Mohon tunggu...
Hasbi Mubarok
Hasbi Mubarok Mohon Tunggu... Guru - BISMILLAH

USAHA TIDAK AKAN MENGHIANATI HASIL

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Ide Bisnis

3 April 2020   14:23 Diperbarui: 3 April 2020   14:26 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

NAMA            : HASBI MUBAROK

NIM                : T20173070

ANALISIS IDE BISNIS

  1. Pengertian ide bisnis

Ide usaha atau bisnis adalah respon dari seseorang, banyak orang, ataupun organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan yang meliputi pasar atau masyarakat. Dalam Mencari ide bisnis langkah awal yang harus dipahami yaitu mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjadi suatu peluang dalam usaha bisnis.

Ide- ide dalam bisnis itu setidaknya memiliki dua jalan yang amat penting yaitu kreatif dan inovatif. Kreatif adalah daya cipta dalam diri manusia, yang melalui kreasi inilah akan muncul produk-produk yang baru yang berbeda dengan yang lainnya. Sedangkan Inovasi merupakan daya pengembangan dari produk yang sudah ada agar mengalami suatu peningkatan dan bisa bersaing dengan kemajuan zaman.

Di sinilah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) menjadi poin yang sangat penting di dalam mengembangkan dan mengelola bisnisnya. Namun, kreatifitas dan inofasi bisnis tidak ada gunanya dikala seorang pembisnis jika pembisnis itu tidak  memiliki keberanian dalam mengelola bisnisnya. Karena keberanian dan keyakinan yang menjadi modal penting dalam memulai sebuah usaha atau bisnis.

Sedangkan Poin lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki jaringan bisnis dan modal bisnis. Jaringan bisnis bisa kita perkuat dengan melakukan silaturrahmi baik kepada saudara maupun kepada teman. Dan disisi lain, juga harus memiliki manajemen yang baik, karena dalam berbisnis adanya pasang surut atau untung ruginya bisnis adalah hal yang biasa. Kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci untuk mengahadapinya.

B. Cara mengembangkan ide bisnis

 1. Pertimbangan dan analisa target pasar

Kirta sebagai seorang pembisnis itu selain kreatif dan inofatif juga harus selalu update tentang hal-hal yang baru dan menganalisis informasi-informasi terbaru yang ada pada saat ini, baik itu kebutuhan pada saat ini ataupun peluang dan hambatan yang ada saat ini. Dengan tujuan agar bisnis yang kita jalankan bisa terus berkembang dan tidak ketinggalan zaman.

2. Harus mencatat ide gagasan yang kita punya

Sebagai seorang pembisnis, ide-ide gagasan perlu untuk kita simpan dan dikembangkan yang salah satu caranya dengan menilis di buku ataupun smart pon pribadi bisnis kita agar bisa terus dikembangkan dan mudah di evaluasai.

3. Survei target asal

Tahapan ide amat juga penting unruk menunjang bisnis kita agar tetap berada di tujuan yang telah direncanakan dan sesuai dengan rencana yang kita kembangkan.

4. Kembangkan produk

Jika kita telah memiliki suatu produk, alangkah baiknya kita kembangkan secara berkelanjutan yang sesuai dengan tren pada masa kini. Artinya produk kita harus mengalami perubahan dan inovasi baru yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

5. Kumpulkan ulasan pembeli

Seorang pembisnis harus dapat mengevaluasi ndan menganalisis kritik dan saran dari produk yang kita pasarkan. Karena adanya kritik dan saran tersebut kita dapat mengembangkan produk bisnis kita menjadi yang lebih baik lagi.

6. Berfikir maju kedepan

Seorang pembisnis harus bisa berfikir kreatif dan inofati yang mampu bersaing dengan produk yang lain dan dapat memuaskan serta memenuhi kebutuhan masyartakat.

7. Kenali resiko dan tantangan

Adanya suatu resiko dan tantangan dalam berbisnis seorang pembisnis harus jeli efektif dalam memecahkan masalah dalam bisnisnya. Sehingga dibutuhkan pemikiran yang kreatif agar resiko atau tantangan itu bisa menjadi peluang dalam bisnis kita.

8. Mencari dana untuk bisnis

Dana bisnis adalah salah satu factor penting yang harus dipunyai oleh seorang pembisnis. Karena tanpa adanya dana bisnis ini, secara otomatis bisnis kita tidak akan berjalan. Sehuingga dalam berbisnis kita harus tau jumlah dana yang harus dikeluarkan dan berapa penghasilannya.

C. Factor yang menjadi peluang usaha

1. Factor internal dan eksternal

a. Factor internal

Factor atau keadaan yang bermula dari diri kita sendiri seperti halnya ketika kita akan memulai suatu usaha, kita sudah memiliki pengetahuan tentang usaha tersebut. Sehingga kita hanya mengembangkan saja dari bisnis yang kita jalankan dengan pengetahuan dan pengalaman kita.

b. Factor eksternal

Sesuatu yang dimulai dari luar diri kita, ada 4 peluang yang ada dalam factor eksternal ini yang meliputi

  • Peluang Dari diri sendiri
  • Peluang dari lingkungan
  • Peluang dari konsumen
  • Peluang dari perubahan yang terjadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun