Kalau kalian pernah bermain game dan melihat opsi-opsi untuk mengatur graphic kalian pasti pernah lihat istilah bloom, anti-aliasing, dan sebagainya. Tapi sebenernya artinya apa sih? Yuk simak penjelasan saya
Opsi dalam Honkai: Star Rail
Saya akan menggunakan contoh dari salah satu game yang sering saya mainkan yaitu Honkai: Star Rail untuk menjelaskan lebih dalam tentang opsi-opsi pada pengaturan grafik.
Rendering Quality
Saya akan membahas satu-satu dan menunjukkan perbedaannya, dimulai dengan Rendering Quality. Rendering Quality membahas tentang kualitas render, semakin kecil angkanya maka semakin sedikit yang GPU harus render, bisa dibilang ini adalah render scale jadi berapa persentase dari game yang dirender aslinya, 0.6 berarti 60% dan 2.0 berarti 200% (ingat . (titik) adalah ,(koma) dan ,(koma) adalah .(titik) kalau membahas tentang angka di luar).
Kalau dilihat dari dekat (perhatikan outlinenya), garis menjadi kurang halus sehingga menyebabkan efek "aliasing" (nanti akan saya bahas), dan secara keseluruhan gambar terlihat lebih tajam jika opsi Rendering Quality dinaikkan.
Shadow Quality
Persis seperti namanya, opsi yang ini mengatur seberapa tinggi kualitas dari bayangan, jika diatur lebih rendah maka bayangan akan terlihat lebih "kotak-kotak" dan kalau tinggi maka bayangan akan terlihat lebih tajam. Opsi ini mengatur resolusi dari bayangan.
Reflection Quality
Persis juga seperti namanya, opsi yang ini mengatur seberapa tinggi kualitas dari pencerminan, jika diatur di opsi "Low" tidak terlihat ada pencerminan, tetapi anehnya medium sampai high terlihat sama saja.
Character Quality
Opsi yang ini agak sedikit susah untuk dilihat, karena menurut saya hampir tidak ada perbedaan kecuali dalam battle. Ketika karakter tersebut hanya berjalan-jalan di map hampir tidak ada bedanya sama sekali, tetapi ketika ada ultimate (seperti March 7th) yang mendekat maka akan terlihat perbedaannya.
Environment Detail
Opsi environment detail mengubah model yang digunakan pada lingkungan sekitar ke model yang terlihat lebih baik. Perbedaannya sangat kecil dari Medium sampai ke Very High.
Special Effects Quality
Bloom Effect
Bloom adalah sebuah teknik untuk mensimulasikan cahaya, cahaya yang terkena suatu objek akan lebih tersebar jika menggunakan teknik ini.
Anti-Aliasing
Seperti yang saya bahas pada bagian Rendering Quality, Anti-Aliasing adalah metode untuk menghilangkan efek "aliasing" tersebut.
Metode paling mudah untuk menghilangkan efek aliasing adalah dengan membuat ujung dari garis menjadi buram agar terlihat lebih halus ketika diperkecil, tapi ada lagi algoritma yang lebih baik hasilnya dibandingkan memburamkan, beberapa opsi yang kalian mungkin sering melihat adalah FXAA, TAA, dan juga MSAA.
Light Quality
Seperti namanya, opsi ini mengatur tentang kualitas cahaya. Semakin tinggi opsi ini maka semakin banyak cahaya yang terpencar dari sebuah objek (lampunya terlihat lebih tersebar).
Paling rendah dan paling tinggi
Setelah dijelaskan satu-satu tentang opsinya, maka sudah semakin jelas apa saja yang kurang dalam pengaturan paling rendahnya kalau dibandingkan dengan pengaturan paling tinggi.
Opsi yang mungkin muncul di game lain
Untuk bagian ini saya ingin menjelaskan beberapa istilah yang sering dijumpai dalam game lain dan sedikit membahas tentang optimisasi dalam game.
Ambient Occlusion
Ambient Occlusion adalah sebuah teknik rendering untuk merender bayangan di celah-celah, metode-metode AO digunakan untuk mendeteksi bagian mana yang harus terkena cahaya sekitar dan bagian mana yang tidak, contohnya adalah seperti gambar di atas. Salah satu teknik AO yang sering dijumpai adalah SSAO.
Upscaling
Upscaling adalah sebuah metode untuk menaikkan resolusi dari sebuah gambar. Dalam kasus game, game tersebut di render dengan resolusi yang lebih rendah dan dinaikkan resolusinya (biasanya dengan menggunakan AI) agar mendapatkan performa yang lebih baik. Teknik ini bisa dibilang bukan optimisasi, tapi lebih ke memaksakan agar gamenya bisa berjalan dengan lebih baik. Beberapa contoh metode yang sering dilihat adalah DLSS (NVidia), XeSS (Intel), dan juga FSR (AMD).
Occlusion Culling
Occlusion Culling adalah sebuah teknik yang pasti ada di semua game, teknik ini menaikkan performa dengan cara tidak merender apa yang tidak akan terlihat oleh pemain (belakang objek, atau kamera).
Level Of Detail
Level Of Detail atau sering juga disingkat sebagai LOD adalah sebuah teknik dimana jika kamera jauh dari sebuah objek, maka objeknya akan diganti dengan kualitas yang lebih rendah sehingga meringankan beban GPU, jika teknik ini dikombinasikan dengan Occlusion Culling maka akan menambahkan performa secara signifikan. Perlu diketahui bahwa semua model 3 dimensi dalam komputer memakai bentuk segitiga, ketika terlihat masing-masing segitiganya (seperti contoh yang 251 dan 76) maka bisa dibilang mereka adalah model yang low poly, low poly bisa dipakai sebagai metode optimisasi atau sebagai gaya dari sebuah game.
Rekomendasi
Lalu rekomendasi saya apa untuk pengaturan grafik di dalam game? Menurut saya sendiri kalau dalam kasus game yang multi-platform (seperti HSR yang bisa dimainkan di smartphone dan juga komputer), kalau perangkat kalian kuat maka maksimalkanlah pengunaannya dengan meningkatkan kualitasnya, tapi kalau tidak kuat diturunkan saja. Kalau saya sendiri, saya merendahkan pengaturan grafik di smartphone saya dan menaikkan di komputer saya dan kalau game tersebut menyediakan opsi untuk memilih batas FPS (FPS Cap) yang lebih tinggi, saya pilih yang lebih tinggi. Motion blur saya kurang suka, jadi saya matikan.
Semoga artikel ini bisa mengajarkan kalian sesuatu yang baru tentang opsi-opsi grafik di dalam game dan optimisasi yang dilakukan agar game bisa berjalan dengan lancar, selamat tahun baru dan terima kasih sudah membaca artikel ini. Kira-kira resolusi kalian apa buat tahun ini? (saya sih FHD, hehe), jika ada masukan atau pertanyaan silahkan ditulis di kolom komentar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H