Mohon tunggu...
Hasbi Mubarok
Hasbi Mubarok Mohon Tunggu... Guru - BISMILLAH

USAHA TIDAK AKAN MENGHIANATI HASIL

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Plan

9 April 2020   07:40 Diperbarui: 9 April 2020   07:46 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

NAMA           :          HASBI MUBAROK
NIM                :           T20173070
MARKETING PLAN

 A. Marketing Plan, Target Dan Positioning

1. Pengertian Marketing plan

Marketing plan merupakan sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi marketing atau bisa kita artikan juga dengan cara pemasaran untuk mencapai target di dalam menjalani bisnis yang kita kelola. Marketing plan merupakan bagian dari bisnis plan atau perencanaan perusahaan yang mana merupakan serangkaian dari aktifitas yang berhubungan dengan pemasaran dan tujuan perusahaan.

a. Adapun unsur-unsur dalam Marketing plan itu sendiri meliputi:

-Ringkasan dan tujuan perusahaan yang jelas

-Menentukan target dan standar yang harus dicapai agar mempermudah pencapaian tujuan

-Menentukan target pasar agar pemasarannya jelas dan terarah

-Menetapkan jenis konten promosi yang sesuai dengan produk

-Kenali kompotitor/lawan usaha kita agar dapat mengatahui peluang dan hambatannya

-Tetap fokus dan prioritas pada satu tujuan

-Sekmentasi/mengelompokkan pasar yang sesuai dengan produk prusahaan kita

b. Cara dan rancangan dalam Marketing plan

-Profile prusahaan agar mudah dikenali

-Menentukan target customer agar mempermudah pemasaran

-Menentukan keunikan dalam prusahaan dan mengembangkannya

-Menentukan strategi harga agar lebih mudah dalam pelaksanaannya

-Rencana distribusi yang jelas dan sistematis

2. Targeting dan positioning

a. Penegrtian targeting

Adapun pengertian dari Targeting itu sendiri menurut dariyanto adalah suatu proses evaluasi dari daya Tarik sekmen pasar, dan bisa kita simpulkan targeting itu merupakan suatu proses pengevaluasiaan produk pasar yang sesuai dengan produk prusahaan.

Manfaat targeting

-Dapat mengembangkan posisi produk dan stategi pasar untuk mencapai tujuan

-Membidik peluang pasar yang lebih jelas dan lebih teratur

-Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efektif dan efisien

3. Positioning

Makna dari Positioning itu sendiri adalah cara pemasaran dalam menanamkan citra persepsi atau imajinasi atas produk yang ditawarkan melalui proses komunikasi.

a. Tugas positioning

Secara umum terdapat tiga tahap Tugas positioning yang meliputi:

-Mengidentifikasikan sejumlah keunggulan pesaing untuk mengembangkan posisi bisnis kita agar lebih mudah menemuk

-Memilih keunggulan pesaing yang tepat

-Mengkomulasikan secara efektif

B. Stategi Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi

1. pengertian Stategi Produk

Makna dari Strategi itu sendiri adalah suatu rencana atau rancangan cara bagaimana kita memasarkan prodak itu sendiri dengan melihat peluang dan hambatan yang ada. Sedangkan produk adalah Barang yang akan kita pasarkan pada konsumen. Produk merupakan suatu inti yang paling utama dan paling penting dealam proses pemasaran, karena kualitas produk dari yang kita pasarkan menentukan bagusnya bisnis atau prusahaan yang kita jalankan.

a. Produk pemasaran yang dilempar kepasar itu memiliki tiga jenjang penting yang meliputi:

-Wujud produk yang meliputi bagaimana buntuk produk, ciri dari produk kita dan kemasan suatu produk yang unik, rapi dan mampu menarik minat pelanggan

-Inti produk adalah sebuah manfaat yang hakiki dimana kita tidak hanya sekedar menjual sesuatu produk akan tetapi Kita harus mengerti kualitas dan kuantitas dari produk kita.

-Kesempurnaan produk merupakan gabungan dari wujud produk dan inti produk

2. Strategi dalam penegembangannya ada empat yang melipuiti:

-Logo yang cocok dengan produk yang ada dalam perusahaan kita

-Merek yang sesuai dengan produk

-Kemasan yang marik, unik dan aman yang bisa menareik minat konsumen untuk membeli produk kita

-Lebel

2. Harga adan promosi

Harga promosi adalah sebuah harga yang khususnya untuk di tawarkan seperti untuk memperkenalkan produk yang baru. Sedangkan promosi harga digunakan untuk menarik minat para pelanggan. Harga merupakan suatu nilai tukar yang bissa disamakan dengan uang ataupun barang lainnya. Harga juga digunakan untuk memberikan nilai fasilitas pada suatu produk barang atau jenis yang menunjukkan tinggi rendahnya dalam suatu kualitas barang dan jenis. Adapun didalam ilmu ekonomi harga dapat kita kaitkan dengan nilai jual.

Sedangkan Promosi itu sendiri adalah untuk memberitahukan atau menawarkan produk kita pada konsumen dan orang lain dengan tujuan untuk menarik calon konsumen.

3. Distribusi

Distribusi merupakan suatu aspek dari pemasaran dan juga dapat di artikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha untuk melancarkan dan mempermudah penyampaian barang pada konsumen.

Program penjualan dan distribusi adalah program yang terdiri dari berbagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen pada konsumen. Sehingga penggunaannya sesuai dengan yang dibutuhkan, seperti jenis barang, harga barang, jumlah barang, dan barang apa yang dibutuhkan. Program dari penjualan distribusi merupakan aktifitas pemasaran yang diharapkan untuk bisa menciptakan dua hal yang meliputi:

 -Nilai tambah prodak melalui fungsi pemasaran yang bisa merealisasikan aktifitas atau bentuk, tempat dan waktu

-Memperlancar saluran pemasaran

-Proses peran dan pengevaluasian program meliputi empat pokok penting yang meliputi:

-Menentukan tujuan penjualan dan distrubusi dalam rangka menerapkan strategi pemasaran perusahaan

-Mengidentifikasi daya Tarik penjualan yang paling tepat untuk pencapaian tujuan

-Menentukan dan menenugaskan manusia, finansial dan non finansial yang dibutuhkan untuk program penjualan dan distribusi

-Mengevaluasi kinerja program dalam rangka menyesuiakan program

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun