Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

ASN Belitung Timur, Traveler, Scholarship Hunter. Kontak 0852-4244-1580

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Transportasi Sungai Sebagai Senjata Memutus Rantai Ketertinggalan di Pedalaman

5 Januari 2018   19:26 Diperbarui: 8 Juni 2018   10:02 1890
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi

            Sungai telah menjadi salah satu urat nadi bagi kehidupan masyarakat karena menjadi sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi nelayan/penangkap ikan secara tradisional. Sungai juga menjadi salah satu jalur alternatif yang dilalui moda transportasi untuk mengangkut barang dan orang hingga saat ini. 

Sebagai transportasi pengangkutan barang, masyarakat menggunakan moda transportasi ini untuk mengangkut potensi alam berupa hasil perkebunan, pertanian, dan hasil perikanan. Sebagai alat mengangkut manusia, moda transportasi ini melayani kegiatan mobilitas penduduk antar daerah utamanya yang berada di daerah pesisir/pedalaman. Sehingga boleh dikatakan bahwa moda transportasi sungai bisa menjadi generator baru pembangkit wilayah dimana  terbentuk lapangan kerja baru untuk masyarakat sekitar.

Keunggulan Moda Transportasi Sungai

Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi
Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi

            Ada sejumlah keunggulan transportasi sungai ini  seperti dapat mengangkut secara massal barang yang besar dan berat, tidak menggunakan prasarana yang khusus layaknya transportasi darat dengan prasarana jalan raya, dermaga ataupun jalan rel pada kereta api, memiliki investasi biaya awal yang relatif murah, efektif sebagai transportasi jarak dekat, menengah dan jauh, prasarananya telah disediakan oleh alam (alur sungai dengan kedalaman yang memadai), dan juga tingkat keselamatannya tinggi.

            Tak hanya itu, ada beberapa keunggulan komparatif moda transportasi sungai seperti tingkat polusi yang rendah, terhindar dari kemacetan, pengaturan/manajemen operasional dan pengusahaan serta pengendaliannya relatif lebih mudah dibanding angkutan jalan,  prospek kembali modal (ROI) cukup baik asal dikelola dengan professional serta,relative hemat energy, efisien (daya angkut besar dan hemat pemanfaatan ruang) serta usia pemakaian yang relatif panjang.

Manfaat Moda Transportasi Sungai

Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi
Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi

Sebagaimana yang dicetuskan pemerintah bahwa yang menjadi konsentrasi prioritas wilayah untuk pengembangan angkutan ini yaitu daerah yang tingkat keterisolasian, terpencil dan/atau terbelakang karena keterbatasan sumber daya; daerah yang berpotensi tumbuh cepat dengan sasaran segera berperan sebagai pendorong pemerataan atau memacu pertumbuhan wilayah sekitarnya; daerah yang menunjang perkembangan sektor-sektor strategis; dan daerah  kritis terutama pada kawasan berfungsi lindung.

Transportasi sungai perlu digalakkan karena keberadaannya memberikan gambaran tentang kemampuan daerah dan kemampuan berproduksi masyarakat. Keberadaannya juga berperan sebagai instrumen  bagi pembuka daerah terisolasi dan memperkecil kesenjangan antar wilayah dan mendorong terciptanya kesempatan kerja dan berusaha. Dengan demikian, keberadaan transportasi ini  merupakan kunci bagi perkembangan daerah dan nasional.

  Untuk daerah pedalaman yang  sebagian besar wilayahnya hanya bisa ditempuh lewat jalur sungai, jasa transportasi ini merupakan sektor potensial yang dikembangkan dan dirasa sangat penting dalam menunjang percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah sekaligus memberi pilihan alternatif terhadap jaringan moda transportasi sehingga prasarana dan sarana bongkar muat barang dan pergerakan orang sebagai bagian dari simpul dan outlet transportasi sudah selayaknya ditindaklanjuti aktif dan positif secara maksimal yang pada akhirnya jasa dalam bidang kepelabuhanan dirasa sangat penting keberadaannya bagi daerah pedalaman.

Peluang Moda Transportasi Sungai

Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi
Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi

 Potensi sungai di daerah pedalaman sebagai jalur transportasi dapat dikembangkan sebagai pusat jalur perekonomian daerah pedalaman ke daerah di sekitarnya serta dapat dikelola  dengan dilalui perahu-perahu pengangkut barang maupun orang dengan tarif murah dan terjangkau. 

Potensi muara sungai di daerah pedalaman dapat menjadi jualan dari moda transportasi ini  sebagai bagian dari pembangunan ekonomi, sehingga dapat mengundang banyak wisatawan dan pengelolaan transportasi modern dengan mengembangkan jalur air yang menghubungkan antar kawasan perekonomian di daerah pedalaman. Dengan demikian potensi ini dapat menjadi nilai tambah dalam sektor perekonomian dan pariwisata.

Penutup

Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi
Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi

            Moda transportasi sungai diperlukan sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan aksebilitas yang lebih baik sehingga dapat mengakomodasi peningkatan kebutuhan mobilitas penduduk melalui jaringan transportasi darat yang terputus disepanjang daerah aliran sungai serta berfungsi melayani transportasi yang menjangkau daerah terpencil dan daerah pedalaman.

            Pembangunan transportasi sungai merupakan salah satu program strategis dalam rangka menghubungkan daerah-daerah terpencil/ pedalaman di Indonesia.  Dirasa peran angkutan sungai sangat besar karena dapat menjadi penyambung moda (multimoda), menunjang sektor perekonomian serta dapat menunjang aktivitas distribusi barang guna memperlancar moda perekonomian wilayahnya maupun bagi wilayah lain di sekitarnya. 

Ditemukannya ketergantungan antara transportasi ini  dengan aktivitas terkait pertanian, perdagangan, dan perkembangan ekonomi wilayah sehingga hal ini yang melatarbelakangi perlunya menggalakkan moda transportasi ini utamanya di daerah terpencil.

Penulis:

Heriyanto Rantelino, Staf Angkutan Sungai,Danau dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Mimika, Papua.
Facebook: Heriyanto Rantelino
Fanpage : Rapor Heriyanto Rantelino 
No telepon/Whatsapp : 085242441580
Line : Ryanlino

Foto Penulis
Foto Penulis
           

 

Penulis:

Heriyanto Rantelino, Staf Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Papua
Facebook: Heriyanto Rantelino
No telepon/Whatsapp : 085242441580
Line : Ryanlino

photogrid-1526642717058-5b19ef6916835f132c0ddf42.jpg
photogrid-1526642717058-5b19ef6916835f132c0ddf42.jpg
 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun