Assalamualaikum... Hey... Hello... Teman-teman sering tidak merasa satu hari yang 24 jam itu terasa masih belum cukup buat teman-teman menjalani aktivitas yang seabrek? Sering merasa belum melakukan apa-apa tiba-tiba sudah malam lagi? Atau merasa baru saja memejamkan mata tiba-tiba sudah pagi lagi?
Jika hal itu sering teman-teman rasakan, bisa jadi masalahnya ada pada cara teman-teman mengelola waktu dan aktivitas anda. Nah untuk mengatasi permasalah itu, teman-teman bisa menerapkan beberapa cara berikut ini untuk mengatur waktu lebih baik lagi.
1. Membuat catatan kegiatanÂ
Teman-teman bisa memulai membuat catatan kegiatan dengan membuat catatan apa saja yang harus anda lakukan dalam satu hari dan lakukan hal ini selama dua Minggu. Kemudian anda bisa mengevaluasi dan mengetahui bagaimana cara anda menghabiskan semua waktu anda.
2. Bagi kegiatan anda dengan skala prioritasÂ
Setelah anda mengetahui bagaimana cara anda menghabiskan waktu dan kegiatan apa yang paling banyak menyita waktu anda, tahap selanjutnya adalah dengan menetapkan prioritas kegiatan. Hal ini adalah tahap yang paling penting yang wajib dilakukan saat anda ingin mengelola waktu dengan baik. Cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas misal dengan membagi kegiatan anda menjadi penting mendesa, penting tidak mendesak dan tidak penting tidak mendesak. Setelah itu gunakan pembagian kegiatan tersebut sebagai panduan untuk beraktivitas. Fokuskan kegiatan pada hal-hal yang penting karena pada kegiatan yang penting inilah seharusnya anda mengalokasikan paling banyak waktu yang anda miliki.
3. Buat buku catatan sebagai alat bantu
Tidak ada salahnya untuk menggunakan buku notes untuk membantu anda mengatur semua jadwal anda. Dan anda juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone anda.
4. Merapikan barang-barang
Merapikan barang-barang yang anda miliki akan sangat bermanfaat agar anda tidak menghabiskan waktu saat anda mencari barang yang anda butuhkan. Oleh karena itu untuk membuat waktu anda lebih efisien dan tidak membuang waktu percuma, mulailah merapikan barang anda saat ini juga.
5. Memanfaatkan waktu dengan tetap memasukkan hobby dalam daftar agenda anda
Anda tetap harus memberikan me time di sela-sela jadwal kegiatan harian anda. Mengatur jadwal dan mengelola waktu tidak hanya berkaitan dengan apa yang harus anda lakukan, tetapi juga apa yang ingin anda lakukan.
6. Biarkan orang lain membantumu
Tidak jarang kegiatan kita tidak berjalan sesuai dengan rencana awal, sehingga anda merasa waktu dan jadwal kegiatan anda sangat berat. Jadi tidak ada salahnya anda menerima bantuan orang lain untuk meringankan beban kegiatan anda.
7. Berhenti menjadi penunda pekerjaan
Sadarilah bahwa hari-hari anda sangatlah berharga. Kebiasaan menunda adalah kebiasaan yang buruk yang harus anda hilangkan mulai kini. Selain tidak produktif, kebiasaan ini akan membuat hari-hari anda berantakan dan mencegah anda meraih kesuksesan.
8. Menjauh dari distraksi yang ada disekitar anda
Distraksi adalah memusatkan perhatian m/menjauhi situasi yang tidak diinginkan dengan tujuan mengalihkan perhatian untuk mengurangi rasa tidak nyaman terhadap sesuatu. Hal ini jika dilakukan dapat menyebabkan anda tidak fokus terhadap prioritas kegiatan anda. Jauhkan ponsel pintar anda, berhenti membuka medsos atau tautan-tautan yang tidak penting, saat anda sedang melakukan kegiatan penting. Karena hal itu sering tidak anda sadari menghabiskan waktu anda. Selain itu hal ini penting untuk tetap membantu anda tetap fokus pada kegiatan penting anda.
9. Selesaikan tugas satu persatu
Jika anda berfikir multitasking (mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan) itu menghemat waktu anda, anda salah. Pada kenyataannya multitasking justru tidak efisien dan justru membuat anda kehilangan waktu untuk mengembalikan fokus anda saat anda harus beralih dari tugas yang satu ke tugas yang lainnya. Jadi fokus pada satu tugas dahulu.
10. Tetap sehat untuk menjalankan aktivitas
Kesehatan adalah aset kita yang tidak terharga nilainya, gunakan pengelolaan waktu anda dengan baik agar tubuh dan pikiran anda tetap sehat dan produktif. Salah satu cara yang bisa anda coba adalah memprioritaskan kegiatan penting anda dengan memberikan jeda untuk beristirahat agar energi anda terisi kembali.
Semoga beberapa cara diatas dapat membantu anda untuk mengelola waktu anda dengan baik. Salam sehat dan salam sukses.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H