Bersama sejumlah media, pada 23 Mei 2017 saya berkesempatan untuk mengunjungi warehouse Lazada terbaru di Cimanggis Depok. Diundang sebagai kompasianer tentu ada rasa bangga karena sudah disejajarkan dengan media mainstream umumnya. Beberapa media berkumpul terlebih dahulu di Jakarta, sedangkan saya karena lokasinya dekat rumah di Bogor memutuskan untuk langsung ke lokasi.
Di tahun ke 5 kehadirannya di Indonesia, Lazada terus menunjukan komitmennya untuk meningkatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumennya. Berbagai inovasi dan pengembangan dilakukan Lazada, salah satunya dengan memperkenalkan warehouseLazada terbaru, yaitu 4thGeneration Lazada Warehouse.
Kami disambut langsung oleh Florian Holm – CO CEO Lazada dan dalam sambutannya mengatakan “Sebagai pionir e-commerce marketplace yang memiliki manajemen logistik dan warehouse terbesar dan termodern di Indonesia, kami terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan memperbaharui teknologi dari warehouse kami. Pembangunan 4thGeneration Lazada Warehousei ni merupakan salah satu prioritas kami untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan pasar belanja online di Indonesia dan memberikan yang terbaik bagi konsumen kami.”
4thGeneration Lazada Warehouse yang terletak di kota Depok, Jawa Barat dengan luas 30.000 m2 dengan kapasitas tiga kali lebih besar dari warehouseLazada yang sebelumnya serta teknologi manajemen logistik yang tercanggih dibandingkan dengan warehouse lainnya. Kedepannya Lazada akan membangun lebih banyak warehouse dan fulfillment center untuk melayani seluruh konsumen dan seller Lazada yang tersebar di seluruh Indonesia. Warehouse di Cimanggis ini diperkirakan akan siap beroperasi penuh mendukung kampanye Ramadhan Lazada tahun ini.
Tak hanya memperkuat bisnis melalui pembangunan warehouse yang terbaru, Lazada terus meningkatkan kepeduliannya terkait isu pendidikan. Sebagai bentuk dari apresiasi Lazada terhadap konsumen dan juga komitmen Lazada untuk berkontribusi di bidang pendidikan, selama bulan Ramadhan Lazada akan menyelenggarakan program donasi #LazadaBerbagi untuk membantu proses belajar anak-anak dalam binaan Yayasan Sahabat Anak. Program #LazadaBerbagi yang akan dimulai pada 27 Mei ditujukan untuk mengajak para konsumen di seluruh Indonesia untuk turut berbagi kebahagian dengan memberikan donasi setiap pembelian di Lazada selama bulan Ramadhan.
Menurut Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, “Sejalan dengan komitmen kepedulian Lazada di bidang pendidikan, kali ini bersama Sahabat Anak, kami ingin mengajak sebanyak mungkin konsumen kami untuk turut berpartisipasi membantu adik-adik kita yang kurang beruntung. Yang paling penting sebenarnya bukan hanya jumlah donasi yang kita berikan, namun juga bagaimana kita bisa berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik bagi mereka, dan bagaimana kita bisa membawa dampak yang positif bagi lingkungan sekitarnya.”
Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini perayaan Ramadhan di Lazada akan dilakukan sebulan penuh, mulai dari tanggal 19 Mei hingga tanggal 25 Juni 2017. Selain untuk memberikan kesempatan partisipasi konsumen lebih panjang untuk berdonasi, sementara disisi lain kamu juga untuk memberikan lebih banyak lagi pilihan penawaran, diskon, voucher dan hadiah menarik berupa perjalanan umrah gratis bagi yang beruntung. Lazada juga menghadirkan fitur terbaru untuk mengisi pulsa secara online dengan potongan harga hingga 15%, halaman khusus produk Halal, flash sales harian dan diskon hingga 70% untuk semua kategori. Tidak ketinggalan berbagai interaksi baru dengan konsumen melalui video tips Ramadhan harian. Berbagai seller dan brand kenamaan juga turut berpartisipasi, antara lain: Unilever, P&G, Nestle, Samsung, Nivea, L’Oréal Paris dan lain-lain.
Melalui berbagai inisiatif dan inovasi guna pengembangan bisnis dan memperkuat kepercayaan masyarakat dalam berbelanja online di Lazada, Lazada berharap terus dapat menjadi online marketplaceyang terkuat dan terbesar dan memprioritaskan pengalaman belanja onlineyang terbaik kepada setiap pelanggan di Indonesia.
Dalam kesempatan ini kami juga sempat melakukan tour visit ke dalam warehouse yang luasnya minta ampun, seperti hanggar sebuah pesawat, malah sepertinya lebih besar lagi. Kita jadi tau proses pengiriman barang belanja online seperti apa. Mulai dari menerima pesanan barang, kemudian dilanjutkan ke para pekerja untuk mencari barang tersebut.
Maksimal setiap orang dapat mencari 5 item barang sekali order, kemudian mereka mulai mencari dengan menggunakan kode barcode, jadi bukan nama barangnya karena jumlahnya jutaan barang. Setelah mendapat semua barang mereka mengirim ke bagian pengecekan dan dimasukkan ke ban berjalan, setelah itu dilakukan packing yang rata2 dapat dilakukan dibawah 1 menit. Setelah itu dikirim ke bagian ekspedisi untuk dikirim ke pemesan. Saat ini ada juga yang langsung dikirim via Gojek. Kalo yang kita pesan selama ini hanyalah receh banget, dibanding barang-barang yang jumlahnya jutaan item.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H