Apa pun namanya, entah disebut telepon mesin atau telepon gelap, intinya sangat mengganggu!
Mungkin sahabat Kompasianer pernah mengalami hal yang sama, yakni gawai kita dibunyikan oleh banyak nomor baru bergantian dan beruntun secara berkala.
Sebenarnya itu bukan yang pertama kali saya alami, tetapi awal bulan ini terjadi lagi. Setiap hari aneka nomor masuk secara bergantian. Bila diangkat, langsung ditutup dari seberang atau mungkin terputus secara otomatis.
Sekian hari lamanya saya membiarkan saja. Namun akhirnya, Minggu, 4 November 2018 saya melaporkan gangguan ini kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui situs LAPOR! Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.
Untuk kelengkapan laporan, saya melampirkan tangkapan layar daftar telepon masuk di gawai saya terkait nomor-nomor tersebut sebagaimana gambar tajuk di atas.
Anda bisa lihat pada gambar tajuk: 16 nomor berbeda masuk bergantian secara beruntun dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang. Bila bukan pagi sampai siang, sore sampai malam. Setiap hari!
Keesokan harinya, Senin, 5 November 2018, saya mendapat eMail dari LAPOR bahwa laporan saya sudah diteruskan ke Kemkominfo:
Saat ini ada banyak cara untuk melaporkan pengaduan masyarakat. Di sini saya membagikan cara yang saya lakukan dan yang terbukti memberi hasil dengan tak harus menunggu lama.Â
Cara Melaporkan Pengaduan Melalui Situs LAPOR
1. Masuk ke LAPOR.
2. Registrasi dengan mengisi eMail, konfirmasi eMail, nama depan, nama belakang, password, dan konfirmasi password. Lalu Klik DAFTAR LAPOR.
6. Setelah itu, masuk kembali ke LAPOR. Masukan eMail yang sudah dikonfirmasi dan password.
Sedikit tambahan, di bawah ini saya sisipkan juga situs resmi Kemkominfo RI untuk pengaduan konten negatif.
Untuk Aduan Konten Negatif
Masuk ke AduanKonten
Semoga bermanfaat.
Salam. HEP.-
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H