Mohon tunggu...
Hariratuz Zulfa
Hariratuz Zulfa Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang penggemar drama korea

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Artikel Aksi Nyata Modul 3.3 Guru Penggerak

16 Juli 2022   05:10 Diperbarui: 16 Juli 2022   05:46 1989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

AKSI NYATA MODUL 3.3

Oleh

HARIRATUZ ZULFA, CGP Angkatan 4 Kelas 117-B dari SMAN 1 Rejotangan

Kabupaten Tulungagung

Fact (Peristiwa)

Salah satu Visi Sekolah SMA Negeri 1 Rejotangan adalah mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, mandiri kreatif dan inovatif. Untuk meraih visi tersebut dirancanglah sebuah program yang mampu mendukung tercapainya visi sekolah. Praktik kegiatan aksi nyata yang telah saya lakukan di kelas dengan melaksanakan program BerSeMANGAT khususnya sesuai dengan mapel yang saya ampu yaitu matematika.

Kegiatan diawali dengan siswa melaksanakan kegiatan literasi matematika dengan topik sejarah matematika, ilmuwan matematika, dan manfaat matematika dalam kehidupan. Pada elemen Beriman siswa menemukan begitu banyak keterkaitan ayat dalam kitab suci Al-quran dengan ilmu matematika serta kisah Rasulullah sebagai pedagang yang tentunya tidak terlepas dari ilmu matematika. Sehat tercermin dengan semakin sering kita berpikir dan berlatih soal matematika akan semakin melatih keterampilan kinerja otak. Mandiri tercermin dari siswa yang menyelesaikan soal matematika sesuai dengan pemahaman yang dimiliki. Antusias saat mereka berebut ingin menyampaikan kaitan matematika dalam kehidupan. Nasionalisme tercermin dalam nilai-nilai luhur matematika yaitu kejujuran dan keselarasan. Pada materi induksi matematika kita diarahkan untuk tidak melakukan manipulasi data untuk mencari kebenaran. Gotong-royong tercermin saat siswa saling berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada elemen Aktif dan Terampil tercermin saat siswa mencari sumber materi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Hasil dari program ini mampu membuat siswa memahami pentingnya ilmu dan keterkaitan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadikan manusia yang mensyukuri segala nikmat yang diciptakan dan diberikan Tuhan.

Feelings

Saya merasa sangat bangga dan senang dengan apa yang murid lakukan karena mereka sudah mampu mengembangkan keterampilan berpikirnya khususnya dalam mengaitkan ilmu matematika dengan program BereMANGAT. Saya juga semakin ingin berinovasi dengan mengembangkan program ini terlebih melihat betapa antusiasnya siswa di kelas. Karakter Profil Pelajar Pancasila yang muncul dalam Proyek ini adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong-royong, bernalar kritis dan kreatif.

Perasaan saat merencanakan aksi nyata ini program yang berdampak pada murid ini adalah merasa tertantang karena program ini harus menekankan pada aspek dampak langsung pada diri siswa misalnya kepedulian aspek lain, literasi, keimanan, kedispilinan,dan aspek lainnya yaitu kemampuan kepemimpinan bisa menjadi bekal siswa untuk kehidupan yang lebih baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Perasaan saat program ini terlaksana sangat bahagia dan juga optimis dengan pencapaian keberhasilannya.

Findings

Pembelajaran yang di dapatkan dari aksi nyata adalah terwujudnya kepemimpinan murid dalam literasi untuk meningkatan minat bakat serta jiwa kepemimpinan, terwujudnya karakter siswa yang memiliki pengetahuan dan menjadi siswa yang berani tampil dan mengekspresikan bakat maupun potensinya yang dimilikinyam sehingga pada akhirnya besar harapan saya bahwa program ini akan bisa mewujudkan siswa dengan Profil Pelajar Pancasila.

Dari aksi nyata ini saya mendapatkan banyak pelajaran penting, yaitu bagaimana saya menyusun dan mengelola sebuah program yang berdampak pada murid dengan pemetaan aset model BAGJA. Selain itu saya menyadari pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk suksesnya program ini. Saya juga belajar bahwa peran guru tidak terbatas pada pembelajaran di dalam kelas saja namun harus peduli dan ikut terlibat dalam mengelola program yang berdampak pada murid. Terdapat inovasi dalam praktik aksi nyata saya ini, dimana dalam aksi nyata ini saya lebih memfokuskan langsung pada mata pelajaran saya.

Future

Dalam penerapan kedepan, saya akan mencoba menjalankan program ini secara konsisten dan keberlanjutan. Saya juga berharap untuk menerapkanya di semua kelas dengan berbagai mapel serta terus berkolaborasi bersama seluruh warga sekolah dan berinovasi untuk mengembangkan progam. Hasil dari program ini semakin membuat siswa lebih bahagia, semangat, nyaman dan aman di kelas serta semakin memantapkan pengetahuan murid akan pentingnya dan manfaat besar yang diperoleh dengan belajar berbagai  ilmu pengetahuan.

Dokumentasi Kegiatan

Saat siswa sedang melakukan kegiatan membaca, berkelompok, dan berdiskusi

    

whatsapp-image-2022-07-15-at-14-58-08-62d1e4c3ce96e5776d2d9733.jpeg
whatsapp-image-2022-07-15-at-14-58-08-62d1e4c3ce96e5776d2d9733.jpeg
 
whatsapp-image-2022-07-15-at-14-57-47-1-62d1e4d4ce96e52cc83a2342.jpeg
whatsapp-image-2022-07-15-at-14-57-47-1-62d1e4d4ce96e52cc83a2342.jpeg
  • Saat siswa antusias untuk mengeluarkan pendapat tentang manfaat ilmu matematika

whatsapp-image-2022-07-15-at-14-57-48-62d1e4e76e7f010b93157c32.jpeg
whatsapp-image-2022-07-15-at-14-57-48-62d1e4e76e7f010b93157c32.jpeg
whatsapp-image-2022-02-11-at-19-46-20-62d1e542ce96e5273a3c63b2.jpeg
whatsapp-image-2022-02-11-at-19-46-20-62d1e542ce96e5273a3c63b2.jpeg
Link video siswa mampu mengaitkan matematika dengan agama dan keimanan

https://drive.google.com/file/d/1ivVzjEMrDXEJrE9QePFWpGriDWTvM28G/view?usp=sharing

Link video saat siswa mampu mengaitkan matematika dengan jiwa nasionalisme

https://drive.google.com/file/d/1irYBf8cVJbnFfA_PfGcgzrxAF_rKEqXW/view?usp=sharing

Link video saat siswa mampu mengaitkan matematika dengan perkembangan teknologi

https://drive.google.com/file/d/1jI-HMkh_UMqjdI5a660M9xCUQ6mj5GzJ/view?usp=sharing

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun