Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memegang peranan penting dalam perekonomian, terlebih ekonomi mikro di Indonesia yang membutuhkan uang tunai dalam transaksinya. ATM menjadi alat bantu kegiatan ekonomi di masyarakat, penyediaan uang tunai ataupun pengiriman uang (transfer).
Jaringan Prima merupakan salah satu produk  perusahaan switching (PT Rintis Sejahtera). Jaringan Prima telah mengintegrasikan layanan ATM dari 79 mitra perbankan, terdiri dari: bank BUMN, bank Swasta nasional, bank Pembangunan Daerah serta Bank Syariah (untuk detailnya bisa klik tautan berikut: Mitra Prima. Tercatat jaringan prima memiliki 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia.Â
Ketika kartu ATM yang kita miliki sudah ada logo Prima, maka  kita sudah tak perlu membawa uang tunai berlebih berpergian kemanapun ke berbagai daerah di Indonesia karena dapat dipastikan penarikan tunai, transfer dan cek saldo dapat dilakukan di jaringan Prima yang tersedia luas. Tidak ribet dan tidak perlu risau itulah hal yang ditawarkan #EasyWayPrima1
- Tidak perlu repot membawa uang tunai berlebih serta dapat terhindar dari transaksi dengan uang palsu
- Tidak perlu repot menunggu dan menghitung uang kembalian karena transaksi dapat dilakukan sampai satu angka
- Tidak perlu repot mencatat transaksi untuk keperluan perencanaan keuangan karena semua data telah tercatat secara online
Transaksi dengan mesin EDC terbukti mempermudah kita. Ditambah lagi dengan integrasi yang dilakukan jaringan Prima memungkinkan kita melakukan transaksi meskipun penerbit kartu debit yang kita miliki berbeda dengan penyedia EDC sehingga kita tidak perlu risau lagi transaksi yang kita lakukan di tolak. Jaringan Prima telah terhubungan dengan 14 acquirer EDC yang terdiri dari:Â acquirer EDC Bank dengan 1.200.000 jaringan EDC di Indonesia.Â
Jika pada saat bertransaksi menemukan mesin EDC yang berbeda dengan penerbit kartu, maka pastikan apakah EDC tersebut terdaftar jaringan Prima. Jangan ragu untuk tanyakan kepada merchant. Apabila jawaban "ya", maka transaksi kita dapat segera dilakukan dan perlu diketahui bahwa tidak ada biaya yang dikenakan. Hal tersebut karena berdasarkan kebijakan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) transaksi dengan mesin EDC itu gratis (free) bagi pembeli. Hal tersebut karena pembebanan transaksi diberikan kepada merchant. #EasyWayPrima2
Prima Payment Solution memungkinkan transaksi pembayaran, diantaranya: Asuransi, E-Commerce, Multifinance, Pendidikan, Internet, serta Transportasi dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Saat ini Jaringan Prima telah bekerjasama dengan 88 mitra biller, diantaranya: Go-Jek, Ovo, Tokopedia, Brawijaya, Citilink serta Kereta Api. Prima Payment Solution merupakan bentuk pengembangan dan kemudahan yang dihadirkan oleh Jaringan Prima. Tentu kita masih ingat apabila melakukan pembayaran beragam tagihan kita harus ke kantor penyedia layanan tersebut ataupun antri di teller bank. Namun, saat ini di rumah ataupun di tempat manapun kita berada pembayaran dapat dilakukan dengan  Prima Payment Solution baik melalui ATM, mobile banking ataupun internet banking. #EasyWayPrima3
EasyWayPrima tampaknya bukan sekedar slogan semata karena memang telah terdapat bukti-bukti bahwa transaksi yang dilakukan di jaringan prima memang memberikan kemudahan. Dimulai dari #PrimaWay1 kemudahan transaksi dengan mesin ATM, #PrimaWay2 kemudahan transaksi dengan mesin EDC serta #PrimaWay3 kemudahan transaksi melalui Prima Payment Solution.
Perlu diketahui bahwa EasyWayPrima merupakan produk yang inklusif dan bukan eklusif, artinya kita semua dari berbagai kalangan dan kelas sosial-ekonomi dapat mengaksesnya tanpa dibeda-bedakan. Jadi kita tidak perlu lagi kawatir akan kesulitan transaksi di jaringan Prima, karena hanya ada kemudahan di situ.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H