Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini memiliki tujuan yang sama dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat dan menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah  Malang (UMM).Â
Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa diDi bawah pimpinan DPPM (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) UMM. Dan di bawah arahan dari DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) bapak Faris Rizal Andardi ST., MT, PMM yang beranggotakan 5 orang dengan koordinator Moh Nizar Arifin dan 4 orang anggota lainnya yaitu Felly Dista Lorinda, Hergi Rosan Agri, Masyani, Fitria Ningsih dari beberapa fakultas yaitu fakultas Teknik, fakultas Ilmu Kesehatan dan fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang yang bertemakan "Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Terkait Efektivitas Kerja dalam Upaya Meningkatkan SDM yang Unggul di desa Talok"
Berinisiatif membuat serangkaian kegiatan yang salah satunya menjadi program unggulan kelompok 205 PMM UMM yang di bimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) bapak Faris Rizal Andardi ST., MT. Kegiatan memperbaiki strategi UMKM dengan metode berjualan online di media sosial dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2023. Bagi para pelaku wirausaha, pemahaman mengenai strategi pemasaran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sangatlah penting khususnya di era digital.
Yup, bisnis dengan strategi yang tepat akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan teknologi, menjaga hubungan konsumen, hingga mengenal kompetitor. Perkembangan teknologi digital memaksa setiap pelaku bisnis untuk terus beradaptasi dan berinovasi demi bisa bersaing, termasuk perusahaan yang berada di level UMKM.
Salah satu cara untuk menghadapi persaingan adalah dengan menggunakan strategi pemasaran UMKM di era digital.
Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai teknik atau metode yang digunakan untuk memasarkan produk atau memperkenalkan sebuah produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara personal, cepat, dan relevan.
Ada beberapa tips yang bisa digunakan terkait penerapan strategi ini yaitu:
- Lakukan Riset Target Pasar
Strategi pemasaran UMKM yang pertama adalah melakukan riset target pasar. Langkah ini penting dilakukan di awal sebelum menjalankan segala bentuk kampanye dan promosi. Dengan melakukan riset bisa mengetahui seberapa besar peluang bisnis di pasar tersebut, bagaimana tingkat persaingannya, dan apakah sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan. Dalam menentukan target pasar, Anda perlu menyegmentasikan konsumen berdasarkan kategori tertentu seperti kebutuhan dan karakteristik mereka. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang tidak sama serta strategi pemasaran yang berbeda pula.
- Produk yang Dibutuhkan Konsumen
Langkah selanjutnya di dalam strategi pemasaran adalah menentukan produk yang tepat. Anda tidak bisa sembarangan memilih produk untuk dijual. Ketika Anda berhasil menciptakan produk yang sesuai dan memenuhi apa yang diinginkan pelanggan, mereka akan membelinya, bahkan, harga pun bisa saja tidak jadi masalah. Contoh strategi pemasaran UMKM di desa Talok ini adalah pemasaran produk cemilan makanan ringan.
- Buat Desain Kemasan Menarik
Salah satu hal penting yang selalu jadi perhatian calon konsumen sebelum membeli suatu produk adalah kemasannya. Ketika membeli sesuatu yang belum pernah dibeli, konsumen cenderung akan menilai kualitas produk tersebut berdasarkan kemasannya. Tentu, kemasan yang menarik dan eye catching akan lebih banyak mendapatkan perhatian dan minat konsumen untuk membeli dan mencobanya.
- Terapkan Promosi Digital
Sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan teknologi, Anda perlu menerapkan berbagai strategi pemasaran UMKM berbasis digital. Ada banyak contoh strategi pemasaran UMKM dengan channel digital seperti media sosial, online ads, KOL atau influencer, broadcast WhatsApp, email marketing, dan Google My Business.
- Berikan Layanan Terbaik
Produk yang berkualitas tidak akan ada artinya jika pelayanan yang diberikan tidak memuaskan konsumen. Oleh karena itu, strategi pemasaran UMKM yang satu ini sangat penting. Contoh strategi pemasaran UMKM terkait pelayanan dimulai dari hal kecil seperti cara bicara ke pelanggan, fasilitas yang nyaman, serta mendengarkan kritik dan masukan. Jangan lupa juga untuk menindaklanjuti konsumen setelah melakukan pembelian lewat after-sales service seperti promo atau bantuan konsumen terkait produk.
- Bangun Loyalitas Pelanggan
Suatu bisnis tidak akan bisa bertahan dalam persaingan jika tidak ada konsumen loyal yang selalu setia mendukung bisnis tersebut. Alasannya, lebih mudah untuk menjual produk atau jasa ke pembeli loyal dibandingkan harus bersusah payah mencari pelanggan baru. Anggaplah loyalitas pelanggan seperti sebuah investasi yang perlu dibangun sedari awal sehingga Anda dapat memetik hasilnya di masa depan.
- Perbanyak Networking dan Kerja Sama
Bisnis tidak hanya tentang perusahaan saja, tetapi juga terkait dengan menjalin hubungan dengan para mitra. Sebab, merekalah yang akan membantu bisnis untuk tumbuh besar. Untuk memiliki mitra bisnis, perlu memperbanyak jaringan dan kenalan sehingga akan terbuka kesempatan baru untuk kerja sama.
- Konsisten dalam Penerapan Strategi
Konsistensi dan disiplin adalah suatu hal yang mahal karena tidak semua orang mampu melakukannya. Inilah yang membedakan antara perusahaan sukses dan yang gagal. Banyak bisnis yang punya ide cemerlang dan produk yang berkualitas, tapi hanya sedikit yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Hal ini juga berlaku di dalam penerapan strategi pemasaran UMKM. Konsistensi dalam menjalankan strategi yang tepat akan membuat bisnis lambat laun meraih hasilnya. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan analisis strategi pemasaran UMKM yang telah dilakukan supaya bisa melakukan perbaikan dan meningkatkan performa bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H