Muhammad Arief atau yang biasa disapa Arief Muhammad, pria kelahiran Batam, 26 Oktober 1990 lalu merupakan seorang influencer, selebgram, dan pengusaha. Sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat jika mendengar nama Arief Muhammad, pengusaha muda sekaligus influencer yang sukses dan memiliki berbagai macam bisnis.
Beberapa waktu kebelakang, Arief Muhammad dikenal dengan influencer yang menciptakan istilah “ikoy-ikoyan” yang berhasil menarik perhatian masyarakat. Sehingga menciptakan persepsi di masyarakat bahwa hal tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh Arief Muhammad.
Pada tahun 2010, ia dikenal dengan sebutan Poconggg di twitter karena ia menulis buku berjudul Poconggg juga Pocong dan telah diangkat menjadi film layar lebar oleh rumah produksi Maxima Pictures. Awalnya tak ada satupun yang mengenal siapa orang dibalik akun twitter Poconggg. Tak jarang kicauannya menjadi trending topik global. Dan setelah identitasnya terbongkar, Arief Muhammad menjadi sangat dikenal.
Perjalanan Arief Muhammad dalam dunia entertain terus berlanjut, ia juga mendapatkan kesempatan sebagai perwakilan indonesia untuk mengikuti promosi dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti proses syuting bersama dengan tim produksi film Thor: Ragnarok di Sydney, Australia. Dalam film tersebut, Ia dan istrinya (Tiara Pangestika) akan berperan sebagai Saakarian atau rakyat Planet Sakaar.
Arief Muhammad dikenal sebagai pengusaha muda sukses sekaligus influencer yang sukses. Ia sukses memiliki beberapa bisnis dari berbagai sektor. Ia juga dikenal sebagai influencer dengan sejuta strategi marketing, karena banyak sekali strategi marketingnya yang tidak bisa ditebak oleh audience. Strategi marketing yang unik dan menarik menjadikan perhatian masyarakat dan tidak menyadari bahwa itu adalah sebuah marketing.
Pada Oktober 2020, sempat digemparkan oleh Arief dengan strategi marketingnya. Ia memasang baliho besar dengan foto dirinya dan dibubuhi oleh kalimat “Siap menjadi nomor 1 di Indonesia”. Baliho ini nampak seperti seorang politikus yang akan mendeklarasikan dirinya sebagai calon pejabat pemerintahan.
Memang strategi ini jarang sekali dilakukan oleh influencer maupun perusahaan akhir-akhir ini. Dan akhirnya Arief Muhammad melakukan klarifikasi bahwa baliho tersebut merupakan sebuah rebranding dari sebuah brand fashion “Prepp Studio”.
Tak hanya itu, akhir-akhir ini Arief Muhammad dan Prepp Studio melakukan strategi marketing yang menghebohkan pengguna Instagram. Mereka akan membentuk sebuah club Vespa yang terdiri dari 100 orang, dengan memberikan secara cuma-cuma vespa limited edition Prepp Studio. Vespa tersebut telah dibagikan kepada rekan sesama influencer dan artis serta netizen Instagram dengan challenge-challenge yang cukup unik.
Arief bersama Prepp Studio membagikan vespa dengan cara yang unik, seperti bermain tebak-tebakan di kolom komentar Instagram, challenge outfit menggunakan produk Prepp Studio, sampai mengadakan sebuah games “Take Over Jakarta” di 8 lokasi berbeda. Antusiasme masyarakat juga sangat tinggi terhadap games ini dan sampai memenuhi lokasi diselenggarakannya acara tersebut.
Sebenarnya apa yang dilakukan Arief Muhammad dalam bisnis tersebut?
Menurut saya, ia sedang dan telah berhasil membangun Brand Awareness bisnisnya. Branding yang unik dan cara pengenalan produk yang menarik akan membuat masyarakat mengenal dan mengingat bisnis tersebut dan akan berhasil meraih kesuksesan dalam bisnisnya. Bahkan cara ini juga menjadi inspirasi bagi para pebisnis lainnya untuk membangun Brand Awareness.
Brand Awareness atau yang bisa disebut kesadaran merek, merupakan kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan meningkatkan suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya, yang menggambarkan identitas suatu brand. Sehingga dengan adanya Brand Awareness akan menentukan seberapa banyak orang yang tahu tentang bisnis kita.
Sama halnya dengan yang dilakukan Arief Muhammad, ia melakukan Brand Awareness dengan strategi yang unik dan menarik. Sehingga pada saat itu orang akan melihat dan mengingatnya tentang bisnis tersebut.
Seorang pengusaha pastinya sebelum melakukan beberapa strategi marketing akan melakukan riset pasar, pasar mana yang akan dituju dan cara apa yang akan dilakukan. Saya melihat, Arief Muhammad dan tim menargetkan pasar anak muda dengan lifestyle casual dan keren. Ia juga membangun komunikasi dengan pasarnya menggunakan media sosial Instagram.
Kerap menyapa followersnya di Direct messenger dan instagram storynya. Sehingga hal ini akan menjadikan followersnya merasa dekat dengannya dan mengikuti perjalanan hidup maupun karirnya, hal ini yang dinamakan personal branding.
Menurut saya, semua taktik dan strategi yang dilakukan Arief Muhammad sudah sangat mencerminkan dirinya sebagai pengusaha muda dan influencer yang diperhatikan oleh followernya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H