Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
1. Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah kolaboratif. kolaboratif adalah kemampuan untuk berkerja sama. dalam menjalankan tugas saya sebagai guru, saya selalu menekankan nilai-nilai kolaboratif antar sesama, karena sebagai makhluk social kita tidak bisa hidup sendiri, kita membutuhkan orang lain untuk tetap di anggap ada, adanya pengakuan orang lain terhadap diri kita merupakan bukti sederhana bahwa kita membutuhkan orang lain dari segi penilaian diri. kolaboratif juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dalam diri siswa, belajar untuk menerima kekurangan orang lain dan menggunakan kelebihan yang ada pada diri untuk dapat membantu sesama.
Â
2. Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru):
1. Â Kegiatan greeting pagi yang biasa di lakukan di sekolah
2. Â Program literasi dan numerasi
3. Â Mengajak partisipasi siswa membuat kata-kata motivasi dalam bentuk banner kecil
4. Pembiasaan sholat dhuha dan zuhur di sekolah
5. Â Pembiasan membuang sampah pada tempatnya.
6. Â Penunjukkan tugas ketua kelas dan piket kelas
7. Â Membimbing siswa yang masih di rasa belum maksmimal dalam memahami pembelajaran di kelas.
8. Â Pembentukkan kelompok kerja pada siswa sehingga mereka berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas.
9. Pembuatan madding sekolah yang di lakukan oleh siswa.
10. Aktif dalam komunitas belajar yang ada di sekolah, baik sebagai tutor maupun peserta.
11. Kegiatan amal dalam hal jika terjadi musibah di daerah lain
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H