ADMINISTRASI PENDIDIK DAN KETENAGA KERJAAN
Â
Harni Rospita Nababan, Helena Turnip, M Pd, Goklas Nababan.
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
harnirnababan@gmail.com, helenaturni02@gmail.com
Abstrak: Tulisan ini merupakan analisis administrasi terhadap ketenaga kerjaan. Dengan profesi sebagai guru, kualitas dan kompetensi, wujud bentuk dan gambaran dari guru. Dengan mengetahui banyak profesi guru dalam kualitas mengajarnya, maka akan di lihat seberapa layak dia dalam ketenaga kerjaannya. Tujuan di tulisnya artikel ini ialah menambah pengetahuan pembaca dalam mengetahui arti dari pendidik dan ketenaga kerjaannya yang akan dapat juga menambah wawasan si pembaca maupun si penulis karena sumber sarana pengetahuan melalui artikel ini.
Kata Kunci : Administrasi Pendidik, dan Ketenaga Kerjaan.
- PENDAHULUAN
Pendidik dan tenaga kependidikan adalah proses keseluruhan kegiatan pendidik meliputi perencanaan pengorganisasian pengarahan pelaporan pengkoordinasian pengawasan dan pembiayaan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia baik personal materiil maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Tenaga kependidikan dimulai dengan pengadaan tenaga kependidikan seperti seleksi penempatan orientasi yang tujuannya untuk mempercepat pemasaran adaptasi sehingga tenaga kependidikan baru dapat bekerja lebih dekat dan baik. Â Pendidik juga berhak mendapat kesejahteraan hidupnya seperti menerima gaji tunjangan dan penghargaan atas apa yang dia lakukan
Pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik mengajar mengarahkan melatih menilai mengevaluasi peserta didik pada Pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal pendidikan dasar pendidikan menengah. Demi tercapainya tujuan pendidikan nasional yang berkualitas mutu dan tinggi maka tenaga kependidikan  harus memenuhi administrasi sesuai dengan tempat atau jenjang sekolah pengabdiannya. Maka guru harus memperhatikan kepentingan-kepentingan sekolah ikut menyelesaikan berbagai persoalan masalah administratif agar semua kegiatan berjalan baik.Â
- KAJIAN PUSTAKA
Pengertian profesi guru
Profesi guru adalah jabatan profesional yang memiliki tugas pokok dalam proses pembelajaran tugas pokok tersebut mencakup keseluruhan unsur pendidikan dengan peserta didik yang dilaksanakan secara profesional bila persyaratan profesional tetap terpenuhi keahlian guru dalam melaksanakan tugas kependidikan diperoleh setelah menempuh pendidikan keguruan tertentu dan kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh masyarakat pada umumnya yang tidak pernah mengikuti pendidikan keguruan adapun beberapa peran yang dilakukan guru sebagai tenaga pendidik yaitu
Sebagai pekerja profesional dengan fungsi mengajar, membimbing dan melatih.
Pekerja kemanusiaan dengan fungsi dapat merealisasikan seluruh kemampuan kemanusiaan yang dimiliki,
Sebagai petugas kemasyarakatan dengan fungsi mengajar dan mendidik masyarakat untuk menjadi warga negara yang baik.
Standar kompetensi dan kualifikasi guru.
   Standar usaha administrasi harus memastikan lingkungan belajar yang aman untuk itu melakukan beberapa anggaran belanja dalam keperluan sekolah lainnya yaitu
1. Membuat program dengan kerangka kerja tata usaha sekolah
2. Mengolah data-data keuangan yang ada pada sekolah
3. Mengurus administrasi ketenagakerjaan dan juga siswa yang terdapat pada sekolah tersebut
4. Menyusun data-data administrasi dan perlengkapan atau keperluan sekolah tersebut
5. Mengkoordinasi pelaksanaan
6. Menyusun sekaligus menyajikan data-data statistik sekolah tersebut
7. Menyusun laporan pelaksanaan pada kegiatan tersebut secara berkala
8. Menyusun pengurus pada tata usaha tersebut secara berkala
9. Mengolah buku induk kepegawaian dan induk siswa melaksanakan Hubungan masyarakat menyusun RAKS bersama-sama dengan kepala sekolah tersebut
10. Mensosialisasikan kebijakan data-data kepala sekolah mengawasi penyusunan laporan dari masing-masing bagian.
Deskripsi tugas guru
Tugas guru adalah menjaga mengerahkan dan membimbing agar sesuatu mudah berkembang sesuai dengan potensi minat dan kakaknya guru sebagai motivator Dalam proses pembelajaran akan berhasil jika siswa memiliki motivasi dalam belajar Oleh sebab itu guru perlu menemukan potensi belajar siswa untuk mendapatkan hasil yang baik dan guru dituntun untuk kreatif membangkitkan motivasi belajar  siswa.
Guru sebagai penilaian peran untuk pembukaan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang dilakukan yang harus dilakukannya guru ialah mengetahui atau menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran menentukan setiap keberhasilan program yang telah dirancang oleh guru sendiri untuk mengarahkan peserta didik perlu pencapaian pendidikan dijadikan mereka menjadi manusia seutuhnya melalui teladan yang diberikan contoh semangat dan dorongan untuk menjalani baik lagi dan membimbing ke arah jalur kebenaran.
Peran guru dalam pembelajaran mengatakan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran guru mempunyai peran penting yaitu sebagai sumber belajar fasilitator pengelola pembelajar demonstrator pembimbing motivator dan penilai yang meliputi bagian dari tugas guru  yaitu sebagai berikut :
- Guru sebagai sumber belajar maka gurulah yang menjadi tempat peserta didik menggali atau mengambil pelajaran. Dalam pembelajaran seorang guru adalah sumber belajar peserta didik, jadi seorang guru harus memiliki bahan  petunjuk yang banyak daripada siswa. Guru harus melaksanakan pemetaan materi.
- Guru sebagai fasilitator sangat penting dalam pelayanan agar siswa mudah melakukan pembelajaran.
- Guru sebagai pengelola pembelajaran, guru sangat penting membuat iklim belajar lebih nyaman dalam pengelola kelas. Pengelola pembelajaran guru mempunyai 4 fungsi umum yakni: merencanakan tujuan belajar; mengorganisir berbagai sumber belajar; dan memimpin dan mengawasi.
- Guru sebagai demonstrator yaitu peran agar memperlihatkan kepada peserta didik segala hal yang dapat membuat siswa lebih paham terhadap informasi yang disampaikan .
- Guru Sebagai guru harus mampu membimbing siswanya agar dapat menentukan berbagai potensi yang dimiliki siswa tersebut sebagai bekal mereka di masa depan dan juga untuk membimbing siswanya mencapai tugas-tugas perkembangan mereka sehingga apa yang ingin mereka capai dalam tumbuh dan kembangannya sebagai manusia yang ideal.
Pengertian tenaga kependidikan
- Tenaga kependidikan yang kualitasnya menjadi guru dosen konselor pamong pandisitator pelatih serta sebutkan yang menggunakan siklon kekhususan dengan berpartisipasi perlindungan pendiri bertugas merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran menilai dampak pembelajaran melakukan pembimbingan serta pembinaan dan melakukan penelitian serta pengabdian bagi pendidik di perguruan tinggi adapun jenis-jenis ketenaga pendidikan yaitu :
- Menteri sekjen, kepala bidang dan lain-lain.
- Tenaga fungsional yang meliputi guru BP, tutor, pustakawan, pengawas dan  lain-lain
- Tenaga teknis yang meliputi laporan, pelatih, dll
Standar tugas tenaga administrasi sekolah.
Tugas administrasi sekolah harus memastikan lingkungan belajar aman konduktif produktif bagi siswa yang berada di tempat tersebut dengan mengelola sarana dan prasarana sekolah dengan menjadwalkan program yang menunjang kebersihan sekolah mengatur anggaran belanja dan keperluan sekolah lainnya adapun tugas tenaga administrasi sekolah yaitu
- Membuat kerangka program kerja tata usaha sekolah
- Mengelola data keuangan sekolah
- Mengurus administrasi ketenagakerjaan dan juga siswa
- Menyusun data administrasi perlengkapan sekolah
- Menyusun sekaligus menyajikan data statistic sekolah
- Mengkoordinasikan pelaksanaan 7
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala
- Menyusun pengurus tata usaha secara berkala
- Mengelola buku induk pegawai dan siswa
- Melaksanakan hubungan masyarakat
- Menyusun RAKS bersama dengan kepala sekolah
- Mensosialisasikan kebijakan-kebijakan kepala sekolah
- Mengawasi penyusunan laporan periodic dari masing-masing divisi/bagian
- Â
Standar dan tugas tenaga Laboran
- Standar dan tugas tenaga laboran yaitu terdapat 4 yang harus dilakukan atau tugas yang perlu dilakukan yaitu
- Mendata alat dan bahan yang terdiri dari
- mencatat bahannya
- mencatat penggunaan bahan
- melaporkan penggunaan bahan dan
- mencatat alat-alat apa saja yang harus dipakai
- Mencatat kegiatan praktikum yaitu
- mencatat kehadiran guru
- mencatat penggunaan alatnya
- mencatat penggunaan penuntunnya
- mencatat apa saja kerusakan alat tersebut dan
- melaporkan keseluruhan kegiatan praktikum
- laboratorium dengan menata ruangan tersebut
- menjaga kebersihan
- mengamankan ruangan dan
- menjaga kebersihan
- Melayani kegiatan praktikum dengan menyiapkan bahan sesuai dengan penuntun
- Menyiapkan peralatannya melayani guru dan peserta didik
- Menyiapkan kelengkapan pendukung praktikum dan
- Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.
- METODE
- Metode yang dilakukan dalam penelitian ini, pertama yaitu dengan memahami bagian dan bentuk dari tenaga kependidikan. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan : Â Observasi adalah proses pencatatan pola perilaku subyek (orang), obyek (benda) atau kejadian yang sistematik tanpa adanya pertanyaan atau komunikasi dengan individu-individu yang diteliti. Dalam penelitini ini, peneliti melakukan pengamatan secara langsung dalam proses kegiatan.
- Â
- HASIL DAN PEMBAHASAN
- Administrasi Pendidik dan Tenaga Pendidik
- Pendidik merupakan tenaga profesional yang tugasnya merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran menilai hasil pembelajaran melaksanakan bimbingan dan pelatihan dan melakukan penelitian serta mengabdi kepada masyarakat terkhusus bagi pendidik pada perguruan tinggi. Kualitas dari tenaga pendidik baik guru dosen pamong belajar tutor fasilitator konselor ini adalah kekhususan yang ikut serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
- Sedangkan pendidik merupakan tenaga pendidik yang merencanakan pembelajaran melaksanakan pembelajaran menilai hasil pembelajaran membimbing melatih meneliti mengabdi kepada masyarakat Dosen dan lain-lain Tenaga kependidikan yaitu Anggota masyarakat yang mengabdi untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan yang merupakan tenaga yang bertugas merencanakan dan melaksanakan administrasi pengelolaan pengembangan pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada saat pendidikan.
- Tugas guru adalah mengarahkan serta membimbing siswa agar berkembang sesuai dengan  pengetahuan dan bakatnya.  Guru sebagai motivator, proses belajar akan berhasil jika  siswa memiliki motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru harus mengembangkan potensi belajar siswa. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa.
-    Guru sebagai penilai berperan untuk menyatukan data dan informasi tentang keberhasilan belajaran yang telah dilaksanakan . Dengan melaksankan penilaian, guru akan mengetahui atau menentukan keberhasilan siswa untuk  mencapai tujuan pembelajaran. Dan juga guru dapat menentukan keberhasilan setiap program-program yang telah direncanakan oleh guru itu sendiri. Guru juga berperan sebagai pengganti orang tua di sekolah yang tugasnya mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan dan mengubah  mereka menjadi manusia seutuhnya melalui teladan yang bisa dicontoh, semangat atau dorongan untuk menjadi lebih baik dan bimbingan atau arahan agar selalu pada jalur kebenaran dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Guru mempunyai beban atau tugas untuk menumbuhkan kemampuan peseta didik agar dapat meningkatkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, seperti tujuan pendidikan.
- KESIMPULAN
Administrasi pendidik dan tenaga kependidikan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan bangsa dan sangat berkaitan yang tidak dapat terpisahkan tugas pendidik dapat membantu peserta didik agar mampu melakukan adaptasi terhadap diri dari berbagai tantangan kehidupannya sedangkan peran pendidik adalah sebagai pemimpin dan pelaksanaan pendidik dalam suatu masyarakat dan sekaligus anggota masyarakat tugas guru dan tenaga pendidik adalah serangkai instruksi yang dilakukan mengenai proses penyelenggaraan aktivitas dimana dan Oleh siapa dilakukan.
Adapun yang dimaksud sebagai tugas guru yaitu adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada penilaian anak usia dini jalur formal dasar dan menengah kependidikan ini juga adalah sumber daya manusia di sekolah yang tidak terlihat langsung dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya tapi berperan dalam kelancaran pembelajaran administrasi di sekolah. Pelaksanaan tugas dan tenaga kerja kependidikan merupakan prosedur operasional standar yang dijalankan dalam organisasi menggunakan keputusan dan tindakan dengan tenaga kependidikan berjalan secara efisien dan efektif.
- Daftar PustakaÂ
Aedi, N. 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta:
GosyenPublising.
Buku Rugaiyah dan Atiek Sismiati (2011) "ProfesiKependidikan". Bogor: Ghalia Indonesia. Isinya mengenai ruang lingkup profesi tenaga kependidikan. Digunakan sebagai referensi pendukung teori penelitian.
Pemerintah republic indonesia UU No.14 Tahun2005 Tentang Guru dan Dosen, wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmanu dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan Pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan nasioanl48(9), 800
Afriansyah, H. (2019). Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. padang: osf.io
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H