Mohon tunggu...
herawati
herawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNIKOM

Hallo nama saya Herawati, seorang mahasiswa di Universitas Komputer Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel "Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990" Karya Pidi Baiq

17 Oktober 2023   23:35 Diperbarui: 17 Oktober 2023   23:37 1612
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://id.pinterest.com/masali_id/

Novel pertama Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 yang berhasil meraih 13,102 peringkat, sedangkan novel kedua Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 meraih 10,620 peringkat dan novel ketiga Milea: Suara dari Dilan meraih 6,165 peringkat. (Sumber: https://www.goodreads.com)

Film "Dilan 1990" yang mengangkat cerita dari Novelnya dirilis pada 25 Januari 2018. Film "Dilan 1990" menjadi salah satu film dengan jumlah penonton yang fantastis hingga mencapai rekor jumlah penonton tertinggi kedua di  bioskop Indonesia. Pada tahun 2018 tercatat film "Dilan 1990" menghasilkan 6.315.664 penonton (film indonesia).

Ada beberapa kutipan populer dalam novel Dilan 1990 seperti:

 "Aku tidak ingin mengekangmu. Terserah! Bebas ke mana engkau pergi. Asal aku ikut"

"Kalau mencintaimu adalah kesalahan, yasudah. Biar. Aku salah terus saja"

"Hormatilah orang lain kalau ingin dihormati. Siapapun dia, meskipun guru, kalau tak bisa menghargai orang lain, tidak akan dihargai. Jangan jabatan guru digunakan untuk berbuat semena-mena"

"Jangan rindu. Ini berat, kau takkan kuat. Biar aku saja"

"Kalau kamu bohong, itu hak kamu. Asal jangan aku yang bohong ke kamu"


Pesan dan Amanat yang bisa diambil pada novel "Dilan 1990"

  • Kita sebagai remaja dalam sebuah pergaulan harus mengikuti contoh hal-hal yang postif dan hilangkan unsur negatif.
  • Pikiran positif dapat membawa kebaikan.
  • Jika ada permasalahan maka sebaiknya diselesaikan secara baik-baik supaya tidak ada pihak yang dirugikan.
  • Berapapun usianya, apapun pekerjaan atau jabatannya, siapa pun orangnya, jika ingin dihargai oleh orang lain maka menghargai orang lain juga.
  • Berkomunikasi dengan baik terhadap semua orang, termasuk orang yang tidak kita kenal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun