Mohon tunggu...
Heni Prananingrum S.Pd.
Heni Prananingrum S.Pd. Mohon Tunggu... Guru - Guru Seni Rupa SMAN 1 Cepu

Guru Seni Budaya konsentrasi Seni Rupa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa

3 Juni 2023   15:44 Diperbarui: 3 Juni 2023   15:49 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI RUPA PADA MATERI GAMBAR PESPEKTIF DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEM- BELAJARAN FOTOGRAFI DI KELAS XII MIPA 5 SMA NEGERI 1

CEPU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Heni Prananingrum

SMA Negeri 1 Cepu, JL. Diponegoro, No. 55, Kec. Cepu

E-mai: heniprananingrum@gmail.com

Abstract: Improving Learning Outcomes of Arts in Perspective Drawing Materials by Using Photography Media Learning in Class XII MIPA 5 SMAN 1 Cepu academic year 2021/2022. PTK aims to improve learning outcomes art on pespektif image material in class XII MIPA 1 SMAN 1 Cepu academic year 2021/2022 with the study subjects were 38 students. Data was collected by means of observation to teachers and students, students' questionnaire responses, and product test results (performance). The validity of test data or test the validity of the data is done by tringulasi. The results showed: 1) There is a growing mastery learning outcomes of students in the learning perspective image by utilizing instructional media photography of 52.57% (47.7% of initial mastery becomes 97.27%) and the increase in the average value of the class of 14, 68 (from 70.16 into 84.84), 2) The level of student activity in learning perspective image by utilizing in- structional media of photography on a very active category of 52.42%, 40% active, fairly active and 6.58%, 3) Level perceptions of students in learning perspective image by uti- lizing instructional media of photography in the category of strongly agree / very pleased to 76.32%, agree / pleased to 21.05%, and quite agree / quite happy to 2.63%, and 3) The level of the performance of teachers in teaching picture perspective by utilizing in- structional media of photography at the start of activities, the core activities (exploration, elaboration, confirmation), and the end of the learning activities reach keoptimalan of

94.11%.

Keywords: Learning Outcomes: Art, Image Pespektif, Learning Media Photography.

Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa pada Materi Gambar Pespektif den-

gan Memanfaatkan Media Pembelajaran Fotografi di Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri

1 Cepu Tahun Pelajaran 2021/2022. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa pada materi gambar pespektif di kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Pema- lang Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan subyek penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada guru dan kepada siswa, kue- sioner tanggapan siswa, dan hasil uji produk (unjuk kerja). Uji validitas data atau uji keabsahan data dilakukan dengan cara tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ter- dapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran gambar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi sebesar 52,57% (dari ketuntasan awal 47,7% menjadi 97,27%) dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 14,68 (dari

70,16 menjadi 84,84), 2) Tingkat aktifitas siswa dalam pembelajaran gambar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi pada kategori sangat aktif 52,42%, aktif 40 %, dan cukup aktif 6,58 %, 3) Tingkat persepsi siswa dalam pembelajaran gam- bar perspektif dengan memanfaatkan media pembelajaran fotografi pada kategori sangat setuju/sangat senang 76,32 %, setuju/senang 21,05 %, dan cukup setuju/cukup senang

2,63 %, dan 3) Tingkat kinerja guru dalam pembelajaran gambar perspektif dengan me- manfaatkan media pembelajaran fotografi pada kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan akhir pembelajaran mencapai keoptimalan sebesar

94,11 %.

Kata Kunci: Hasil Belajar Seni Rupa, Gambar Pespektif, Media Pembelajaran Fotografi.

Hasil kreatifitas siswa pada ulangan harian (uji produk/unjuk kerja) dalam pembelajaran seni rupa Standar Kompe- tensi 2 (SK. 2) Mengekspresikan diri me- lalui berkarya seni rupa dan Kompetensi Dasar 2.1 (KD. 2.1) Menggambar pers- pektif, pokok bahasan gambar perspektif titik, garis, dan bidang di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Cepu Semester 1 Ta- hun Pelajaran 2021/2022 nilai masih di bawah KKM (80).

Rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran seni rupa pada pokok  bahasan  gambar  perspektif  ben- da  kelas  XII  IPA baru  mencapai  72,88 (90,75%). Khususnya pada kelas XII MIPA

5  yang  memperoleh  nilai  rata-rata  pal- ing rendah 70,16 (87,7%), sebanyak 21 (55,26%) siswa belum mencapai KKM. Hal ini patut dicari penyebabnya. Setelah dilakukan pengamatan, penulis menduga ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut, diantaranya belum optimalnya proses pembelajaran. Guru dalam mengajar, terutama yang berkaitan dengan metode yang di gunakan masih cenderung monoton.

Permasalahan rendahnya prestasi be- lajar siswa di atas harus segera diatasi den- gan cara mengubah paradigma mengajar, diantaranya mengupayakan proses pem- belajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang relefan dan menunjang materi pelajaran sehingga dapat memoti- vasi serta mengaktifkan siswa secara op- timal.

Apakah pemanfaatan media pembe- lajaran fotografi dapat meningkatkan ha- sil belajar seni rupa pada materi gambar pespektif di kelas XII MIPA 5 SMA Negeri

 

1 Cepu Tahun Pelajaran 2021/2022?

Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa pada materi gambar pespektif di kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Cepu Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui pe- manfaatan media pembelajaran fotografi.

Manfaat  penelitian  ini  bagi  Siswa: (1) Membuat suasana belajar lebih meny- enangkan,  (2) Siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pen- getahuan yang diperoleh dapat terekam dengan baik, (3) Memberi ruang yang leb- ih luas kepada siswa untuk berani menge- mukakan ide dan pendapatnya sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri, dan (4) Meningkatkan prestasi belajar siswa. Manfaat bagi Peneliti/Guru: (1) Guru menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, tidak menjenuhkan, lebih prak- tis, dan hemat waktu sehingga terjadi pen- ingkatan proses dan mutu pembelajaran, (2) Membiasakan guru melakukan pene- litian kecil yang sangat bermanfaat bagi perbaikan pembelajaran serta pengem- bangan karier guru, dan (3) Sebagai acuan bagi guru dalam upaya menciptakan pros- es pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa. Manfaat bagi Sekolah: (1) Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya  pada  bidang  studi  seni  rupa di SMA dan (2) Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bagi sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun