Mohon tunggu...
Heriyani Wedya Astuti
Heriyani Wedya Astuti Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sungailiat

Guru Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Dwimingguan Modul 1.4 Budaya Positif

12 Agustus 2024   04:56 Diperbarui: 12 Agustus 2024   04:57 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jurnal dwingguan modul 1.4 Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

Assalamualaikum Wr.Wb 

Saya akan menuliskan jurnal dwingguan saya pada modul 1.4 mengenai budaya positif di akun kompasiana saya dengan menggunakan model 4f. 

Sekarang saya sudah memasuki modul 1.4 setelah menyelesaikan modul 1.3 mengenai Visi guru penggerak . di modul 1.4 ini di mulai dari tanggal 10 juli 2024 dengan kegiatan mulai diri dan eksplorasi konsep. di modul 1.4 ini saya mempelajari tentang : disiplin positif dan nilai kebajikan universal, kebutuhan dasar manusia, teori motivasi, hukuman dan penghargaan serta restitusi, posisi kontrol guru dan segitiga restitusi. setelah eksplorasi konsep kami melaksanaakan ruang kolaborasi yang di dampingi oleh fasilitator Pak Ali Nur Raekan dan pengajar praktik Novi Miranti. di ruang kolaborasi kami dibagi menjadi 4 kelompok. saya mendapatkan kelompok 3 yang beranggotakan 3 orang : Pak Komaruddin dan Bu Selvia serta saya sendiri. disini kami berdiskusi mengenai kasus 3 yang sudah dibagikan oleh fasilitator. setelah berdiskusi kami mempresentasikan hasil kami kepada kelompok lain. setelah ruang kolaborasi saya juga membuat video untuk tugas demontrasi kontektual selanjutnya melaksanakan lokakarya 2 di SMAN 1 Pemali pada hari sabtu tanggal 10 agustus 2024. di lokakarya 2 kelompok PP ibu Novi Miranti di gabungkan dengan kelompok Pak irfan dan kelompok ibu Tcik Ani. tanggal 12 agustus kami akan melaksanakan ruang elaborasi. 

 Perasaan yang saya rasakan sangat senang dan bahagia sekali untuk modul 1.4 karena banyak hal-hal baru yang saya pelajari dan saya dapatkan di modul ini. apalagi bagian keyakinan kelas dan penerapan segitiga restitusi. di modul ini saya merasa penerapan segitiga restitusi baik untuk dilakukan disekolah, dimana pada segitiga restitusi peserta didik diajarkan untuk belajar bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukannya. 

banyak pembelajaran yang saya dapatkan di modul 1.4 ini. apalagi bagian posisi kontrol guru. ternyata saya selama ini sudah menajalani posisi kontrol saya sebagai guru. posisi kontrol yang selama ini saya jalani yaitu lebih ke bagian teman, pemantau dan penghukum saja. setelah mempelajari modul ini saya harus berusaha mencapi posisi kontrol saya sebagai manager. dimana posisi  sebagai manager  adalah posisi di mana guru berbuat sesuatu bersama dengan murid, mempersilakan murid mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung murid agar dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. 

Untuk kedepannya dari modul 1.4 ini saya akan lebih menerapkan segitiga restitusi dalam menyelesaikan permasalahan. jangan memberikan hukuman yang berlebihan kepada peserta didik. kita harus perlu mengetahui alasannya terlebih dahulu mengapa mereka berbuat kesalahan. jangan langsung mejudge seseorang karna apa yang kita lihat saja. dan di dalam permasalahannya saya sebagia guru untuk lebih menuntun peserta didik untuk menyadarkan perbuatannya dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah mereka lakukan bukan malah menuntut mereka dengan apa yang telah mereka lakukan. semoga saya menjadi guru yang lebih baik lagi. 

salam dan bahagia guru-guru hebat 

salam guru penggerak 

tergerak, bergerak dan menggerakan. 

wassalamualaikum. wr.wb 

Rukol 1.4/dokpri
Rukol 1.4/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun