Mohon tunggu...
Hasna Arunika
Hasna Arunika Mohon Tunggu... Lainnya - content writer

Mencoba untuk memulai suatu hal baru di tahun ini

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Inilah Cara Melayani Customer Supaya Jadi Langganan

22 Desember 2023   13:14 Diperbarui: 22 Desember 2023   13:59 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
seorang customer service sedang melayani customer (pexels.com/Olha Ruskykh)

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat bisnismu unggul dibandingkan pesaing adalah dengan memberikan pelayaan yang baik kepada customer. Dengan memberikan pelayanan prima, regular customer bisa menjadi langganan. Sebab, pelayanan yang maksimal akan memancing loyalitas customer terhadap produk/jasa yang ditawarkan.

Untuk menciptakan kesan yang baik kepada customer memang susah-susah gampang. Sesingkat apapun interaksi customer dengan produk/jasa kita, mereka pasti sudah menetapkan kesan pertama akan produk/jasa yang kita tawarkan.

Lalu, bagaimana cara untuk mengontrol kepuasan customer supaya puas dan jadi langganan?

Untuk melayani customer secara personal memang gampang-gampang susah. Apalagi jika kamu menawarkan barang dengan jangkauan customer yang luas. Kamu harus tahu spesifik tentang calon-calon customer kamu.

Misalnya kamu menjual peralatan rumah tangga. Itu adalah segment yang sangat luas karena peralatan rumah tangga dibutuhkan oleh semua orang. Namun tentu kebutuhan setiap orang beda-beda. Ada yang membeli peralatan ruman tangga untuk tinggal di kos, ada yang membeli peralatan rumah tangga untuk pengantin baru, atau bahkan ada yang membeli peralatan rumah tangga untuk anak ketiga mereka.

Jadi, yang harus kamu lakukan adalah bertanya terlebih dahulu kebetuhan customer. Dengan begitu, kamu bisa memberikan solusi yang tepat berdasarkan kebutuhan tadi. Untuk merekomendasikan perlatan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pun tidak mudah. Kamu harus tahu kebutuhan anak kos, pengantin muda dan ibu anak tiga seperti apa. Jika kamu menguasainya, kamu akan lebih terikat dengan customer karena customer akan merasa diperhatikan. Kamu pun akan berhasil memberikan kesan pertama yang baik bagi customer.

  • Bangun Hubungan Dengan Customer

Setelah kamu berhasil menawarkan produk/jasa, jangan hanya putus begitu saja. Kamu harus tetap berhubungan dengan customer tersebut. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap membangun hubungan yang bak, ini beberapa caranya:

Kirimkan kata-kata sambutan kepada customer yang sudah membeli produk/jasa. Kamu bisa mengirimkannya ke kontak yang ditinggalkan oleh customer, baik itu berupa email, no hp dan lainnya.

Kamu bisa menghubungi customer secara personal untuk memberikan pelayanan lebih, terutama jika produk/jasa yang kamu tawarkan sangat membutuhkan after sale. Misalnya kamu menjual produk skincare, kamu bisa memberikan tutorial secara personal kepada customer, baik secara langsung ataupun lewat telpon.

Pastikan kamu memberikan jalan yang jelas bagi customer untuk menghubungi jika mereka mengalami kendala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun