Mohon tunggu...
heri buhori
heri buhori Mohon Tunggu... Guru - Hidup adalah proses pembelajaran untuk menjadi lebih dewasa

Jalani Hidup dan tetap bersukur

Selanjutnya

Tutup

Money

Peran Digital Marketing untuk Para UMKM

6 Desember 2021   20:16 Diperbarui: 8 Desember 2021   10:42 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai masyarakat  yang hidup di dunia teknologi, segala sesuatu mungkin terjadi ketika mereka menggunakan  internet  karena inti dari jenis pemasaran ditemukan di internet. 

Internet adalah pendekatan ampuh yang membantu kita memperoleh informasi, produk, dan layanan. Internet memainkan peran penting dalam membantu penjual dalam mempromosikan produk mereka dan juga membantu dalam pemasaran di seluruh dunia. 

Pemasaran digital terjadi dalam berbagai bentuk, misalnya, melalui platform media sosial, email, YouTube, di antara situs-situs lain, karena mereka membantu beberapa perusahaan dan individu dalam menjual produk mereka di seluruh dunia.

Peran Digital Marketing

Pemasaran digital memainkan peran penting dalam membantu individu dalam memperoleh informasi yang benar tentang produk yang tepat yang harus menjangkau konsumen yang tepat. 

Pemasaran data menggunakan penambangan data dan algoritma tertentu, sehingga sangat mudah bagi pemasar untuk menargetkan pelanggan yang tepat dengan menggunakan iklan yang tepat dari berbagai minat pelanggan dan dengan demikian membuat pemasaran digital lebih sukses. 

Organisasi yang mencari, menemukan, dan menargetkan pelanggan yang tepat meningkatkan penjualan produk secara dramatis. Beberapa perusahaan menggunakan banyak alat untuk membantu mereka menganalisis dan menyarankan opsi yang jauh lebih baik untuk pemasaran digital yang meningkatkan hasil lebih banyak lagi.

Manfat Digital Marketing

Digital Marketing merupakan faktor penting yang menentukan perkembangan bisnis Anda. Tak ayal, bisnis apa pun membutuhkan marketing demi menjangkau pasar dan meningkatkan konversi yang diinginkan. 

Sayangnya, cara marketing yang saat ini perlu diterapkan harus pula disesuaikan dengan trend dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.

Itu sebabnya, pebisnis dalam bidang apa pun mesti menerapkan dan memahami dengan baik berbagai trik marketing, terutama memahami dengan baik cara-cara marketing berbasis teknologi demi mendapatkan manfaat digital marketing.

 

Lalu, apa itu digital marketing? Digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang menggunakan teknik atau pemanfaatan media digital dengan tujuan untuk mendapatkan data, pasar, dan pelanggan. Di masa lalu, strategi pemasaran lebih banyak menggunakan media konvensional untuk promosi, seperti majalah, spanduk, baliho, dan sebagainya.

Berikut Manfaat Penerapan Digital Marketing untuk Bisnis


1. MengHemat Biaya  Promosi  

dengan adanya digital marketing, para pembisnis jadi bisa lebih hemat dalam melakukan kegiatan promosi digital, Anda cukup menggunakan media digital untuk mempromosikan produk Anda, seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram. Membuat akun di berbagai platform jauh lebih mudah dan praktis, serta tak membutuhkan banyak biaya. Malah sebagian besar media sosial bisa digunakan dengan gratis.


2. Untuk  Meningkatkan Penjualan 

Selain  untuk hemat biaya promosi dan menjangkau pasar yang lebih luas, penerapan digital marketing juga bisa meningkatkan penjualan. Ada berbagai trik yang harus diterapkan memang dalam hal ini. Anda bisa mempelajari lebih dalam berbagai trik digital marketing dengan mengikuti workshop, seminar, training, dari membaca buku, dan sebagainya.

3.Jangkauan Target Pasar yang Lebih Luas dan Lebih Tepat Sasaran

Dengan menggunakan computerized advertising, Anda dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tak terbatas letak geografis. 

Selain itu, Anda juga bisa menentukan sasaran client seperti apa yang hendak Anda bidik sebagai target promosi, baik dari profesi, usia, lokasi, hobi, dan sebagainya.

Agar target promosi bisa tercapai, Anda perlu membuat konten promosi yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan yang Anda bidik. Sebab, setiap client itu unik. Mereka pasti memiliki rasa ketertarikan terhadap sesuatu yang berbeda antara satu dengan lainnya. 

Membidik pasar milenial jelas berbeda perlakuan, sarana, jenis konten, dan media yang dibutuhkan. Begitu pula ketika Anda membidik pasar profesional, maka konten computerized advertising yang Anda buat haruslah yang mampu menjadi solusi bagi kebutuhan para profesional.

4. Analisis Laporan Pemasaran jadi Lebih Tepat dan akurat

Penerapan digital marketing secara tepat akan sangat membantu Anda mendapatkan data akurat terkait pelanggan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka. 

Anda bisa sekaligus menganalisis kebutuhan para pelanggan Anda, kebiasaan mereka dalam berbelanja, produk-produk yang mereka sukai, dan sebagainya. Dari data yang Anda dapatkan tersebut, Anda bisa melakukan analisis yang lebih cepat dan tepat untuk melakukan perbaikan atau untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

Komponen Pemasaran Digital yang sering dilakukan

1. Iklan Google 

Google adalah aplikasi yang besar, sehingga sangat cocok untuk membuat iklan , berikut contoh iklan Google dalam pencarian

2. Iklan di Facebook dan Instagram

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun