Di tengah pesatnya perkembangan era digital, Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral kembali mengambil langkah inovatif dengan meluncurkan aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah). Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru, aplikasi ini juga memberikan akses cepat terhadap layanan kas Bank indonesia.
Untuk itu, mari kita ulik lebih dalam mengenai aplikasi PINTAR, fitur-fitur andalannya, serta dua layanan teranyar yang baru-baru ini diperkenalkan oleh BI. Jadi, simak terus artikel berikut sampai habis, ya.
Sekilas Tentang Aplikasi PINTAR
Apa itu aplikasi PINTAR? Secara garis besar, aplikasi PINTAR adalah bukti dari langkah revolusioner yang diambil oleh Bank Indonesia untuk memfasilitas proses penukaran uang baru secara daring.
Tujuan dari pembuatan aplikasi PINTAR tak lain adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan kas dari Bank Indonesia. Semula, aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 2020 untuk mempermudah masyarakat dalam menukarkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dan uang rupiah rusak atau cacat.
Kendati disebut sebagai aplikasi, pengguna tak perlu mengunduhnya di Play Store atau App Store. Hingga saat ini, aplikasi PINTAR hanya dapat diakses melalui laman resmi PINTAR Â pintar.bi.go.id di browser.
Layanan pada Aplikasi PINTAR
Aplikasi PINTAR dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna mengakses layanan kas Bank Indonesia. Di antaranya adalah:
1. Pemesanan dan penukaran rupiah melalui layanan kas keliling
Dengan aplikasi PINTAR, pengguna bisa menukar uang rupiah lama ke uang baru melalui kas keliling BI. Melalui pilihan fitur ini, kamu bisa menentukan lokasi, tanggal, serta waktu untuk mengakses layanan kas keliling.
Namun, perlu diketahui bahwa terdapat batas jumlah penukaran uang melalui layanan ini. Khusus untuk uang kertas dengan tahun emisi 2022, kamu hanya bisa menukar uang dalam bentuk paket senilai 200 ribu rupiah dan maksimal penukaran adalah 5 paket.
2. Pemesanan dan penukaran uang cacat/rusak di kantor BI
Aplikasi PINTAR dapat digunakan untuk menukar uang rupiah yang rusak atau cacat menjadi uang baru di kantor Bank Indonesia. Kamu dapat menentukan tanggal dan waktu untuk melakukan reservasi layanan pada menu yang sudah disediakan.
Sama seperti jenis layanan sebelumnya, terdapat batas jumlah layanan penukaran rupiah yang rusak atau cacat. Selain itu, layanan ini tidak tersedia pada hari cuti bersama atau libur nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Dua Layanan Baru Aplikasi PINTAR
Aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia kembali menghadirkan dua jenis layanan baru yang cukup inovatif. Kedua layanan ini secara resmi diluncurkan pada 31 Januari 2023. Adapun layanan yang dimaksud antara lain:
1. Pemesanan dan pembelian rupiah bersambung atau uncut banknotes
Dengan aplikasi PINTAR, kamu bisa melakukan pemesanan uang rupiah bersambung. Kamu bebas memilih lokasi kantor BI, tanggal penukaran, dan jumlah uang rupiah yang ingin dibeli. Selanjutnya, datang langsung ke kantor BI sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jenis rupiah bersambung, silakan kunjungi laman aplikasi PINTAR.
2. Pemesanan dan penggantian rupiah yang ditarik atau dicabut dari peredaran
Layanan baru yang kedua dari aplikasi PINTAR adalah layanan pemesanan dan penggantian uang yang telah ditarik atau dicabut dari peredaran. Sama seperti layanan lainnya, kamu tinggal menentukan lokasi pengganti, tanggal, dan waktu untuk melakukan penggantian.
Cara Tukar Uang di Aplikasi PINTAR
Dari berbagai layanan yang dapat diakses melalui aplikasi PINTAR, layanan tukar uang adalah yang paling sering digunakan masyarakat. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi PINTAR di browser laptop, desktop, atau smartphone.
- Pilih opsi "Penukaran Uang Rusak/Cacat".
- Pilih provinsi lokasi untuk menukarkan uang rupiah yang rusak atau cacat.
- Pilih lokasi kantor Bank Indonesia yang berada di provinsi kamu.
- Tentukan tanggal untuk melakukan penukaran sesuai dengan ketersediaan jadwal.
- Isi data pemesanan secara lengkap, termasuk NIK, KTP, nama lengkap, nomor telepon aktif, dan email (bila ada).
- Tentukan jumlah keping atau lembar uang rupiah yang cacat atau rusak.
- Pilih kategori jenis rupiah yang rusak atau cacat dan ingin ditukarkan. Sebagai catatan, kamu bisa memilih lebih dari satu jenis uang yang cacat atau rusak.
Demikian ulasan mengenai aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam menukar uang rupiah baru. Dengan semua layanan yang tersedia, aplikasi ini menjadikan proses menukar uang menjadi lebih efisien. Jadi, bila kamu ingin menukar uang rupiah, jangan ragu untuk segera mengakses aplikasi PINTAR di pintar.bi.go.id.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H