Mohon tunggu...
Hendrik Jordan
Hendrik Jordan Mohon Tunggu... -

Hanya Manusia Bisa, yang tak luput dari kesalahan

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

10 Tips Cara Menghemat Waktu Anda

11 Maret 2015   18:09 Diperbarui: 4 April 2017   17:20 3768
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
10 Tips Cara Menghemat Waktu Anda

 

 

image by : toplintas.com

Sebagai manusia yang cerdas, tentu kita harus menanfaatkan waktu sebagai modal berharga untuk masa depan yang lebih baik, tidak kita gunakan secara sia-sia atau sembarangan. Sehingga kita tidak menjadi manusia yang merugi. Bagaimanakah cara tepat dan cerdas untuk menghemat waktu agar lebih bermakna dan berharga?

Tidak banyak orang memahami bahwa waktu tidak bisa dibeli. Anda bisa membeli apa saja yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak dapat mengembalikan waktu Anda yang telah hilang. Waktu adalah salah satu hal yang tak tergantikan di dunia ini, dan terkadang banyak yang melupakannya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghemat waktu setiap hari dan lebih memaksimalkan waktu yang Anda miliki.

1. Bangun tepat waktu

Segera bangun setelah alarm Anda berdering di pagi hari. Hindari tidur larut jika itu tak perlu. Ketika Anda bangun tepat waktu, Anda juga akan memiliki cukup waktu untuk melakukan hal lain yang Anda inginkan tanpa terburu-buru.

2. Selesaikan satu pekerjaan, baru kemudian kerjakan yang lain

Jangan mencoba untuk melakukan segalanya di waktu yang bersamaan. Anda hanya akan kehilangan banyak waktu dalam proses tersebut. Jika Anda ingin menghemat waktu, pusatkan perhatian Anda hanya pada satu hal saja. Setelah itu selesai, barulah kerjakan yang lain.

3. Hindari membuang banyak waktu untuk browsing hal tidak jelas di internet

Sering browsing hal-hal tidak jelas di internet? Anda bisa melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat ketimbang browsing tidak jelas di internet.

4. Selesaikan pekerjaan rumah sebelum melakukan kegiatan lain

Alih-alih menyelesaikan pekerjaan baru dan kemudian menyadari bahwa Anda tidak siap, usahakan untuk menyelesaikan PR Anda terlebih dulu.

5. Menaruh segala sesuatu pada tempatnya

Anda sering lupa menaruh kunci atau barang-barang lainnya? Jika ya, mulailah untuk menghemat waktu Anda dengan menaruh segala hal pada tempatnya. Misalnya, siapkan rak khusus untuk menaruh berkas penting, dokumen berharga, dll.

 

6. Lakukan hal-hal tertentu yang lebih sedikit

Hal-hal yang bisa dilakukan kurang atau hal-hal yang bisa dilakukan sekali bukan dua kali adalah hal-hal yang akan membantu kita menghemat banyak waktu. Bersihkan rumah Anda sekali setiap sepuluh hari, bukan setiap 7 hari. Anda bisa melakukan itu, itu sesuatu yang normal dan rumah tidak akan kotor dalam tiga hari tambahan.

Membuat laporan kerja setiap enam minggu tidak setiap empat minggu jika mungkin. Jauhkan pertemuan untuk menginformasikan diri pada proyek-proyek yang sedang berlangsung dua kali sebulan tidak setiap minggu. Dan daftar hal-hal yang dapat dilakukan kali lebih sedikit bisa berlangsung selamanya.

7. Bersaing dengan diri sendiri!

Perhatikan jam dan menetap untuk menyelesaikan suatu kegiatan dengan jam tertentu. Fokus, dapatkan tongkat apa pun yang bisa mengalihkan perhatian Anda dan bekerja lebih efisien.

8. Tanyakan lebih dari 15 menit

Dapatkah Anda menemukan 15 menit sehari yang dapat Anda gunakan lebih efisien? Apakah ada kehilangan waktu dalam kegiatan Anda? Atau mungkin kurang aktivitas penting yang dapat Anda menyerah pada? Jika Anda berhasil menyelamatkan 15 menit setiap hari, Anda akan menang bahkan 91 jam setiap tahun!

9. Buatlah daftar kegiatan kecil yang tidak membawa Anda lebih dari beberapa menit.

Tentu saja, kita biasanya ingin berurusan dengan masalah penting pertama. Tapi ketika kita merasa lelah, stres, dalam suasana hati yang buruk, kita merasa sulit untuk berkonsentrasi dan kita kehilangan waktu kita memaksa diri kita sendiri. Sebuah daftar kegiatan sederhana akan membantu Anda menyelesaikan sesuatu dan mendorong produktivitas Anda. Dan jelas itu selalu lebih baik untuk mengetahui Anda melakukan sesuatu, bahkan itu kecil, daripada menyadari bahwa Anda bahkan belum mulai apa-apa.

10. Bekerja pada sebuah proyek tertentu selama periode waktu tertentu.

Alih-alih mencoba dan menyelesaikan kegiatan sekaligus, lebih baik untuk mengatakan pada diri sendiri: “Aku akan bekerja pada ini selama 15 menit dan melihat berapa banyak saya bisa lakukan selama interval ini”. Fokus dan mencoba untuk melakukan semua yang Anda bisa selama 15 menit. Ini adalah saran yang sangat baik untuk memecahkan masalah atau proyek Anda dihindari akhir-akhir ini.

Inilah Sepuluh cara untuk menghemat waktu setiap hari, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu Anda dengan lebih bermanfaat.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun