Mohon tunggu...
Herlina WidyaPuspitasari
Herlina WidyaPuspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka makan dan gadoyan makan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbedaan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar

14 November 2022   15:40 Diperbarui: 14 November 2022   15:43 1000
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Jadi, evaluasi pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian tujuan pembelajaran.

Tujuannya adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Adapun Evaluasi pembelajaran sekolah dasar merupakan proses penilaian pertumbuhan siswa dalam proses belajar mengajar. 

Percapaian perkembangan siswa perlu diukur, baik posisi siswa dalam proses belajar individu maupun posisinya di dalam kegiatan kelompok. Sedangkan, Evaluasi pembelajaran pendidikan anak usia dini adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak.

 Metode dan teknik yang dapat dipergunakan dalam penilaian kegiatan belajar anak usia dini adalah; 

1.pengamatan (observasi)

2.wawancara

3.penugasan

4.kuesioner (angket)

5.unjuk kerja

6.hasil karya, dan 

7.portofolio.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun