Aksi Nyata -- Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan
1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
Jawab: Sebelum memulai proses pembelajaran, hal yang saya pikirkan adalah topik ini membahas isu-isu pendidikan dan pembelajaran di Indonesia berdasarkan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawab: Hal yang saya pelajari dari topik ini adalah menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran berdasarkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik. Pendekatan tersebut saya pelajari berdasarkan beberapa teori ahli yang memaparkan konsep serta pendekatan yang dapat digunakan dalam menerapkan pembelajaran dengan perspektif sosiokultural peserta didik yang berbeda-beda.
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab: Pada ruang kolaborasi, kami diminta untuk menganalisis apakah faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik penting dan mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran di daerah tertinggal Indonesia. Kami juga mempelajari bagaimana faktor-faktor tersebut dipertimbangkan diterapkan ke dalam strategi pembelajaran.
4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Jawab: Dengan mengetahui latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik kita dapat mengetahui kebutuhan dan karakteristik peserta didik sehingga kita sebagai guru dapat menentukan pendekatan, strategi, model, metode, serta merancang asesmen dalam pembelajaran.
5.  Â
a. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?Â
Jawab: Indonesia dengan keberagaman perbedaan seperti kondisi geografis, etnis, budaya, agama menjadikan anak-anak di Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan latar belakang tersebut dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik sehingga memudahkan guru dalam merancang pembelajaran.
b. Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Jawab: Awalnya saya mengira bahwa kita dapat menerapkan semua pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran kepada semua peserta didik. Akan tetapi sekarang saya memahami bahwa setiap peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda dan hal itu berpengaruh terhadap gaya belajar peserta didik dalam memahami materi.
c. Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Jawab: Saya ingin belajar lebih mendalam tentang penerapan konsep sosiokultural dalam pendidikan sehingga mempermudah saya dalam merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
6.   Â
a. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Jawab: Manfaat pembelajaran ini adalah saya menyadari bahwa latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik sangat penting dan mempengaruhi pembelajaran peserta didik. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut saya mampu merancang proses pembelajaran dan menentukan strategi dan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b. Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Jawab: 8,5 karena saya merasa hal ini merupakan pengetahuan yang baru bagi saya sehingga saya masih harus banyak belajar untuk lebih memahami pembelajaran ini.
c. Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Jawab: Saya merasa saya harus banyak memahami isu-isu pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Saya juga harus lebih banyak mempelajari teori-teori dari para ahli sehingga saya memiliki banyak referensi pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran yang dapat dikaitkan atau digunakan ketika saya menemukan latar belakang yang berbeda dari setiap peserta didik yang saya ajarkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H