Mohon tunggu...
Endru Lazuardi
Endru Lazuardi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Hermosa Future Development

2 Juni 2017   00:04 Diperbarui: 2 Juni 2017   00:52 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

BAB 1

PENDAHULUAN

      Pena bolpoin adalah alat tulis yang ujungnya menggunakan bola kecil yang berputar untuk mengontrol pengeluaran tinta kental yang disimpan dalam kolom berbentuk silinder. Bolpoin diciptakan oleh jurnalis Hungaria, László Biró pada tahun 1938. Bolpoin saat ini menjadi salah satu alat tulis utama diseluruh dunia.

      Bagi kalangan executivemenggunakan bolpoin yang memiliki estetika penampilan yang menarik, akan menimbulkan kesan mewah dan professional. Maka hingga saat ini, bolpoin menjadi salah satu lifestyledikalangan excecutive.Tidak hanya itu, pekerjaan yang menuntut untuk sering menggunakan bolpoin, mengarahkan para excecutiveuntuk menggunakan bolpoin yang nyaman dan tidak menimbulkan rasa tidak nyaman saat menulis.

      Dalam proposal kali ini, saya akan menyajikan sebuah produk bolpoin dengan merek Hermosa. “Hermosa” diambil dari Bahasa latin yang berarti Indah. Hermosa adalah professional ballpointyang dibuat dengan dedikasi tinggi untuk menghasilkan sebuah pena yang berkualitas dan memiliki penampilan yang indah. Hermosa akan memberikan kesan profesional bagi mereka yang menggunakannya.

      Hermosa hadir dengan tampilan elegant, mewah, dan professional dengan memadukan berbagai bahan seperti stainless steel, copper, silver, gold, dan wood. Perpaduan tersebut akan dirancang sedemikian rupa untuk menambah kesan professional pagi penggunanya.

      Tidak hanya itu Hermosa dirancang dengan memperhatikan aspek kenyamanan bagi penggunanya. Kenyamanan ini akan didapatkan karena dalam perancangan bolpoin ini akan melibatkan neurologistdan chiropractoryang telah berpengalaman untuk membuat sebuah desain bolpoin yang akan memanjakan penggunanya.

BAB 2

BUSINESS MODEL CANVAS(BMC)

Business Model Canvas adalah model bisnis yang terdiri dari sembilan area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan untuk memetakan strategi Hermosa dalam membangun bisnis yang kuat, memenangkan persaingan, dan meraih kesuksesan dalam jangka panjang.

2.1 Customer Segments

  • Berdasarkan jenis kelamin: Pria dan Wanita
  • Berdasarkan usia: 15 – 63 tahun.
  • Berdasarkan pekerjaan: pekerja kantor, wirausahawan, pelajar, mahasiswa
  • Berdasarkan pendapatan: memiliki pendapatan yang siap dibelanjakan sebesar ≥ Rp  5,000,000
  • Pengguna social media, executive, danprofessional

2.2Value Propositions

  • Elegance
  •      Hermosa memberikan sebuah brand imageproduk yang mewah dan elegan. Sehingga siapun yang menggunakan produk ini, akan terbawa kesan sebagai orang yang mewah dan elegan.
  • Professional
  •      Hermosa memberikan sebuah brand imagesebagai bolpoin untuk kalangan executive dan professional. Pengguna bolpoin ini akan terbawa kesan sebagai seorang yang professional di mata orang yang melihatnya.
  • Comfort

     Hermosa sangat memperhatikan aspek kenyaman bagi penggunanya. Hermosa didesain dengan bantuan saran dari para ahli neurologist(ahli syaraf) dan  chiropractor(ahli tulang dan persendian), sehingga mereka dengan menggunakan Hermosa akan mendapatkan pengalaman yang sangat nyaman jika dibandingkan dengan menggunakan bolpoin lainnya.

  • High Quality
  •      Hermosa dibuat dari bahan-bahan terbaik. Mulai dari desain luar hingga teknologi didalamnya. Hermosa akan menjadi life timebolpoin, Hermosa tidak akan mengalami kerusakan karena menggunakan bahan – bahan dengan kualitas terbaik.
  • Hand Made
  •       Semua produk Hermosa diproduksi dengan hand made. Hal ini untuk menjaga ke eksklusifan produk Hermosa dan untuk mendapatkan desain produk yang sangat mendetail.

2.3Channels

  • Store
  •      Salah satu channelutama Hermosa dalam melakukan penjualan adalah offline store. Hermosa akan hadir di berbagai pusat keramaian yang memiliki kesan bagus dan mewah. Penjualan melalui store ini akan diawali dengan membangun satu buah store, di lokasi yang belum ditentukan. Dan kemudian, akan mengembangkan bisnis dengan membuka store di berbagai lokasi di Indonesia.
  • Website
  • Hermosa akan melakukan kegiatan penjualan melalui website, yang dapat diakses dari seluruh dunia. www.Hermosa.com akan menjadi domain dari Hermosa. Pada website ini customer dapat menggunakannya sebagai tempat untuk melihat presentasi produk-produk yang dijual Hermosa.
  • Website Hermosa juga digunakan sebagai lokasi penjualan online resmi. Pembeli dapat melihat langsung produk yang mereka minati dan secara real time dapat langsung melakukan pemesanan online.
  • E-commerce / online store
  • Untuk menjaga brand image sebagai bolpoin mewah, Hermosa hanya akan melakukan penjualan online (melalui situs jual beli online) pada beberapa e-commerce yang memiliki brand image sebagai e-commerce fashion yang elegan. Contohnya adalah bobobo.com, fancy.com, dan berrybenka.com. Hermosa menghindari penggunaan e-commerce seperti bukalapak dan tokopedia karena akan mengurangi brand image mewah.
  • Customer Relationships
  • Membership and Warranty
  • Customeryang memiliki atau melakukan pembelian produk Hermosa akan mendapatkan kartu membership. Membership ini juga berlaku sebagai kartu garansi seumur hidup. Garansi berlaku apabila bolpoin mengalami kerusakan yang bukan dikarenakan kecerobohan penggunannya. Dengan membership ini juga, customer dapat memiliki akses khusus diwebsite untuk melakukan pre-orderproduk Hermosa yang belum dirilis dipasaran.

2.5Revenue Streams

Revenue StreamHermosa yang utama adalah penjualan produk bolpoin dan aksesoris bolpoin lainnya. Harga yang ditawarkan Hermosa berkisar dari USD 170 – USD 2,000 untuk bolpoin, tergantung dengan desain dan jenis produk tersebut, dan USD 10 – USD 100 untuk aksesoris pelengkap pulpen.

2.6Key Activities

  • Production
  • Proses produksi Hermosa dimulai dari pembuatan desain bolpoin. Kemudia dilanjutkan dengan pemilihan bahan. Proses selanjutnya adalah crafting bolpoin menggunakan handmade. Pengrajin disini adalah mereka yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam membuat produk berbahan dasar stainless steel, silver, copper, gold, dan wood. Proses produksi untuk satu buah pulpen memerlukan waktu 1-2 hari kerja.
  • Business Development
  • Pengembangan bisnis Hermosa akan dilakukan secara perlahan. Untuk melihat respon pasar terhadap produk bolpoin berkualitas tinggi ini. Selanjutnya agenda pengembangan terdekat adalah ekspansi pasar, dengan melakukan pembukaan cabang offline store di berbagai daerah di Indonesia. Kemudian tahap berikutnya adalah menjadikan Hermosa sebagai perusahaan go public, agar dapat memudahkan pencarian modal dalam rangka ekspansi.
  • Marketing
  • Sebuah brand baru memerlukan  marketing yang sangat baik untuk berhasil menciptakan brand image. Untuk itu tehnik marketing yang digunakan adalah dengan melakukan endorsekepada public figure yang memiliki image elegan dan professional.

2.7Key Resources                                                 

  • Team
  • Hermosa akan mencari tim financing, marketing, dan human resources untuk memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan dalam menjalakan bisnis. Sebuah tim yang baik akan menjadikan perusahaan Hermosa semakin maju, berkembang dan dapat bertahan dipasar.
  • Designer
  • Designer merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan Hermosa untuk dapat menjalankan bisnisnya. Designer dibutuhkan untuk menciptakan produk yang elegan dan nyaman.
  • Patent

Hermosa akan mendaftar hak paten nama dan desain. Hal ini diperlukan agar tidak ada imitator produk kami, yang pada akhirnya akan merusak brand image Hermosa yang sudah dibangun.

2.8Key Partnerships

  • Material Supplier

Stailess Steel : Didapat dari supplier stainless steel yang berada di daerah cilegon.

Silver : didapat dari daerah timur indonesia yang terkenal sebagai penghasil silver

Tembaga : Didapat dari daerah Indonesia timur yang merupakan penghasil tembaga

Gold  : Dibeli melalui penjual emas

  • Packaging Supplier
  • Hermosa akan bekerja sama dengan jasa penyedia packaging yang berkualitas tinggi. Packaging akan menjadi first impression bagi customer kami, sehingga packaging yang elegan akan menjadi kebutuhan utama kami.

2.9Cost Structure         

  • Production Cost
  • Biaya produksi Hermosa meliputi biaya pembeliaan bahan baku, pembelian packaging, proses pembuatan, biaya pengrajin, dan desainer.
  • Marketing Cost
  • Marketing cost akan berupa biaya iklan, photoshoot untuk presentasi produk, dan endorse produk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun