Rumah BUMN Yogyyakarta – Mahasiswa Ilkom Unisa yogya pada pertemuan ke dua, selasa (11/10/2022) belajar bareng dengan UMKM mengenai materi Digital Markwtiung Farmework bagi pemula oleh Bondan Satria sebagai mentor atau pengajar di Rumah Bumn selama 1 semester ke depan.
Bondan Satria menjelaskan bahwa dunia digital marketing adalah sebuah kegiatan untuk memeperkenalkan atau mempromosikan produk, jasa, atau barang melalui media sosial seperti Tiktok, Instagram, Facebook, dan lain-lain. dengan tujuan dapat dikenal orang banyak, dapat di jangkau, dan dapat di pesan dari mana saja.
Bondan Satria juga menyampikan, di dalam dunia digital marketing terdapat dua komponen utama yaitu traffic (peminat) dan conversion (pembeli). Traffic yaitu mengubah strangers menjadi browser, yang dimana dari yang awalnya public/costumer tidak tahu menjadi tahu. Kemudian conversion yaitu mengubah browser menjadi buyers, dari public/costumer yang sudah tahu menjadi tertarik untuk membeli.
TRAFFIC:
1. Berdasar Kematangan (Cold, Warm, Hot)
2. Berdasar Sumber (Search and Social)
3. Berdasar Kepemilikan (Paid, Owned, Earned)
CONVERSION:
1. Strategi Closing
2. Edukasi (LP, Email)
3. Engagement (Community)
4. Commerce (MP, Social Commerce, Livestream, Conversational
Bondan Satria berharap materi yang di sampaikan bisa di praktikkan oleh mahasiswa maupun UMKM, supada dapat menunjang yang lebih untuk produk-produk UMKM ke depannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H