Tulisan ini tak membahas pilihan calon mana yang benar, meski topiknya berada dalam wilayah politik. Tulisan ini tak membahas soal iman dan tauhid, meski temanya menyangkut masalah Gubernur Muslim. Apa yang salah dengan para pendukung pak Ahok tak dibahas di sini. Juga, apa yang benar dengan para pendukung pak Anies takkan dibahas.
Sebenarnya tulisan ini mengajak: “Yuk mendukung Cagub idaman tanpa menyimpan rasa benci kepada Cagub lawan.” Dan khususnya kepada Umat Islam, saya yang Muslim mengajak Pilkada damai. Bagi Muslimin pendukung Paslon 2 monggo pilih pak Ahok. Bagi Muslimin pendukung Gubernur Muslim monggo pilih Paslon 3.
Sehingga ketika rakyat DKI “memutuskan” salah satu Paslon menjadi Gubernur DKI periode 2017 – 2022, luka hati di kedua pihak jangan sampai parah dan berkelanjutan.
Tetapi saya sengaja memasang judul “Bisakah Mendukung Anies Tanpa Menjadi Benci Ahok” karena lebih sulit bagi kelompok yang besar (umat Islam yang mayoritas) menahan diri dari emosi yang tidak perlu. Lebih pantas kelompok yang besar melakukan upaya sabar, khususnya terkait komunikasi.
Dari sebuah artikel yang banyak beredar di media sosial, Nama panggilan cagub nomor 2, “Ahok,” disebutkan totalnya sampai 39 kali. Tetapi itu ditulisan dalam tiga nama yang berbeda, yaitu Zhong Wan Xie disebutkan 3 kali, Ahok disebutkan 5 kali, dan Ahoax disebutkan 31 kali.
Sementara nama Anies disebutkan totalnya 30 kali, dan konsisten disebutkan dengan sebutan “Anies.”
Dari cara penulisan dan penyebutan itu saja sudah terasa rasa kesal yang tertahan atau rasa amarah yang tertahan. Belum lagi kata-kata sifat yang dilekatkan pada pak Ahok. Kata-kata sifat yang dilekatkan, dan biasa kita menyebutnya dengan melabel atau memberi label, seperti terurai dalam kalimat-kalimat panjang ini:
- … bak seorang dosen yang sedang mengajari seorang mahasiswa yang lambat nalar berpikirnya, dalam debat malam ini Anies menjelaskan apa saja kelebihan program KJP Plus kepada Zhong Wan Xie alias Ahoax yang nampak sangat kebingungan dan sulit untuk mengerti
- Hal ini sebetulnya tidaklah aneh karena intelektual dan kecerdasan Anies yang seorang Ph.D, seorang Doktor Sarjana Strata 3 dibandingkan dengan Ahoax mahasiswa pas-pasan yang bahkan IPK (Indeks Prestasi Komulatif) nya hanya 2,8 memang terlalu jauh
- Anies juga membongkar perilaku kasar dan arogan Ahoax yang seringkali mencaci maki
- Segala kesombongan Ahoax yang berusaha membanggakan diri bahwa ia telah banyak berhasil
Adalah wajar kita sebagai umat Islam merasa kesal atau marah pada seseorang non-Muslim yang (kita tuduh) menista agama kita. Tetapi, menjadi tidak bijaksana ketika rasa amarah itu kita biarkan menguasai diri kita sehingga tumpah pada tulisan. Sebab tulisan akan tersimpan lama. Apalagi tulisan itu disertai gambar ilustrasi yang pada hakekatnya juga berdampak buruk yang sama atau malah lebih besar.
Artikel yang menyebar luas via medsos (baik WA maupun FB), membuat dampak buruk dalam hal efek multiplier-nya. Kata-kata yang belakangan muncul dari masyarakat bisa menjadi semakin kasar dan menyakitkan hati, seperti Dalih bahwa pendukung Ahok-lah yang lebih dulu membuat pernyataan yang menyakitkan hati, bukan dalih yang baik meski boleh membalas. Justru yang baik di mata Allah adalah tidak membalas sesuatu tindakan tidak baik dengan perbuatan yang juga tidak baik.
Dalam Islam, ketika kita sedang marah, maka kita dianjurkan untuk mengambil air wudhu. Syukur-syukur kita lanjutkan dengan shalat sunnah. Sehingga rasa amarah itu mereda.
Dan setelah kita tidak terlalu dipengaruhi emosional itu, dengan ingatan pada ajaran adab Islam dalam berkomunikasi, kita bisa menjadi lebih strategis dan taktis menulis.
Sekedar mengingatkan saja, bahwa komunikasi dalam Islam, khususnya dalam berkata-kata, diatur dalam al-Quran:
1. Qaulan Sadidan (perkataan benar, lurus, jujur). Ini terdapat dalam surat An-Nisa ayat 9.
2. Qaulan Balighan (perkataan yang membekas pada jiwa, tepat sasaran, komunikatif, mudah dimengerti). Hal ini dicantumkan dalam surat An-Nisa ayat 63
3. Qaulan Masyura (perkataan yang ringan). Dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan, mempergunakan bahasa yang mudah, ringkas dan tepat sehingga mudah dicerna dan dimengerti. Surat Al-Israa’ ayat 28.
4. Qaulan Layyina (perkataan yang lemah lembut). Tentang ini disebutkan dalam surat Thaahaa ayat 44.
5. Qaulan Karima (perkataan yang mulia). Islam mengajarkan agar mempergunakan perkataan yang mulia dalam berkomunikasi kepada siapapun. Salah satu ayatnya terdapat dalam surat Al-Isra ayat 23.
6. Qaulan Ma’rufa (perkataan yang baik). Qawlan ma’rufa mengandung pengertian perkataan atau ungkapan yang baik dan pantas. Ini disebutkan antara lain dalam Surat Al-Ahzab ayat 32.
Tidak membalas tindakan orang yang buruk itu lebih mulia. Bagi yang mau melakukannya, Allah mengatakan ini:
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. (Surat Fushilat ayat 34-35.)
Sikap sabar akan dituntut dalam menjalankan komunikasi (artikel, status di FB, sharing di medsos semuanya adalah komunikasi). Kata, gambar, ucapan, dan bahasa tubuh adalah bagian dari komunikasi. Adab Islam semestinyalah diingat.
Seandainya pak Anies yang menang, maka kegembiraan Umat Islam akan lengkap dengan adab Islamnya selama ini—khususnya yang terlihat dan terasakan dalam komunikasi dan interaksi dengan kubu pendukung pak Ahok.
Dalam pandangan subyektif saya, tantangan terbesar Umat Islam Indonesia mulai 20 April 2017 adalah upaya kolektif mengelola emosi masyarakat terhadap pak Ahok, Kaum Cina, dan sesama Umat Islam; bukan tantangan ekonomi, bukan tantangan bencana alam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H