Mohon tunggu...
Hardiansyah Tanjung
Hardiansyah Tanjung Mohon Tunggu... Human Resources - Wiraswasta

Hanya Bernama Hardiansyah Tanjung, Untuk saat ini bekerja freelance menulis di beberapa website atau melakukan penelitian di program

Selanjutnya

Tutup

Worklife

#JNE33TAHUN dan Kurir sebagai Pilar Utama

21 Juli 2024   17:33 Diperbarui: 21 Juli 2024   17:37 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber. ANTARA/INDRAYADI TH)

saya memiliki tiga teman yang bekerja sebagai kurir atau shipper di perusahaan Ekspedisi barang terbesar yaitu  #JNE,  ketika itu  kami menyewa rumah kontrakan  kecil di kota medan ber-empat dengan saya, ya memang kami baru saja menyelesaikan studi sarjana kami di kampus yang berbeda-beda di kota medan. mereka pernah menyampaikan bahwa mereka bekerja sebagai kurir hanya sebagai batu lompatan sembari mereka mencari pekerjaan yang mereka inginkan atau harapkan, ya walau akhirnya dari tahun 2021 sampai 2023 mereka masih bekerja sebagai kurir di perusahaan #JNE,saat ini walau sudah tidak bersama lagi kami masih berkomunikasi dan mereka masih bekerja di perusahaan #JNE walau sudah tidak sebagai kurir dan bahkan salah satu nya teman saya telah menikah 

pada tanggal 15 juli 2024 saya mendapatkan informasi bahwa #JNE sudah menjalani ke 33 tahun nya, dan yang menarik #JNE melaksanakan #JNE Content Competition 2024 dengan mengusung  tema "Gas terus semangat kreativisnya", saya langsung teringat pada teman saya di kala itu, namun saya tidak hendak membahas ketiga teman saya tersebut, tapi sesuai dengan tema yang di usung dan berkaitan dengan energi, semangat, maju dan inovasi dalam konteks kurir dengan mengambil sampel dari ketiga teman saya tersebut, dan cerita yang terkait ialah yang terjadi di kota medan yang secara langsung di alami teman saya atau rekan kerja mereka sebagai kurir

saya setelah membaca persyaratan bahwa tulisan mesti pernah di tayangkan di platform atau website maka saya coba mencari tulisan yang dari peserta lain yang sudah di tayangkan di platform atau website, kita wajib mengakui perusahaan #JNE memiliki sistem dan manajemen perusahaan yang baik, wajar saja hingga menginjak di umur 33 tahun ini #JNE masih berdiri kokoh di indonesia

disini saya hendak menyampaikan bahwa peran pekerja sebagai kurir tidaklah kalah pentingnya, coba kita bayangkan saja dalam perjalanan yang sudah berkilo-kilo meter di tempuh mereka tetap sanggup menerapkan tiga S (Senyum,sapa,salam). belum lagi menghadapi cuaca tak menentu seperti terik matahari atau hujan yang tiba-tiba,  yang terakhir tantangan di lapangan dengan customer yang terkadang menjengkelkan, dan mereka dapat mengantarkan barang/logistik/paket sesuai jadwal lalu kembali ke stasiun/kantor masing-masing dengan senyum. saya tidak coba melebihkan bahwa dapat saya katakan bahwa ujung tombak dari sebuah perusahaan jasa  ekspedisi barang seperti #JNE ialah para mas/bapak bahkan ibuk/mbak kurir, tulisan ini saya persembahkan untuk bapak/mas atau mbak/ibu yang bekerja sebagai kurir di #JNE berjuang mencari nafkah terkhusus ketiga teman saya

KILAS CERITA KURIR

dalam perlombaan ini kita di minta memberikan hastag #gasterussemangatkreativisnya, jelas saya mau katakan bahwa kurir perihal semangat dan kreativitas jangan di ragukan lagi. teman yang saya ceritakan sebelumnya mereka menyampaikan bahwa kurir memiliki pola kordinasi di dalam tim dalam memberikan informasi dan langkah taktis, dan sistem kordinasi itu terbentuk secara ilmiah, coba saya kita pikirkan mereka yang berlatar belakang yang berbeda-beda, jelas ini salah satu kreativitas yang mereka miliki, kepuasan para customer setelah mengantarkan barang adalah hal yang paling mereka senangi, sederhananya ialah barang di antar dan sampai dan customer terima itu ada bentuk kepuasan tersendiri bagi pekerja kurir

tak jarang ada beberapa customer memilki kurir kepercayaan atau langgananya, hal ini membuktikan bahwa kurir adalah sahabat bagi customer, ya walau pun ada beberapa kasus yang customer nya sangat menjengkelkan bagi kurir,salah satu teman saya bercerita bahwa dia memilki rekan kerja kurir yang sampai menikah dengan customer langganan, ada juga yang sampai berteman baik bagai keluarga, bekerja sebagai kurir memiliki cerita uniknya masing-masing. ada cerita menarik lainya, bahwa teman saya bercerita bahwa dia pernah mengantarkan barang ke alamat yang ternyata adalah pemakaman umum,

mereka sesama yang bekerja sebagai kurir bahkan berbeda perusahaan sering berbagi #Connectinghappines, dalam satu cerita bahwa mereka dapat saling membantu di lapangan, teman saya bercerita bahwa satu hari ketika hendak menuju tujuan tempat customer motor yang di kendarai ternyata mogok,tanpa di sengaja bertemu dengan kurir perushaan lain dan membantu dengan mendorong sampai ke tempat perbaikan motor( Bengkel)

MEMAHAMI APA ITU KURIR

Tapi mari kita coba menelisik apa sebenarnya kurir itu sebenarnya,menurut union logistic adalah pelaku utama dalam sebuah jasa ekspedisi atau-pun juga pengiriman. Ini merupakan satu profesi yang akan mengantarkan barang ke alamat tujuan, dan dengan begitu memang erat hubungannya dengan bisnis online, nah menurut union logistic tanggung jawab kurir ialah

1.Mengantarkan barang ke alamat tujuan

2.memastikan barang dalam keadaan baik

3.memastikan penerima sesuai tujuan

4.Menerima COD

Begitu lah penjelasan kurir dalam pandangan umum yang kita ketahui, tabassum dan ahmed (2014)  membagi dua kriteria kurir ialah modal courier service dan other courier service

1.Modal courier service

Layanan ini adalah layanan yang melibatkan transportasi dan layanan pengantaran barang. Tujuannya bisa dalam dan luar negeri, bentuknya bisa parcel atau bingkisan yang dibawakan oleh kurir dalam 1 atau lebih transport. 

2.Other Courier Service

Pengertian dari istilah ini adalah layanan pengiriman barang yang menggunakan truk atau layanan transfer tanpa adanya pergudangan

#JNE33TAHUN dan kurir

Presiden direktur #JNE Muhammad feriadi di kutip dari kumparan bisnis (20/Nov/2020) menyampaikan bahwa karyawan #JNE 50.000 orang dan 50% nya adalah sebagai kurir dengan sebaran 54 cabang di kota/kab,dari sini kita mesti apresiasi bahwa #JNE menyerap tenaga kerja yang sangat tinggi, di tengah melambungnya angka pengangguran di indonesia yang pada tahun 2024 di kutip dari badan pusat statistik 7.2 juta, pekerjaan sebagai kurir Berdasarkan data analisis dari Survei Ekonomi 2016 mengenai usaha jasa aktivitas pos dan kurir modern yang dilakukan BPS, persebaran usaha semacam itu mayoritas berada di Pulau Jawa, yaitu mencapai sekitar 66,27% dengan serapan tenaga kerja mencapai 70,02%. Sementara itu, di luar Jawa hanya sekitar 33,73% dengan serapan tenaga kerja kurang dari 30% , dengan angka sebesar dapat kita pastikan bahwa perusahaan jasa barang seperti #JNE salah satu penopang pemutus mata rantai pengangguran di indonesia

memang ada beberapa orang yang menganggap bahwa pekerjaan sebagai kurir sebagai batu lompatan sementar, terlepas itu semua kita semua mesti mendorong bahwa kita mesti memerhatikan pekerjaan kurir dalam perspektif kesejahteraannya, memberikan hak hak nya, mengatur sistem kerja yang normal, pekerjaan kurir sangatlah beresiko seperti kecelakaan lalu lintas, kekerasan dan lainya, saya berharap pelatihan dan pemerhati pekerjaan lebih melihat lebih jauh pekerja kurir

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun