Jurnal Refleksi Dwi Mingguan (12-24 September 2022)
Heru Mei Giantoro -- CGP Angkatan 6
Model yang digunakan yakni Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)
Topi Biru (Kesimpulan)
Kesimpulan dari kegiatan selama dua minggu ini yakni agar kegiatan berikutnya dapat berjalan dengan baik saya harus mampu memanage waktu sehingga semua berjalan dengan baik. Guna mendukung dan mempermudah kita dalam kegiatan diklat CGP ini khususnya dalam pengerjaan tugas, saya harus mau belajar terhadap hal-hal baru. Setelah mempelajari materi 1.1 dan 1.2 kita selaku guru penggerak untuk segera menerapkan materi yang didapat dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari kita pada ekosistem Pendidikan kita yakni sebagai seorang guru. Mulai dari diri kita untuk dapat menjadi tauladan bagi guru-guru lain sebelum kita mengajak dan menggerakkan seluruh warga sekolah. Kita harus menjadi agen perubahan dan penggerak guna Pendidikan yang lebih maju.
Topi Hijau (Ide-Ide)
Ide-ide yang saya dapat dari peristiwa yang terjadi yakni:
- Tidak menunda-nunda pekerjaan baik pekerjaan dinas maupun pekerjaan sebagai peserta CGP Angkatan 6, sehingga perlu dilakukan perencanaan dan penjadwalan sehingga semua dapat berjalan dengan baik;
- Untuk membantu dalam pengerjaan tugas CGP, maka saya harus mau belajar hal-hal baru, seperti aplikasi Canva dan yang lainnya. Belajar bisa secara mandiri atau kolaboratif dengan rekan guru yang kompeten. Karena aplikasi tersebut juga akan bermanfaat pada saat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yakni sebagai media belajar;
Topi Putih (Fakta):
- Materi pada tahap Eksplorasi cukup banyak sampai 22 sheet yakni membaca materi dan melihat video disertakan dengan kita memberikan komentar, mengomentari peserta lain dan memberikan pertanyaan;
- Dalam mengerjakan setiap tugas saya berfikir lambat sehingga dalam mengerjakan tugas mendekati waktu akhir pengumpulan tugas (deadline);
- Belum dapat menyajikan tugas dalam bentuk video dengan baik, sehingga masih belajar menggunakan canva;
- Tidak dapat berkonsetrasi dalam membaca materi dan mengerjakan tugas-tugas apabila pada jam kerja dalam suasana bekerja di tempat kerja, sehingga dilaksanakan setelah jam kerja dan tengah malam
Topi Kuning (Manfaat)
Hal-hal positif terkait dengan topik yakni:
- Terkait dengan kendala yang dihadapi saat mengerjakan tugas khususnya dalam membuat materi presentasi yang menarik saya jadi mulai belajar aplikasi Canva;
- Banyak materi-materi baru yang diterima terkait dengan nilai dan peran seorang guru yang sangat bermanfaat untuk dapat diterapkan dalam aktifitas sehari-hari saya sebagai seorang guru. Sehingga kita dapat berperan menjadi seorang guru yang sesuai dengan trilogi Pendidikan KHD dengan menerapkan nilai dan peran guru penggerak;
- Mendapat informasi, ilmu dan pengetahuan dari pengalaman sesama rekan calon guru penggerak (pada saat kolaborasi dan demonstrasi kontekstual) terkait dengan penerapan nilai dan peran guru penggerak yang telah mereka terapkan di sekolah masing-masing, dan bis akita terapkan di sekolah kita dengan menyesuaikan dengan karakteristik, situasi dan kondisi sekolah kita.
Topi Merah (Perasaan)