Konten marketing, bila dilakukan secara tepat, dan pakai strategi yang pas, yakni dengan perpaduan konten berkualitas dengan funnel sistem atau marketing journey.Dipercaya dapat menjadi alat yang ampuh dalam  promosi Anda. Baik untuk Branding atau Peningkatan Penjualan. Anda boleh bandingkan apakah akan lebih baik memakai Iklan atau Konten Marketing dalam promosi anda.
Konten Marketing bukan hanya tentang membuat kata kunci yang sarat SEO, dan kemudian berharap untuk penjualan jadi meledak? Ini tentang merangkai, membangun kepercayaan, menarik perhatian audiens, Â dan secara organik membimbing branda (pencinta brand anda) menuju produk Anda sebagai solusi terhadap kebutuhan branda.
Apa itu "Content is King?" Apa itu  Konten berkualitas. Konten sendiri memiliki beragam jenis, baik bentuk dan platformnya. Wujutnya bisa opini, liputan, surat, infografis, liputan, ulasan, interview baik dalam bentu tulisan atau video dll. Konten tentu harus orisinal dan menarik. Konten berisikan hal-hal yang bermanfaat dengan  insisght baru atau berbeda, yang unik, memberikan solusi, edukasi dan menghibur serta memberikan atau menjanjikan harapan atau impian bagi pembacanya.
Ya...konten marketing adalah kekuatan yang perlu dimanfaatkan  dalam lanskap pemasaran saat ini. Dengan menawarkan konten yang berharga, informatif, menarik dan menghibur, mampu memberikan harapan, mewujutkan impian. Percayalah  pada ujungnya, ia akan mampu mengubah calon pelanggan menjadi pendukung setia brand.Â
Itulah kenapa  Konten Marketing jadi penting. Itulah mengapa SEO jadi perhatian?  Karena konten ramah SEO seperti MERCUSUAR, memandu mesin pencari (dan calon pelanggan) ke depan pintu Anda.Â
Dengan memasukkan kata kunci yang relevan dan mengoptimalkan struktur konten, Anda meningkatkan peluang untuk muncul di bagian teratas hasil mesin pencarian, mengarahkan lalu lintas organik ke situs brand dan Anda. Mereka betul betul datang untuk menemui anda. jangkauan Anda terbula lebar.
Pasang Iklan atau Pakai Konten Marketing?
Meski jenisnya beragam, tapi memilih media promosi tidak bisa sembarangan. Anda harus mempersiapkannya dengan matang agar kegiatan promosi dan medianya berjalan sejalan dan efektif. Apakah anda akan memilih pasang Iklan atau Pakai Konten Marketing? Karena itu. Lakukan analisis pasar untuk menemukan pasar yang sesuai dengan segmentasi bisnis Anda.
Memilih lokasi memasang media promosi yang sesuai dengan target pasar. Misalnya targetnya adalah ibu-ibu, maka media promosi bisa dipasang di pasar modern atau supermarket. Sedangkan target pasar anak muda bisa dipasang di kampus-kampus. Apakah anda mau coba? Membuat kegiatan promosi seperti diskon atau cashback yang berpotensi menarik lebih banyak konsumen.
Untuk konsumen setia, bisa membuat program loyalty point atau hadiah voucher belanja khusus.Setelah semua jelas, anda coba dahulu. Baru kemudian pilih yang sesuai dengan Brand Anda.
Soal beriklan sebenarnya nggak ada yang berubah. Yang berbeda hanya medianya. Polanya sama. Ada baliho atau papan reklame, di sana terpampang gambar produk dan nomor Hp atau Telepon. Kalau ada yang tertarik tentu akan menghubungi nomor HP tersebut untuk mencari info lebih lanjut. Umumnya mereka akan mendapatkan Brosur dst.dst.Â
Dalam Konten Marketing juga sama ada Foto atau Konten yang menarik. Kalau foto atau konten ini di Klik maka anda akan dibawa ke "funnel sistem" ke website yang menjelaskan secara baik dan menyenangkan  terkait produk tsb. Penjelasannya sungguh memikat, ibarat seorang ahli yang menjelaskan semuanya. Bisa diduga, dengan membaca ini saja. Seorang calon kastamer sudah yakin bahawa produk inilah yang dia cari. Dia juga percaya bahwa perusahaan inilah yang bisa diandalkan untuk kualitas produk tersebut. Ya sesederhana itu. Ya sesimpel itu.
Kalau anda beriklan ya bisa dimengerti. Selama anda beriklan tentu banyak pengunjung yang datang. Banyak traffic yang muncul. Tetapi sekali iklan anda berhenti? Ya nggak ada lagi pengunjung. Beda dengan Konten Marketing. Foto atau konten anda tetap dicari orang, dan mereka terus saja mencari Brand anda.
Masyarakat mendambakan informasi dan solusi yang jelas. Dengan konten yang memenuhi kebutuhan, minat, harapan, Â dan pemecahan permasalahan. Â Anda menjadi sumber daya tepercaya. Bayangkan artikel informatif, infografis menawan, atau video menghibur yang memberikan harapan. Memperlihatkan impian jadi nyata, mereka pasti mengapresiasi, mereka pasti mencari anda. Â Branda akan tertarik, ingin mempelajari lebih lanjut, dan pasti lebih cenderung mempertimbangkan produk atau layanan Anda.
Tidak seperti periklanan tradisional, konten marketing tidak mengganggu dengan pesan-pesan atau iklan yang dipaksakan. Sebaliknya, hal ini menciptakan konten berharga yang dicari orang karena memberikan informasi, menghibur, atau memecahkan masalah dengan impian logis dan nyata bagi branda. Ini membangun kepercayaan dan hubungan positif antara Anda dan branda.
Kegembiraan Menjadi Pakar Pemasaran. Belajarlah Dari Konten Marketing
Kehidupan seorang pakar pemasaran bisa sangat beragam dan bermanfaat, menawarkan perpaduan unik antara kreativitas, tantangan, dan kepuasan. Berikut beberapa kegembiraan yang mungkin Anda alami:
Kreativitas dan pemecahan masalah. Â Anda akan terus-menerus melakukan brainstorming ide-ide baru, menyusun narasi yang menarik, dan bereksperimen dengan pendekatan inovatif untuk menjangkau audiens target Anda. Ini seperti memecahkan teka-teki setiap hari, menggunakan kreativitas Anda untuk terhubung dengan orang lain dan mendorong hasil.
Dampak dan pengaruh. Kampanye pemasaran yang sukses dapat memberikan dampak nyata terhadap kesuksesan perusahaan, dan pakar pemasaran memainkan peran penting dalam mencapai hal tersebut. Melihat pekerjaan Anda diterjemahkan ke dalam peningkatan kesadaran merek, keterlibatan, atau penjualan bisa sangat memotivasi.
Lanskap pemasaran terus berkembang, sehingga Anda tidak akan pernah bosan. Anda akan terus mengikuti tren baru, mempelajari keterampilan baru, dan menyesuaikan pendekatan Anda dengan berbagai industri, produk, dan audiens.
Pemasaran jarang dilakukan sendirian. Anda akan bekerja dengan desainer, penulis, analis data, dan profesional lainnya untuk mewujudkan ide Anda, menumbuhkan rasa kebersamaan dan pencapaian bersama.
 Sebagai pakar pemasaran, Anda akan menguasai seni berkomunikasi secara efektif dengan audiens yang berbeda, menyesuaikan pesan Anda agar beresonansi dan menginspirasi tindakan. Keterampilan ini dapat bermanfaat baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H