Dalam dunia  presentasi dan penyampaian materi sangat diperlukan sebuah ide kreatif dari seorang pembicara atau narasumber untuk tetap menggait perhatian dari para audience. Tantangan terbesar dalam hal ini adalah menghilangkan rasa bosan yang sering muncul akibat sebuah hal yang dilakukan secara monoton dan terkesan kurang menarik. Pembicara harus selalu menjaga perhatian audience agar tetap fokus dan terlibat dalam sebuah forum yang sedang berjalan.
Tidak sedikit pembicara yang kewalahan menangani masalah tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya audience yang merasa bosan sehingga mengakibatkan perhatiannya terpecah. Salah satu strategi efektif yang dapat dilakukan utuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengunakan teknik Ice Breaking. Teknik ini bertujuan untuk mencairkan suasana, membuat audience merasa lebih nyaman, serta dapat menghilangkan kebosanan.
Ice breaking sangat diperlukan dalam sebuah penyampaian materi atau bahkan dalam sebuah proses belajar mengajar. Mengapa demikian? Karena ketika kita dihadapkan dengan sebuah situasi dimana otak kita terus menerus menerima informasi tanpa diselingi dengan sebuah kegiatan yang dapat mencairkan suasana atau membuat otak kita merasa fresh sementara waktu maka otomatis rasa bosan akan menyerang dan menyebabkan fokus serta perhatian kita menjadi terpecah.
Seperti yang sudah penulis terapkan di lapangan, ketika sedang melakukan sebuah sosialisasi atau pemaparan materi terkadang penulis menyelingi dengan Ice Breaking untuk menjaga fokus dan kenyamanan para audience. Penulis biasanya melakukan Ice breaking berupa permainan atau tebak-tebakan, diantaranya :
1.Kebalikan
 Permainan ini merupakan permainan kebalikan atau antonim dari apa yang ciucapkan.Cara bermainnya : Ketika penulis berkata Ular, maka tangan membentuk garis lurus pendek, sedangkan jika penulis berkata Ulat, maka tangan membentuk garis lurus panjang. Jika penulis berkata Gajah, maka tangan membentuk benda kecil, sedangkan jika penulis berkata Semut, maka tangan membentuk sebuah benda besar.
2.Tepuk tangan 1
 Permainan ini memerlukan fokus dari para peserta atau audience. Jika instruktur berkata tepuk tangan 1 maka peserta harus bertepuk tangan sebanyak satu kali, akan tetapi jika instruktur berkata satu maka peserta tidak boleh tepuk tangan.
3.Telur tangkap
 Permainan ini memerlukan dua tangan sekaligus. Satu tangan digenggam di letakkan di paling baah sebagai pondasi kemudian diatasnya ditaruh tangan temannya dengan possi menggengam juga. Kemudian instruktur akan memberikan perintah harus naik, turun, atau tangkap. Jika instruksinya naik maka tangan paling bawah naik ke atas sendiri, jika instrksinya turun maka tangan paling atas turun ke bawah sendiri,dan jika instruksinya tangkap maka tangan yang berada paling atas menangkap tangan yang ada tepat di bawahnya.
4.Genre Berkata