Mohon tunggu...
Hasan Busri
Hasan Busri Mohon Tunggu... Administrasi - pengajar di universitas

Tukang jogo meja di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNNES Semarang, Pernah jalan-jalan ke Xiamen China

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

11 Februari 2016   15:55 Diperbarui: 7 Juni 2016   09:05 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

 

A.    Pendidikan Bahasa Arab (S1)

 

 

B.     Ijin Prodi:

2154/D/T/2008 tanggal 14 Juni 2006

C.    Akreditasi    

Akreditasi B (BAIK) berdasarkan S.K. BAN PT Nomor 1011/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 berlaku sampai dengan  19 September 2020.

D.    Gelar

Sarjana Pendidikan (S.Pd)

E.     Deskripsi

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu dari lima program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni UNNES. Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No. 1084/D2.2/2006, tanggal 14-6-2006, dipimpin oleh seorang koordinator program studi (korprodi). Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab dengan tujuan menghasilkan tenaga kependidikan berkualifikasi sarjana (S1) dengan gelar akademik S.Pd, yang memiliki kemampuan akademik profesional, unggul, mempunyai nilai-nilai moral dan agama, dan terampil, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab dalam menghadapi tantangan masa depan, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

F.     Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini untuk menghasilkan tenaga kependidikan di bidang bahasa Arab berkualifikasi sarjana (S1) dengan gelar akademik S.Pd, yang memiliki kemampuan akademik profesional, unggul, berkarakter, mempunyai nilai-nilai moral dan agama, dan terampil, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab dalam menghadapi tantangan masa depan, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

G.    Misi

Prodi Pendidikan Bahasa Arab  memiliki misi sebagai berikut:

1.   Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu bahasa untuk menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, berkarakter, mempunyai nilai-nilai moral dan agama, dan terampil di bidangnya.

2.   Menjadi pusat sumber daya manusia yang handal dan terpercaya di dalam pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan bahasa Arab.

3.   Melaksanakan kerja sama pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan bahasa Arab.

4.   Menyebarluaskan pengetahuan sosial budaya dan teknologi berbasis pendidikan dan bahasa Arab.

5.   Memberikan keterampilan di bidang kebahasaan Arab, penerjemahan, kejurubahasaan, kepariwisataan, dan bisnis.

6.   Menjamin keselarasan program penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan bahasa Arab untuk mendukung pengembangan ilmu dan teknologi yang mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang bermoral dan berkarakter.

 

H.    Capaian Pembelajaran

1.         SIKAP

a)         Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalis, berbudi pekerti luhur, peduli, toleran, demokratis, santun, cerdas, tangguh, bermartabat, bertanggung jawab, berwawasan luas.

b)         Memiliki sikap dan kepribadian yang sesuai dengan warga negara yang baikdan persyaratan profesionalisme guru yang bermoral dan berkarakter.

c)         Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

d)        Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

2.         PENGETAHUAN

a)         Memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang pendidikan dan bahasa Arab.

b)         Menguasai ilmu dasar lain yang menunjang pemahaman ilmu bahasa Arab dan  keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek.

c)         Mampu memecahkan masalah di bidang pembelajaran dan ilmu bahasa Arab melalui penerapan pengetahuan ilmu bahasa Arab pada bidang pembelajaran dan ilmu bahasa Arab, serta penerapan teknologi yang relevan.

 

3.         KETERAMPILAN UMUM

a)         Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Arab yang tangguh dan santun.

b)         Memiliki kemampuan menyusun dan mengelola program pendidikan dan bahasa Arab dengan menggunakan strategi inovatif, memanfaatkan teknologi mutakhir, dan suasana yang demokratis.

c)         Memiliki kemampuan dan pengetahuan penelitian di bidang pengembangan pendidikan dan bahasa Arab.

d)        Memiliki kemampuan menyusun karya ilmiah mengenai pendidikan dan bahasa Arab yang bertanggung jawab.

e)         Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

4.         KETERAMPILAN KHUSUS

a)            Mampu menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan budaya bangsa.

b)            Mampu menulis dan menyunting naskah berbahasa Arab berdasarkan prinsip kejujuran.Mampu mengelola kesekretariatan dan korespondensi dalam bahasa Arab dengan cerdas, terampil, dan santun.

c)            Mampu mengelola tugas administratif dan pelayanan bidang bisnis yang berbahasa pengantar bahasa Arab dengan jujur dan bertanggung jawab.

d)           Mampu mengaplikasikan wahana teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk mencapai peningkatan kompetensi dan profesionalisme lulusan.

e)            Mampu mengaplikasikan statistika dalam penelitian, pengembangan, dan pengajaran di bidang pendidikan bahasa Arab dengan jujur dan bertanggung jawab.

 

I.       Kompetensi Prodi

1.         Kompetensi Utama

a)      Memiliki kepribadian yang religius, jujur, cerdas, adil, tanggungjawab, peduli, toleran, demokratis, cinta tanah air, tangguh, santun, terampil, mandiri, kreatif, dan inovatif, sertamampubersaing di dunia global.

b)      Memiliki kepribadian sebagai warga negara yang baik.

c)      Memiliki sikap dan kepribadian yang sesuai dengan persyaratan profesionalisme pendidik yang berkarakter.

d)     Memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang pendidikan bahasa arab.

e)      Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Arab.

f)       Memiliki kemampuan dalampenelitian dan pengabdian bidang pendidikan bahasa Arab.

g)      Memilikikemampuan menyusun karya ilmiah bidangpendidikan bahasa Arab.

 

2.         Kompetensi Pendukung

a)      Mampu menerjemahkan bahasa Arab dengan baik.

b)      Mampu memandu wisatawan berpengantar bahasa Arab dan jamaah ibadah haji dan umroh.

c)      Mampu menulis dan menyunting naskah berbahasa Arab.

d)     Mampu mengelola tugas administratif dan pelayanan bidang bisnis yang berbahasa Arab.

 

3.         Kompetensi Lain

a)      Mampu mengaplikasikan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam bidang pendidikan bahasa Arab.

b)      Mampu mengaplikasikan statistika dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian di bidang pendidikan bahasa Arab.

 

J.      Peluang Kerja:

1.      Pendidik Bahasa Arab

2.      Penerjemah bahasa Arab

3.      Pengelola lembaga pendidikan

4.      Pengembang pembelajaran bahasa Arab

5.      Peneliti di bidang pendidikan dan pengajaran dan bahasa Arab

 

K.    Unggulan Prodi

1.      Dosen alumni Timur Tengah

2.      Berkesempatan studi selama satu semester di Mesir

3.      Pengembangan Sentra inovasi produk pembelajaran bahasa Arab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L.     Testimoni Alumni

1.      Nailur Rahmawati

 

“Program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang adalah tempat belajar professional dalam menciptakan dan melahirkan tenaga pendidik yang cerdas dan berkarakter. Dengan bimbingan para dosen yang berkompeten, Insyaallah mampu mengantarkan para calon tenaga pendidik untuk memiliki kemampuan yang nyata dalam menghadapi dunia kerja dan mencetak diri untuk menjadi insan yang siap menghadapi tantangan globalisasi. 

Tim dosen yang berkompeten di bidangnya masing-masing dan lingkungan pendidikan yang mendorong mahasiswa untuk terus belajar tentang banyak hal, fasilitas laboratorium bahasa yang mendukung pembelajaran, pengembangan kegiatan kebudayaan Arab lintas universitas, serta program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, menjadikan program studi pendidikan bahasa Arab UNNES adalah salah satu pilihan yang sangat menjanjikan.

Saat ini saya bekerja sebagai dosen (PNS) di almamater saya, program studi pendidikan bahasa Arab UNNES. “

 

 

 

 

2.  Ahmad Fachrudin Imam

 

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unnes, merupakan pilihan yang tepat untuk belajar Bahasa Arab dengan lulusan terbaik timur tengah. Prodi ini juga membuat mahasiswa berfikir kritis, terampil mengajar dan eksis dalam organisasi. Empat tahun belajar di PBA Unnes juga mengajarkan saya untuk berkompetisi dan berkontribusi di bidang bahasa Arab dan umum di level nasional.

Alumni PBA Unnes 2008, pernah mengikuti Olimpiade Nahwu Shorf di UPI Bandung, Satu tahun mengabdikan diri di daerah marjinal, Kubu Raya Kalimantan Barat, saat ini bekerja sebagai Konsultan Pendidikan Daerah Marjinal Indonesia di Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, Bogor.

 

M.   Alamat Kantor

Gedung B9 Fakultas Bahasa dan Seni UNNES, Kampus Sekaran, Jalan Raya Sekaran Gunungpati, Gunungpati, Semarang 50229.

Telepon/fax       : (024) 8508072

e-mail               : pbaunnes.semarang@gmail.com

Facebook          : Bahasa Arab Unnes

N.    Nama Koordinator Prodi

Hasan Busri, S.Pd.I.,M.S.I.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun