Media adalah salah satu stakeholder  yang memegang peranan penting dalam mendukung eksistensi perusahaan. Sehingga menjalin hubungan baik dengan wartawan, pers dan media massa adalah sebuah keharusan dalam dunia public relations. Tujuannya adalah membangun citra positif (image building) dengan cara memperoleh publisitas, pemberitaan, atau liputan media seluas mungkin. Media relations kemudian menjadi hal yang penting.
Di era digital ini, pola hubungan antara Public Relations (PR) dan media menjadi lebih intens. Informasi perusahaan dapat dikomunikasikan secara real time sekaligus beragam melalui akun media sosial. Selain itu, pengertian hubungan media juga meluas. Dari yang semula hanya berupa hubungan dengan kalangan media, kini meluas menjadi hubungan dengan netizen atau pengguna akun media sosial dan pengguna website. Sehingga keterampilan praktisi PR pun kemudian harus dikembangkan dengan skills manajemen konten website dan media sosial.
Media relations menjadi satu hal yang sangat penting dan efisien dalam pekerjaan seorang public relations. Media relations adalah publisitas. Lebih jelasnya yaitu usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.Â
Hubungan ini tidak hanya terkait dengan pers saja melainkan juga semua bentuk media cetak, media elektronik (radio,televisi, dan sebagainya). Semua ini penting karena dapat menopang keberhasilan program, dan efisien karena tidak memerlukan banyak dana memberikan informasi program yang hendak mau dijalankan dengan menggunakan teknik publisitas.
MEDIA RELATIONS
Media Relations sebagai salah satu fungsi Public Relations (PR) menjadi makin penting di era digital. Perannya menjadi strategis karena mampu memperkuat citra sekaligus reputasi merek maupun korporat. Mengapa? Lantaran, di tengah era digital---dimana setiap orang bisa memproduksi berita dan hoax begitu mudah diproduksi---PR tidak cukup hanya menjadi "pemadam kebakaran" ketika perusahaan menghadapi krisis. Sebaliknya, PR dengan fungsi media relations-nya, justru dapat mengantisipasi terjadinya krisis.
"Memasuki era digital, mata publik tak hanya mengandalkan kamera jurnalis untuk mengetahui perkembangan suatu isu. Saat ini, dengan smartphone, mereka dapat dengan cepat dan mudah mengakses berbagai isu.
Kelebihan dari digital PR itu sendiri adalah praktek PR melalui platform digital dinilai lebih efektif. Mengapa? Karena dilihat dari fakta yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pengguna internet di Indonesia terus meningkat dan zaman sekarang, ketika seseorang mencari informasi mengenai apapun, hal pertama yang dilakukannya adalah mencari tahu melalui internet. Selain itu, dapat menghemat waktu dan biaya juga. Kampanye PR dapat dilakukan melalui internet secara gratis dibandingkan menggunakan media lain seperti televisi, radio, surat kabar dan lainnya yang membutuhkan biaya untuk dapat dimuat. Informasi yang diberikan pun dapat menyebar dengan sangat cepat.
Namun digital PR juga memiliki kekurangan. Informasi dapat menyebar dengan sangat cepat, sehingga ketika informasi yang diberikan mengandung kesalahan atau sesuatu yang negatif, akan sulit untuk menariknya kembali. Meskipun langsung dihapus, namun bukan hal yang tidak mungkin ada orang yang sudah melihatnya dan bisa saja menyebarkannya kembali.
Oleh karena itu seorang PR Â sudah harus memahami betapa pentingnya suatuinformasi yang tersebar dari dalam perusahaan atau pun diluar perusahaan, karena dunia digital adalah dunia percepatan berkembangnya informasi dari satu pihak kepihak lain, kita tidak mungkin ingin merusak sebuah citra ,prestasi, dan hal penting di perusahaan kepada publik /masyarakat saat ini.Â
Cara seorang PR mendapatkan kepercayaan dan citra yang baik dari masyarakat tentang perusahaan maka ia melakukan kerjasamadengan media massa, hal ini diperlukan karena media  massa memegang peran penting di masyarakat, karena media massa merupakan sebuah platform yang  sebagai jembatan informasi, jembatan relasi, bahkan  bisa menjadi jembatan untuk memengaruhi sikap dan perilaku masyarakat.
Dapat dilihat dari pengertian media massa menurut para ahli yaitu :
Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV (Cangara, 2002). Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi (Rakhmat, 2001).
Media massa adalah alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan media massa dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu. Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada waktu yang tak terbatas (Nurudin, 2007).
Dilihat dari pengertian diatas maka peranan media massa sangat berpengaruh besar untuk sebuah perusahaan terutama bagian public relations nya, maka dari itu ada tindakan kerja sama penting antara PR dengan media massa, maka akan tercipta sebuah istilah media relations.
Media relations  digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan media massa. Bahkan menurut Philip Lesley(1991:7) memberikan definisi media relation sebagai hubungandengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.
menurut Iriantara (2005), bukan berarti media relations officer melihat media massa sebagai alat. Keberadaan alat hanyalah ketika ia dibutuhkan, padahal bagi lembaga, media adalah mitra kerja
Peranan Media Relation
Media relation sebagaikompenendari Public relation tentusajamengikutilangkah-langkahstandar Public relation.Standarcarakerja Public relation mencakup :
- Pengumpulanfakta
- Perencanaandanpenyusunan program, menurutpermasalahan yang telahdirumuskan
- Melalukanrencanadengantindakankomunikasi
- Merumuskanpermasalahanmenuruthasilpenelitianataukajian.
- Evaluasiterhadapseluruhrangkaiankegiatandan program Public relation
Tujuan Media Relation
Apabila suatu perusahaan melaksanakan program media relation, pada biasanya ialah perusahaan yang sangat memerlukan dukungan media massa dalam pencapaian :
- Untuk mendapatkan tempat dalam pemberitaan media
- Untuk memdapatkan publisitas seluas mungkin mengenai aktivitas serta instansi
- Menciptakan relasi yg stabil dan berkelanjutan yg dilandasi oleh saling percaya.
- Untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan aktivitas organisasi
Fungsi Media Relation:
- Memajukancitraperusahaan.
- Meningkatkan hubungan dari berbagai publik, seperti terhadap instansi pemerintahan, perusahaan-perusahaan, organisasikemasyarakatan, maupunindividu.
- Memajukan point of selling dari produk dan jasa.
- Menambahkankepercayaanpublikterhadapprodukdanjasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Menolongperusahaankeluardarikomunikasikrisis.
STRATEGI MEDIA RELATIONS
1.EMBEDDED MEDIA STRATEGY Mengikutsertakan media dalam forum informal diskusi, coffee morning, forum hobby, mengirimkan email/contact person secara rutin, mengenal wartawan secara personal, dsb.
2. MEDIA GATHERING STRATEGY Merancang acara khusus (cenderung informal), sebagai saranan pertemuan atau silaturahmi untuk mempererat hubungan dengan media/wartawan. Contoh: kunjungan ke redaksi media
3. EMBARGO MEDIA STRATEGY Membantu kerja media/wartawan dalam proses produksi berita dengan memberikan informasi/data seawal mungkin dengan limit waktu penyajian berita yang sudah disepakati. Contoh: pengiriman press release/kit & undangan peliputan
4.MEDIA BRIEFING STRATEGY Melakukan briefing /pengarahan kepada pihak media/wartawan untuk memberikan latar belakang informasi serta aturan dalam peliputan. Tujuannya, meminimalisir perbedaan persepsi/interpretasi. Contoh: press conference/tour dilengkapi press release/kit
Media relations di era digitalÂ
Media relations semakin berkembang terutama di era digital saat ini, PR saat ini sudah mengajak kerjasama dengan media online, karena media online saat ini banyak diminati dan pembacanya dibandingkan dengan media massalainnya, bahkan media massa di online juga sudah berkembang banyak dan pesat, bahkan perusahaan media massa yang sebelumnyaberfokusketelevisisajatetapisekarangberfokusjugake media online.
Fenomenainimembuat Media relations mengalamiperubahancukupsignifikan, sepertipenyebaraninformasi, pembacaaninformasi, pendapataninformasi, Â dan penjelasan informasi atau fenomena yang ada semakincepat.
Media relations di era digital ini juga dapat menjadi senjata seorang PR dalam mengkembangkan citra perusahaan dan menyelesaikanpermasalahan yang ada. Media umum yang dipakai PR dapat dikategorikan seperti :
Media sosial : Twitter, Facebook, Instagram, Google maps
Publikasi : Website, blog (WordPress,Blogspot,Kompasiana, Indonesiana,dll).
Video :Youtube, Viu, Metube.
Penggalangandana : kitabisa.com
Media relations di era digital saatiniseperti :
http://www.perhumas.or.id/media-relations-di-era-coronavirus/
Diatas merupakan link yang mengarah terhadap pemberitaan sebuah seminar dari perhumas dengan media yang difungsikan untuk mengedukasi humas, media, dan masyarakat saat ini terutama di era pandemic ini.
Media partners merupakan peranan sebuah media massa dengan perusahaan terkait, itu merupakan sebuah contoh nyata dari media rel Analisa
Media relations bukanlah  hanya ajang sebuah persahabatan atau pertemanan sebuah public relations dengan media massa, melainkan sebuah proses terjadinya hubungan saling menguntungkan kedua belah pihak dan mempermudah proses penyebaran informasi, klarifikasi, promosi dalam media relations tersebut, hal tersebut dapat kita ketahui dari tujuan media relations yaitu :
Untuk mendapatkan tempat dalam pemberitaan media
Untuk memdapatkan publisitas seluas mungkin mengenai aktivitas serta instansi
Menciptakan relasi yang stabil dan berkelanjutan yg dilandasi oleh saling percaya.
Untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan aktivitas organisasi
Oleh karena itu media relations merupakan sebuah keuntungan untuk pihak public relations maupun pihak media massa, tapi tentu saja public relations harus memanfaatkan nya dengan baik dan menjalin kerja sama yang baik juga terhadap media massa.
Apalagi sekarang media relations sudah berkembang mengikuti teknologi zaman saat ini, banyak media baru yang muncul atau media lama yang mulai memasuki dunia digital sehingga seorang public relations yang mewakili perusahaan harus mengadakan media relations di era digital saat ini dengan cara bekerja sama dengan beberapa media digital saat ini.
Hal ini tidak terlepas dari setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sebuah perusahaan maka media digital akan hadir didalam nya sehingga menjadi media partners atau kita ketahui dengan media relations.
Fleksibilitas penyebaran informasi juga semakin berkembang dengan adanya media relations di era digital akan tetapi bisa menjadi senjata makan tuan jika tidak dimanfaatkan dengan baik dan teliti, karena bisa jadi penyebaran informasi yang tidak benar bisa berkembang dengan cepat di era digital saat ini, maka itu penting sekali membangun hubungan dengan beberapa media digital saat ini untuk menghindari hal-hal tersebut, seperti proses kenapa harus ada media relations yaitu salah satu nya untuk membangun citra yang baik dan mempermudah klarifikasi issue-issue yang tidak benar dan tepat.
Media digital saat ini yang kami ketahui adalah :
1. JKT INFO
2. Kompas
3. Liputan 6
4. Indozone
5. Opini.ID
6. Narasi.tv
7. TVONE
8. Dan masih banyak lagiation di era digital saatini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H