Â
Sebagian yang anda pahami, di kota-kota besar sangat rawan sekali dengan yang namanya kemacetan, maka jalan alternatifnya adalah menggunakan sepeda motor. Kita ketahui bahwa bayak sekali perusahaan otomotif khususnya motor roda dua berlomba-lomba menghadirkan produk-produk unggulan.
Pertumbuhan konsumen sepeda motor sangat meningkat luar biasa. Sebuah perusahaan atau organisasi pasti melakukan suatu strategi pemasaran sebagai salah satu cara untuk membantu terjualnya suatu produk maupun jasa. Salah satu perusahaan di Indonesia yang menggunakan strategi pemasaran yaitu PT. Astra Honda Motor (AHM).
Siapa yang tidak tahu raksasa otomotif dari Jepang ini, Honda Motor Company Limited Jepang dan PT Astra International Tbk. Indonesia melakukan sebuah kerja sama yang baik antara system manajemen Astra yang baik dibarengi dengan teknologi tinggi Honda yang membuat AHM menjadi perusahaan besar di pasar sepeda motor Indonesia.
Yang membuat PT ASTRA HONDA MOTOR merajai pasar motor Indonesia adalah mereka mempunyai 3 fasilitas pabrik yang dimana pabrik perakitan menggunakan fasilitas sesuai dengan yang ada di Jepang yang menggunakan teknologi yang muktahir dan keunggulan teknologi motor Honda sangat diakui seluruh dunia bahkan telah dibuktikan dalam berbagai macam kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun ingin mengurangi pemakaian bahan bakar dengan mengembangkan teknologi berbasis irit bahan bakar dan mesin yang "bandel".
Selain keunggulan yang ditawarkan motor Honda, kita pun dibuat penasaran apa kunci sukses yang dapat mengambil target pasar Indonesia. Honda yang diketuai oleh pendirinya Fujisawa ini menjalankan strategi pemasaran sepeda motor menggunakan beberapa cara, yang dimana cara itu membuat produk sepeda motor Honda semakin solid di Indonesia diantaranya:
1. Brand
Dengan mempromosikan brandnya dan menciptakan inovasi-inovasi terbaru, Honda selalu dinanti oleh banyak orang.
2. Promosi
Honda selalu bisa mengambil hati konsumenya dengan promosi melalui media internet, cetak, langsung, maupun melalui televisi. Sederet artis papan atas pun pernah membintangi promosi motor Honda ini, sebut saja artis cantik Agnes Monica, presenter ganteng Daniel Mananta, dan grup Band Nidji.
3. Hadiah
Cara berpromosi Honda yang membuat konsumen selalu senang adalah Honda memberikan hadiah kepada konsumenya berupa helm dan hadiah lainya.
4. Donator beberpa acara
Sebaga bentuk kepedulian Honda, Honda juga sering menjadi donatur beberapa acara tertentu dan ini merupan cara promosi yang pintar untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumennya.
Dengan 4 aspek tersebut tidak heran Honda menjadi salah satu merk motor ternama dan berkualitas terbaik di Indonesia. Banyak orang yang masih memilih Honda dibanding merk motor ternama lainnya. Dengan mottonya "One Heart" Honda selalu menjadi satu hati dengan masyarakat Indonesia.
referensi
https://hendikam.wordpress.com/2015/04/22/strategi-pemasaran-sepeda-motor-honda/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H