Mohon tunggu...
Harris Maulana
Harris Maulana Mohon Tunggu... Insinyur - Social Media Specialist

Seseorang yang suka menulis tentang apa saja, sepanjang untuk menambah ilmu dan wawasan akan dilakoninya. Berbagai jenis pekerjaan sudah pernah dicobanya. Dengan latar belakang sarjana Planologi, memulai karir sebagai konsultan perencanaan wilayah dan kota. Lalu beralih menjadi konsultan Appraisal and Research, konsultan Property, Konsultan Digital hingga konsultan Public Relations. Sangat menikmati peran alternya sebagai blogger yang sudah membawanya ke berbagai tempat, bertemu dengan siapa saja dan satu hal yang sangat dibanggakannya bisa masuk Istana Negara dan bertemu dengan Presiden RI, karena tidak setiap orang bisa ke sana, kecuali kamu seorang teladan, tamu presiden atau tukang potong rumput istana. Pemilik akun twitter @harrismaul dan blog : www.harrismaul.com dan www.travelopedia.id

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Membedah Fitur dan Interior Datsun Go

29 Desember 2014   17:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:14 2379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setelah sukses menjalankan tantangan hemat Datsun Go (baca : Terapkan Gaya Berkendara Hemat, Datsun Go Tembus 18,9 kpl) sekarang saya akan membahas fitur dan interiornya. Fitur apa saja yang ditanamkan pada mobil dengan kapasitas mesin 1.200 cc ini? Apa kelebihan dan kekurangannya? Simak dalam tulisan berikut. Saat melihat untuk pertama kali penampakan Datsun Go nampak jelas bahwa kendaraan ini mengusung konsep mobil modern. Lampu depan sangat berpengaruh untuk mencerminkan keseluruhan penampilan kendaraan dan Datsun Go berhasil menampilkan desain yang elegan. Ditambah lagi dengan tampilan grill yang berbentuk sarang tawon dan logo Datsun Go dengan sentuhan chrom, membuat tampak muka seperti layaknya penampilan mobil-mobil mewah! Pasti orang tidak menyangka bahwa harga mobil tersebut di bawah Rp 100 Juta. Termasuk dalam paket pembelian adalah spoiler untuk roof, bagian belakang dan depan. Biasanya optional dijual terpisah. Dengan tambahan ketiga spoiler tersebut tentu menambah penampilan Datsun Go semakin modern dan dinamis. Penambahan spoiler itu juga selain menambah cantik penampilan juga membuat stabil saat berkendara untuk mengalirkan angin sehinggi tidak menghadang laju kecepatan. Bisa dilihat spoiler yang diterapkan pada mobil-mobil balap.

Selama test drive perjalanan terasa nyaman karena Datsun Go menggunakan peredam guncangan yang biasa diterapkan pada mobil mewah, sedangkan untuk suspensi depan menggunakan double pivot front arm agar mobil bergerak lincah. Memang belum teruji sih untuk jalan kurang baik, karena kemarin selama test drive menggunakan jalan raya yang mulus. Untuk rem Datsun Go mengusung ventilated disk brakes yaitu rem cakram yang berventilasi 22 mm termasuk palingbesar dikelasnya yang berfungsi mencegah rem menjadi panas jika digunakan terus menerus. [caption id="" align="aligncenter" width="420" caption="Suspensi System"]

[/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="420" caption="Ventilated Disk Brakes "]
Ventilation Brake System
Ventilation Brake System
[/caption] Datsun Go memberi pilihan empat warna yaitu silver, grey, jade dan black. Sayang sekali tidak menyediakan warna putih yang sedang trend saat ini. Mudah-mudahan untuk produksi berikutnya disediakan warna tersebut. Bagaimana dengan interior? Kita mulai dengan kursi pengemudi. Mengusung kursi yang menyatu dengan senderan kepala dan lekukan bentuk yang menyesuaikan tubuh membuat kita sebagai pengemudi tidak cepat lelah. Jujur saat mengendarai dari kantor Kompas Palmerah Selatan ke Taman Budaya Sentul seperti tidak terasa apa-apa. Bahkan ingin melanjutkan ke check point 2 ke Hotel Santika Taman Mini. Namun karena harus bergantian terpaksa digantikan oleh kompasianer lain.

Kemudian beralih kepada kemudi yang mengusung speed-sensitive electric power steering yang artinya akan terasa ringan saat kecepatan rendah dan juga saat parkir, tetapi akan terasa lebih berat saat kecepatan tinggi. Ini sangat bermanfaat ketika kecepatan tinggi jika masih mengusung power steering ringan, jika diputar sedikit akan terasa oleng, tapi jika berat tidak akan langsung bereaksi.

Head unit sudah menggunakan audio JVC untuk tipe T-active dan T option. Sedangkan untuk tipe T standar menggunakan docking station dengan menggunakan USB charging. Jadi bisa memutar koleksi lagu dari smarphone secara langsung. Lebih praktis. Suara akan keluar dari sepasang speaker yang ditanam di kedua pintu depan. Bisa ditambah juga untuk speaker di pintu belakang agar suara lebih merata.

Untuk AC sudah menggunakan standar kenyamanan dengan 3 pilihan kecepatan. Jika kondisi udara tidak terlalu panas dan malam hari cukup gunakan satu bar saja. Sudah cukup dingin dan bisa mengirit konsumsi bahan bakar. Ventilasi yang bisa diputar 360 derajat bisa mengarahkan kemana angin hendak ditujukan. Bisa juga ditutup di bagian kiri jika sedang berkendara sendiri.

Ada sedikit keunikan ketika akan mencoba perseneling dan rem tangan. Kedua menempel dalam body dashboard. Perlu penyesuaian lagi bagi kita yang terbiasa dengan perseneling yang ditanam di bawah dan rem tangan samping. Kelebihan dari sistem ini adalah ada ruangan kosong di samping pengemudi dan bermanfaat untuk menyimpan barang-barang kecil karena jok depan menyatu dengan jok samping, jadi tidak ada celah.

Untuk kabin terasa begitu luas, termasuk bagian belakang. Untuk mobil dengan mesin 1.200 cc, kabin terasa ada di mobil 1.500 cc. Kakipun tidak mentok. Untuk jok belakang bisa digunakan tiga penumpang. Jadi total 5 penumpang. AC pun masih sampai pada bagian ini. Ada beberapa kekurangan yang kami temukan saat test drive namun tidak terlalu signifikan dan bisa diatasi seperti misalnya bunyi suara dari luar yang tidak terhadang oleh sistem kedap suara bisa diatasi dengan membesarkan volume musik. Kekurangan yang ada lebih kepada downgrade atau menghilangkan item atau produk agar harga jual bisa lebih ditekan seperti tidak ada pegangan pintu di bagian atas pintu depan. Itulah kelebihan dan kekurangan yang saya temukan selama test drive. Bagaimana dengan harga?  Ada tiga tipe yang dikeluarkan untuk Datsun Go yaitu tipe T, T option dan T active. Berikut penjelasan secara rincinya.

1419824320731418947
1419824320731418947

Foto : http://www.datsun.co.id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun