Di artikel sebelumnya (kalau belum baca saya sarankan baca ini dulu) saya pernah membahas kalau membuat VTuber adalah hal yang sangat sulit dan merepotkan. Di Sekolah saya ada satu pelajaran yaitu STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics), kami diberi tugas untuk membuat animasi cerita rakyat, kelompok kami (Saya, Si B, Si S, Si W (yang celananya robek, HP saya dipecahin, makan bareng, banyak lah)) memilih cerita "Roro Jonggrang" dan untuk karakter kami memutuskan untuk membuat karakter menggunakan Live2D.
Tapi di antara kita gak ada yang bisa gambar (ada, tapi orangnya males), jadi kita memakai sebuah game yang bernama "Gacha Life". Game ini sudah cukup tua (dari October 2018), karakter ini kami design dengan melihat beberapa gambar referensi yang ada di Google.
Tapi menurut kami ada yang kurang, jadi saya masukkan ke Photoshop untuk ditambahkan beberapa hal (Daster, Ikat Pinggang, Rambut belakang, Topi).
Bagian-bagian ini masih cukup mudah, sekarang ke bagian yang susahnya. Pemisahan di Photoshop buat dimasukkin ke Live2D, awalnya saya mau pisahin satu-satu dari karakter aslinya, tapi untungnya Gacha Life ada suatu fitur yang namanya "Body Sheet" jadinya saya tinggal masukkin ke Photoshop dan dirangkai menjadi satu (tapi masing-masing berbeda layer).
"Ah gampang ini mah" saya pikir, belum tahu kesulitan apa yang akan dihadapi selanjutnya. Masalah saya terutama ada di bagian kepala,Â
karena Live2D perlu yang tidak terlihat tetap tergambar, ada beberapa hal yang perlu digambar ulang (walaupun tidak seluruh bagiannya), contohnya adalah pada mata diatas. Jika ada sebuah gambar mata (utuh) dan ingin mengambil bagian hitam (pupil) untuk layer lain, maka akan "bolong" (terpotong) sehingga harus di "tambal" (gambar ulang)
Hal ini juga dilakukan ke rambut belakang, karena di Body Sheet rambut belakangnya transparan, sehingga harus di isi oleh warna coklat dan letaknya juga harus pas. Letak kebingungan saya ada di rambut, "Yang mana yang harus dibelah? Layernya gimana aja?" adalah beberapa pertanyaan yang saya punya.
Untungnya tutorial di YouTube sangat banyak dan ada model referensi yang diberikan oleh Live2D, jadinya saya sedikit terbantu. Kira-kira hampir 2 hari saya misah-misahin masing-masing bagiannya.
Sekian dulu buat part 1. Di part ini saya sudah membahas tentang pembuatan model dan pemisahan model di Photoshop, di part selanjutnya saya akan bahas tentang menggerakkan model dan tracking muka, ditunggu ya! Kalau ada pertanyaan tentang Live2D atau ada opini, tulis di kolom komentar bawah ya!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI