Nama : Haryono
CGP angkatan 10 dari SMP Paramount Palembang
Â
1. Â Â Tulisan Reflektif Kritis
·     Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
Ki Hajar Dewantara (KHD) membedakan istilah antara pendidikan dan pengajaran, dimana Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan sedangkan pendidikan adalah memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimilik anak agar ia mampu mencapai kelelamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Â
·     Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
Dalam konteks pendidikan Indonesia saat ini pemikiran KHD bisa di jadikan tolok ukur dalam membina siswa sehingga mampu mencapai tujuan dan cita-citanya. Dalam konteks pendidikan di sekolah saya secara khusus bahwa pemikiran KHD ini sangat mungkin untuk di jadikan panduan, dimana kami percaya bahwa setiap siswa memiliki talenta masing-masing dan tugas kami di sekolah sebagai fasilitator siswa dalam mencapai cita-citanya.
Â
·     Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
saya merasa bahwa sedikit saya sudah melaksanakan pemikiran KHD tersebut dimana saya dikelas sudah mencoba menjalankan kelas sebagai seorang fasilitator ke siswa walaupun terkadang prosesnya masih perlu banyak evaluasi. Dalam menjalankan tugas/aktivitas saya sebagai guru, sekolah memberikan kebebasan terhadap saya untuk menjalankan tugas dan fungsi saya sebagai guru yang nyaman untuk siswa di kelas.
Â
Â
2. Â Â Harapan dan Ekspektasi
·     Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari modul ini, harapan saya sebagai seorang pendidik adalah saya sangat ingin menjadi pendidik yang mampu menjembatani siswa saya dalam mengapai cita-citanya, saya ingin pendidik yang mampu konsisten memberikan teladan bagi siswa saya, karna saya sendiri ketika mengajar selalu menekankan bahwa adab merupakan bagian utama dari proses belajar.
Â
·     Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari modul ini saya ingin melihat murid-murid saya bisa lebih percaya diri dalam belajar dan  saya ingin melihat siswa saya tumbuh menjadi pembelajar yang memiliki karakter yang baik serta saya juga ingin melihat siswa saya memiliki semangat yang tinggi dalam belajar.
Â
·     Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Dalam modul ini saya berharap adanya contoh kegiatan dalam pemberian kebebasan terhadap siswa tapi tetap ada aturan-aturan yang dipatuhi. saya juga berharap materi tentang motivasi peningkatan rasa peduli di antara siswa, dan terakhir dalam modul ini saya mendapatkan manfaat berupa pengetahuan yang akan terus mengingatkan saya terhadap fungsi saya sebagai guru dalam hal menuntun kodrat siswa dalam belajar.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H