Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Minecraft, Pilihan Permainan Kreatif untuk Anak Selama Masa Isolasi Pandemi Corona

11 April 2020   04:04 Diperbarui: 11 April 2020   04:24 1219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto by Chiara/ dok. HennieTriana

Permainan online ini sudah lama saya kenal, dari anak saya tentunya. Sebelum anak saya mengunduh satu permainan online, dia selalu bertanya lebih dahulu, apakah boleh atau tidak. Saya atau suami yang akan memeriksa terlebih dahulu, disamping itu saya selalu menghindari permainan yang berbayar (mahal) dan berseri yang harus terus menerus dibeli.

Sudah lewat beberapa tahun silam sejak anak saya mulai bermain Minecraft ini. Saya sendiri tidak pernah ikutan main, tapi sering memperhatikan putri saya bermain. Awalnya dia menggunakan gawai saya karena saat itu, di usianya yang baru memasuki Sekolah Dasar, ia belum memiliki ponsel pribadi. Saya pun harus rela gawai saya penuh dengan gambar hasil kreasinya dari permainan yang di-screenshot

Tidak apalah, demi anak. Saya memang merasa anak saya waktu itu masih terlalu muda dan dia belum membutuhkan gawai pribadi. Karena pergi dan pulang sekolah dia menumpang bus sekolah, dijemput dan diantar di kompleks perumahan tempat kami tinggal. Saat itu kami masih bermukim di Shanghai, Tiongkok.

Minecraft adalah game online yang diciptakan oleh seorang programer asal Swedia, Markus Persson. Dirilis oleh Mojang pada tahun 2011, kemudian dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014. (wikipedia.org)

Maincraft ini adalah permainan membangun blok-blok berbentuk kubus dengan mengumpulkan bahan baku contohnya dari batu, kayu, dan pasir. Hasil bangunan dan lanskap berbentuk gunung, gua dan padang rumput dari blok-blok ini dapat dibongkar dan dibentuk lagi sesuai imajinasi dan kreativitas pemainnya.

Ada pilihan di awal permainan; mode kreatif dan mode bertahan hidup.

Pada mode kreatif, fokusnya adalah merancang dan membangun. Bagian inilah yang saya perhatikan yang paling sering dimainkan oleh anak saya. Hobinya memang menggambar dan merancang bentuk bangunan. Ketika bermain minecraft saya lihat ia suka membuat rumah atau istana lengkap dengan isinya dan taman sesuai fantasinya.

Ini rumah kita nanti Ma.”

Anak saya menunjukkan rancangan rumahnya.

Bangunan rumah yang luas dengan satu sisi untuk dia dan keluarganya, sisi lainnya untuk saya dan suami. Terharu waktu melihatnya. (Sejak jadi seorang ibu saya memang gampang terharu, entah kenapa).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun