).

4 Future (Penerapan)

Penerapan materi modul 3.3 ini adalah saya berencana berdiskusi dengan kepala sekolah, teman sejawat  dan stakeholder program sekolah untuk  mengimplementasikan materi pengelolaan program yang berdampak positif pada murid ini di sekolah tempat tugas saya. Saya juga berusaha akan mensosialisasikan di forum KKG ( Kelompok Kerja Guru) di wilayah kecamatan tentang penyusunan program sekolah yang melibatkan siswa melalui aspek suara, pilihan, dan kepemilikan.

JIka terdapat kendala-kendala maka semuanya akan dimusyawarahkan dengan pihak-pihak yang terkait untuk mencari pemecahannya sehingga didapatkan sebuah program yang tepat dan positif untuk murid.

Salam Guru Penggerak!

Tergerak, Bergerak , dan Menggerakkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun