Mohon tunggu...
Hartono
Hartono Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023, Prodi PPG Sekolah Pascasarjana UM

Saya memiliki ketertarikan pada bidang sejarah, sosial, politik, pemerintahan, hukum dan pemerintahan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menelusur Sejarah Ipteks Mesin Diesel dan Dampaknya

20 Juni 2024   02:10 Diperbarui: 20 Juni 2024   02:12 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada awalnya, teknologi digunakan dan dikembangkan oleh manusia dalam rangka memudahkan kehidupan sehari-hari. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang mesin merupakan salah satu bidang yang mengalami perkembangan sangat pesat. Salah satu dari teknologi bidang mesin adalah mesin diesel. Mesin diesel merupakan salah satu bidang mesin yang strategis di era modern ini, yang mampu menopang kinerja dari bidang-bidang lain dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Perkembangan yang ada dalam bidang mesin khususnya mesin diesel menunjukkan bahwa terdapat sebuah kemajuan berpikir dari manusia untuk mencapai penyempurnaan sebagai sebuah bukti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Dalamperkembangan yang terjadi, ilmu pengetahuan dan teknologi memerlukan waktu yang panjang untuk mencapai titik kemajuan seperti pada saat ini. 

Ide pembuatan

Mesin diesel merupakan salah satu mesin yang ditemukan dan dikembangkan oleh manusia. Mesin ini ditemukan dan dikembangkan pertama kali pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel. Rudolf Diesel lahir di Paris tahun 1858 sebagai keluarga ekspatriot Jerman. Ia melanjutkan studi di Politeknik Munchen. Setelah lulus, Diesel bekerja sebagai teknisi refrigerant, meskipun bakatnya terdapat dalam mendesain mesin. Diesel mendesain banyak mesin panas, termasuk mesin udara bertenaga solar. Tahun 1892 ia menerima paten dari Jerman, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat untuk karyanya "Method of and Apparatus for Converting Heat into Work" (Metode dan Alat untuk Mengubah Panas Menjadi Kerja). Tahun 1893 ia menemukan sebuah "Mesin Pembakaran-Lambat" yang pertama-tama mengkompresi udara sehingga menaikkan temperaturnya sampai di atas titik nyala, lalu secara bertahap memasukkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Tahun 1894 dan 1895 ia membuat paten di beberapa negara untuk mesin yang ia temukan. Pertama di Spanyol, Perancis, dan Belgia pada bulan Desember 1894, Jerman tahun 1895, dan Amerika Serikat tahun 1898.

Rudolf Diesel menerima hak paten atas mesin Diesel yang ditemukannya pada tanggal 23 Februari 1893. Pada awal pembuatannya, Diesel mempunyai sebuah ide atau konsep mengenai sebuah mesin yang dapat digunakan dengan menggunakan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara sebagai penggeraknya. Dia mempertunjukkan hasil temuannya ini pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang sebagai bahan bakar. Mesin ini kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

Sejarah Perkembangan

Mesin Diesel (atau mesin pemicu kompresi) disebut juga Motor bakar diesel adalah motor bakar yang dalam pembakarannya menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan percikan api dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Mesin diesel ini tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas. Mesin diesel memiliki efisiensi termal terbaik dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam maupun pembakaran luar lainnya, karena memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi. Mesin diesel memiliki kecepatan-rendah (sama seperti pada mesin kapal) dapat memiliki efisiensi termal lebih dari 50%. Mesin diesel dikembangkan dalam versi dua langkah dan empat langkah. Mesin ini pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel digunakan sebagai pengganti mesin uap.

Sejak tahun 1910- an, mesin ini mulai digunakan untuk kapal dan kapal selam, kemudian diikuti dipergunakan untuk lokomotif kereta api, truk, pembangkit listrik, dan peralatan berat lainnya. Pada tahun 1930-an, mesin diesel mulai digunakan untuk mobil. Sejak saat itu, penggunaan mesin diesel terus meningkat dan menurut British Society of Motor Manufacturing and Traders, 50% dari mobil baru yang terjual di Uni Eropa adalah mobil bermesin diesel, bahkan di Perancis mencapai 70%.  

Ia mengoperasikan mesin pertamanya tahun 1897. Di Augsburg, 10 Agustus 1893, Rudolf Diesel menciptakan mesin pertamanya, sebuah silinder tunggal 10-foot (3.0 m) berbahan besi dengan roda gila pada dasarnya (lihat gambar 2.1). Diesel memerlukan waktu 2 tahun untuk menyempurnakan mesinnya dan pada tahun 1896 ia mendemonstrasikan model lainnya dengan efisiensi teoritis 75%, sangat jauh bila dibandingkan dengan mesin uap yang hanya 10%. Tahun 1898, Diesel telah menjadi jutawan. Mesin buatannya telah digunakan untuk menggerakkan transportasi jalur pipa, pembangkit listrik dan air, mobil, truk, dan kapal. Kemudian juga menyebar sampai pertambangan, ladang minyak, pabrik, dan transportasi antar benua.

Mesin Diesel di penghujung abad ke 20 itu terus diperbarui oleh ilmuan-ilmuan lain. Melompat cukup jauh, pengembangan mesin Diesel semakin masif pasca regulasi Euro Emission diberlakukan mulai 1993 di Eropa. Saat ini mesin Diesel sudah cukup beragam, yang dibedakan berdasarkan tahap kerjanya. Namun demikian prinsip umumnya tetap sama. Mesin Diesel menerapkan prinsip terbakar-sendiri (auto-ignotion). Pada mesin ini, ledakan terjadi karena suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Tidak ada busi seperti mesin bensin.

Berikut ini merupakan perkembangan jenis dan inovasi dari mesin diesel yang ada si tengah perkembangan ilmu pengetahuan:

Common Rail Direct Injection

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun