Mohon tunggu...
Heru Mei Giantoro
Heru Mei Giantoro Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya suka mempelajari hal-hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Guru Penggerak

24 September 2022   22:36 Diperbarui: 24 September 2022   22:43 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan (12-24 September 2022)

Heru Mei Giantoro -- CGP Angkatan 6

Model yang digunakan yakni Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)

Topi Biru (Kesimpulan)

Kesimpulan dari kegiatan selama dua minggu ini yakni agar kegiatan berikutnya dapat berjalan dengan baik saya harus mampu memanage waktu sehingga semua berjalan dengan baik. Guna mendukung dan mempermudah kita dalam kegiatan diklat CGP ini khususnya dalam pengerjaan tugas, saya harus mau belajar terhadap hal-hal baru. Setelah mempelajari materi 1.1 dan 1.2 kita selaku guru penggerak untuk segera menerapkan materi yang didapat dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari kita pada ekosistem Pendidikan kita yakni sebagai seorang guru. Mulai dari diri kita untuk dapat menjadi tauladan bagi guru-guru lain sebelum kita mengajak dan menggerakkan seluruh warga sekolah. Kita harus menjadi agen perubahan dan penggerak guna Pendidikan yang lebih maju.

Topi Hijau (Ide-Ide)

Ide-ide yang saya dapat dari peristiwa yang terjadi yakni:

  • Tidak menunda-nunda pekerjaan baik pekerjaan dinas maupun pekerjaan sebagai peserta CGP Angkatan 6, sehingga perlu dilakukan perencanaan dan penjadwalan sehingga semua dapat berjalan dengan baik;
  • Untuk membantu dalam pengerjaan tugas CGP, maka saya harus mau belajar hal-hal baru, seperti aplikasi Canva dan yang lainnya. Belajar bisa secara mandiri atau kolaboratif dengan rekan guru yang kompeten. Karena aplikasi tersebut juga akan bermanfaat pada saat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yakni sebagai media belajar;

Topi Putih (Fakta):

  • Materi pada tahap Eksplorasi cukup banyak sampai 22 sheet yakni membaca materi dan melihat video disertakan dengan kita memberikan komentar, mengomentari peserta lain dan memberikan pertanyaan;
  • Dalam mengerjakan setiap tugas saya berfikir lambat sehingga dalam mengerjakan tugas mendekati waktu akhir pengumpulan tugas (deadline);
  • Belum dapat menyajikan tugas dalam bentuk video dengan baik, sehingga masih belajar menggunakan canva;
  • Tidak dapat berkonsetrasi dalam membaca materi dan mengerjakan tugas-tugas apabila pada jam kerja dalam suasana bekerja di tempat kerja, sehingga dilaksanakan setelah jam kerja dan tengah malam

Topi Kuning (Manfaat)

Hal-hal positif terkait dengan topik yakni:

  • Terkait dengan kendala yang dihadapi saat mengerjakan tugas khususnya dalam membuat materi presentasi yang menarik saya jadi mulai belajar aplikasi Canva;
  • Banyak materi-materi baru yang diterima terkait dengan nilai dan peran seorang guru yang sangat bermanfaat untuk dapat diterapkan dalam aktifitas sehari-hari saya sebagai seorang guru. Sehingga kita dapat berperan menjadi seorang guru yang sesuai dengan trilogi Pendidikan KHD dengan menerapkan nilai dan peran guru penggerak;
  • Mendapat informasi, ilmu dan pengetahuan dari pengalaman sesama rekan calon guru penggerak (pada saat kolaborasi dan demonstrasi kontekstual) terkait dengan penerapan nilai dan peran guru penggerak yang telah mereka terapkan di sekolah masing-masing, dan bis akita terapkan di sekolah kita dengan menyesuaikan dengan karakteristik, situasi dan kondisi sekolah kita.

Topi Merah (Perasaan)

Saat mempelajari dan diskusi kelompok materi modul 1.2 yakni nilai dan peran guru penggerak hal-hal yang dirasakan yakni:

  • Materinya luar biasa dimana menyadarkan saya bahwa selama ini saya belum menjadi guru yang baik terkait dengan penerapan nilai guru penggerak dan peran seorang guru penggerak;
  • Banyak mendapatkan pengalaman dari sesama rekan guru penggerak terkait dengan penerapan materi nilai dan peran guru penggerak yang dikemukakan sesama CGP pada saat diskusi, komentar pada blog, dan pada demonstrasi kontekstual;
  • Dengan mempelajari materi modul 1.1 dan 1.2 terdapat koneksi antar materi yang sangat bermanfaat sekali untuk saya sebagai guru. Dan saya memiliki keyakinan bahwa untuk materi berikutnya akan terdapat koneksi dengan modul sebelumnya, dan tentunya akan memberikan materi dan ilmu baru yang dapat saya gunakan dalam aktifitas sehari-hari saya sebagai seorang guru. Jadi lebih termotivasi lagi untuk terus belajar.

Topi Hitam (Kendala, Hambatan)

Kendala dan hambatan yang dihadapi yakni:

  • Pada saat melaksanakan kegiatan dengan metode online yakni Google meet, apabila cuaca sedang hujan akses internet terkadang agak terganggu, sehingga berpengaruh pada kenyamanan pelaksanaan kegiatan;
  • Mengalami kesulitan pada saat melaksanakan kegiatan di jam kerja. Kendalanya yakni terkadang pada saat kegiatan diklat CGP 6 ini berbarengan dengan tugas pekerjaan utama dan tugas tambahan kami;
  • Belum mahir dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung pekerjaan tugas pada diklat CGP ini.
  • Pada saat kegiatan ruang kolaborasi yakni mempersiapkan presentasi kelompok agak sulit untuk berkoordinasi, hal ini dikarenakan berbeda institusi, memiliki tanggung jawab pekerjaan di masing-masing institusi, dan waktu yang tersedia terbatas.

Keenam topi tersebut berikut penggunaannya dalam jurnal refleksi adalah:

  • Topi putih: tuliskan informasi sebanyak-banyaknya terkait pengalaman yang terjadi. Informasi ini harus berupa fakta; bukan opini.
  • Topi merah: gambarkan perasaan Anda terkait dengan topik yang sedang dibahas, misalnya perasaan saat mempelajari materi baru atau saat menjalankan diskusi kelompok.
  • Topi kuning: tuliskan hal-hal positif yang terkait dengan topik tersebut.
  • Topi hitam: tuliskan kendala, hambatan, atau risiko dari tindakan/peristiwa yang sedang dibahas.
  • Topi hijau: jabarkan ide-ide yang muncul setelah mengalami peristiwa tersebut.
  • Topi biru: tarik kesimpulan dari peristiwa yang terjadi, atau ambil keputusan setelah mempertimbangkan kelima sudut pandang lainnya. Bandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun