Mohon tunggu...
Hasti Aulia
Hasti Aulia Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis Ombudsman RI

Hobi Scrolling media sosial

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Syarat dan Cara Gen-Z Jadi Affiliate Marketing Tiktok

10 Desember 2024   16:16 Diperbarui: 10 Desember 2024   16:16 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Affiliate marketing merupakan program yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan atau brand dan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi. Besaran komisi yang kamu terima bervariasi, tergantung pada persentase dan harga jual produk.

Biasanya komisi dihitung dari penjualan, tapi ada juga yang menghitungnya dari leads, klik ke website, pengguna free trial, dan download aplikasi.

Tingkat fokus TikTok pada video singkat memfasilitasi pembuat konten untuk secara kreatif mereview produk dan membuatnya menjadi viral. Algoritma TikTok juga membantu pengguna menemukan ulasan video produk yang mereka butuhkan. Gaya konten video singkat ini sangat diminati oleh Generasi Z.

Dengan karakteristik Gen-Z yang adaptif terhadap teknologi, terbuka terhadap keragaman, dan memiliki kesadaran sosial dan lingkungan yang tinggi, lebih banyak berinteraksi di media sosial, menjelajah internet, bermain game, dan mendengarkan musik dan memiliki kelebihan kreatif dan inovatif, tidak takut mencoba hal-hal baru, dan berpikir out of the box.

 

Syarat untuk Menjadi Affiliate Marketing di TikTok

Berdasarkan data dari Rakuten Advertising, 80% brand menggunakan affiliate marketing ini. Banyak banget ya berarti. Kalau kamu cek di mesin pencari, kamu akan menemukan banyak brand yang membuka program afiliasi, baik brand kecil maupun besar.

Peminatnya juga banyak karena bisa memberikan penghasilan tambahan apabila terjadi pembelian menggunakan link afiliasi yang kamu bagikan. Berikut merupakan syarat untuk menjadi affiliate marketing di TikTok yang harus dipenuhi:

  1. Memiliki akun TikTok yang aktif dan memenuhi syarat, seperti jumlah pengikut minimum, interaksi konten, dan lainnya.
  2. Mematuhi peraturan dan kebijakan rekening bank untuk menerima pembayaran dari TikTok Affiliate.
  3. Mematuhi peraturan dan kebijakan dari TikTok.

 

Cara untuk Menjadi Affiliate Marketing TikTok

Jika syarat yang diberikan sudah terpenuhi, kamu bisa simak berikut cara untuk menjadi affiliate marketing Tiktok:

  1. Pastikan kamu memenuhi persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.
  2. Setelah selesai, kamu bisa melihat jumlah komisi yang didapatkan dari penjualan produk yang telah kamu rekomendasikan dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi "TikTok Affiliate Program".
  3. Klik "Daftar Sekarang" dan ikuti petunjuk untuk mengisi formulir pendaftaran.
  4. Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, kamu perlu menunggu persetujuan dari TikTok.
  5. Selanjutnya, pilih TikTok Shop pada menu pengaturan dan privasi.
  6. Tambahkan produk yang ingin kamu promosikan atau hubungkan tautan dari TikTok Shop.
  7. Setelah selesai, kamu bisa melihat jumlah komisi yang didapatkan dari penjualan produk yang telah kamu rekomendasikan.

 

Peluang bagi Generasi Z

Salah satu keuntungan menggunakan media sosial TikTok adalah kemudahan untuk berinteraksi dan meminta masukan dari pengguna lain. sebagai strategi pemasaran digital, gunakan umpan balik. Dari seratus film yang dipilih, lima menggunakan umpan balik langsung dari pengguna TikTok lain atau metode umpan balik lainnya.

TikTok digunakan untuk mengumpulkan komentar dari pengguna akun lain di video tersebut; setelah itu, mereka langsung menanggapi dengan membuat video baru.

Dengan segala potensi yang ditawarkan, TikTok Affiliate memungkinkan Gen-Z untuk tidak hanya menjadi konsumen, tetapi juga produsen yang cerdas. Mereka dapat memanfaatkan platform ini untuk menghasilkan pendapatan pasif sambil mengembangkan personal branding yang kuat.

TikTok Affiliate memberi mereka kebebasan untuk mengintegrasikan bisnis dengan kreativitas, menjadikan mereka pionir dalam dunia bisnis digital yang semakin berkembang. Dalam ekosistem digital yang terus berubah, kemampuan Gen-Z untuk beradaptasi dan berinovasi menjadi aset berharga yang dapat mengubah cara kita melihat dunia pemasaran.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun