Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Jadi, evaluasi pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian tujuan pembelajaran.
Tujuannya adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Adapun Evaluasi pembelajaran sekolah dasar merupakan proses penilaian pertumbuhan siswa dalam proses belajar mengajar.Â
Percapaian perkembangan siswa perlu diukur, baik posisi siswa dalam proses belajar individu maupun posisinya di dalam kegiatan kelompok. Sedangkan, Evaluasi pembelajaran pendidikan anak usia dini adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak.
 Metode dan teknik yang dapat dipergunakan dalam penilaian kegiatan belajar anak usia dini adalah;Â
1.pengamatan (observasi)
2.wawancara
3.penugasan
4.kuesioner (angket)
5.unjuk kerja
6.hasil karya, danÂ
7.portofolio.