Mohon tunggu...
HERLIN SUSWATI
HERLIN SUSWATI Mohon Tunggu... Guru - ASN

travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pencitraan

21 Februari 2023   12:55 Diperbarui: 21 Februari 2023   12:58 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti biasa jika tidak ada  jadwal mengajar di kelas, aku tetap berada di ruang guru dalam kelas. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan. 

Pagi ini aku mempersiapkan materi buat mengajar. Disela sela kegiatan ini, sesekali aku mendengarkan diskusi yang terjadi di kelas ini. Guru dan para siswa berdiskusi membahas soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Siswa membaca soal dan memilih opsi jawaban yang tepat. Selanjutnya guru bertanya mengapa siswa memilih jawaban tersebut. Sesekali guru bertanya secara mendalam kepada siswa.  Apakah siswa mampu mempertahankan pendapatnya.

Materi soal terkait beberapa hal seperti topik, tema, opini, pendapat, fakta, nilai-nilai, kata baku dan pencitraan.

Walaupun  beberapa waktu  lalu guru sudah menjelaskan berulang terkait beberapa pokok bahasan tetapi siswa masih melakukan beberapa kesalahan dalam menjawab pertanyaan.  Beberapa siswa lupa  terkait arti perbedaan antara opini, pendapat dan fakta. 

Akhirnya guru menjelaskan kembali secara singkat perbedaan ketiganya. Intinya jika pendapat terkait pemikiran pribadi.  Jika didukung oleh data maka akan menjadi suatu fakta. Sedangkan opini terkait pada suatu permasalahan didalamnya dan terdapat unsur keberpihakan dari sang penulis. Bisanya terdapat dalam teks editorial.

Guru juga menjelaskan kembali terkait kalimat yang tidak padu, tidak koheren atau tidak nyambung. Kenapa tidak nyambung? Karena ada kalimat yang diluar pokok pembicaraan. 

Guru memberikan contoh secara sederhana. Jika sedang dibahas tentang manfaat makanan tempe maka jangan pula dibahas tentang manfaat makanan tahu karena tempe dan tahu berbeda. jika dibahas keduanya maka akan ada kalimat yang tidak padu.

Guru juga membahas terkait nilai-nilai yaitu nilai moral, nilai sosial, nilai agama, nilai etika dan nilai estetika. intinya nilai moral terkait dalam diri. Nilai sosial terkait dengan orang lain. Nilai Agama terkait dengan keagamaan. Nilai estetika terkait dengan keindahan, biasanya terdapat dalam puisi. Salah satu contoh kalimat yang diberikan oleh guru terkait nilai agama yaitu "Setiap malam dia tidak pernah salat tahajud".

Pokok bahasan lain yaitu pencitraan. Secara sederhana pencitraan adalah gambaran, angan-angan, imajinasi. Ada beberapa jenis pencitraan yaitu penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman. Guru memberikan contoh beberapa kalimat kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis pencitraan. Kalimat yang disampaikan diantaranya:

  • Seruling di pasir tipis. merdu diantara gundukan pohon pinang.
  • Ku petik gitar ini. Ku petik lagu rindu. 
  • Nyiur melambai di tepi pantai.
  • bau ... berbau busuk ketika ku melewati ....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun