Bismillahirrohmanirrohiim
Dalam menulis jurnal refleksi ini, saya menggunakan Model 1 yaitu Model 4F, yaitu Fact, Feeling, Finding, dan Future yang digagas oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dipterjemahkan menjadi 4P yakni ; Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan. Refleksi ini bertujuan melihat kembali perspektif atau cara pandang kita tentang program yang berdampak positif pada murid.
1. Facts
Pada modul ini, saya mengeksplorasi bagaimana sesungguhnya guru dapat mendorong student agency (kepemimpinan murid) dalam pengelolaan program-program di sekolah. Mendorong kepemimpinan murid dalam program sekolah bukan hanya memungkinkan murid untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan kontributif, namun, pengalaman dan kebermaknaan yang mereka dapatkan dari proses belajar mereka dalam program-program sekolah tersebut sesungguhnya akan memberikan bekal untuk mereka menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, sehingga, ketika kita berbicara tentang dampak, maka dampak positif dari proses belajar yang dilalui oleh murid-murid kita saat ini tentunya akan dapat terus dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya.dan tentunya dimulai dari diri.
Saya mengikuti tahapan pembelajaran yang diatur dengan alur dimulai dari langkah-langkah belajar mandiri yang harus dilalui, yaitu Mulai dari diri dan Eksplorasi konsep, yang selanjutnya adalah tahapan Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata.
Capaian pembelajaran secara umum dalam mempelajari modul ini yaitu ;
- CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran,
- CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri,
- CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.
Sementara Capaian Pembelajaran Khusus adalah ;
- Menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila,
- Menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid,
- Menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid,
- Mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid, dan
- Merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.
2. Feeling
Saya merasa senang dan sangat tertarik saat mendalami modul 3.3 ini karena banyak ilmu yang saya dapatkan khususnya saat berbagi pengalaman , berbagi praktik baik di ruang kolaborasi dan yang menarik adalah kami CGP bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid).Â