Bila kita bahas tentang bisnis, penjualan merupakan target utama dari sebuah bisnis. bisa dikatakan berkembang jika suatu bisnis mengalami peningkatan penjualan secara signifikan. Tentunya suatu goal besar tidak bisa diperoleh kalau kita penggeraknya hanya menunggu calon pembeli saja.
langkah tepat dan agresif perlu secara kontinyu dilakukan agar mendapat goal penjualan, ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkah laku konsumen, sebagai pengendali bisnis kita harus pandai membawa dan menggiring calon konsumen agar puas dan nyaman dengan produk kita.
kita bahas lebih jauh 5 langkah Sukses memulai Bisnis kuliner mulai dari nol
- pelayanan yang terbaik
Adanya Pelayanan Prima yang memuaskan berguna untuk menjalin hubungan baik antara pelaku usaha dengan pelanggan, sehingga menciptakan kedekatan antara pelanggan dan pelaku usaha. Pelayanan prima perlu diperhatikan bagi setiap usaha khususnya untuk perusahaan. Agar perusahaan tidak kehilangan pelanggan, diperlukan upaya untuk selalu memberikan Pelayanan Prima dan maksimal.
- Menjaga kualitas dan kebersihan
hal lain yang harus diperhatikan selain pelayanan terbaik, kamu juga harus memperhatikan kualitas produk dan kebersihan terlebih jika produkmu adalah makanan. Pelanggan akan lebih nyaman jika produk yang dibeli bersih, tampilannya menarik dn higienis. Maka dari itu perlu kamu tingkatkan keterampilan bagaimana menjaga kualitas dan kebersihan produk.
- Penyampaian produk yang menarik
Penyampaian produk adalah bagaiaman kita mengenalkan, memperlihatkan produk kita ke konsumen. penyampaian yang baik dan dapat membuat pelanggan percaya adalah nlai penting, beberapa element yang tergabung dalam point ini adalah
- Judul yang singkat, padat dan jelas
Judul sebuah produk haruslah singkat, padat, dan jelas. selain itu judul haruslah menggunakan kata yang menarik dan berkesan di mata konsumen. Dalam element judul produk, kamu bisa menambahkan brand-mu agar pelanggan terus ingat.
Contoh judul yang kurang efektif : "Ayam bakar" "Nasi Kuning"
Contoh judul yang efektif : "Ayam bakar bumbu kecap bunda"
- Deskripsi yang jelas
Deskripsi produk merupakan element penting yang harus kamu maksimalkan, produk yang tanpa desskripsi atau deskripsinya kurang akan mengurangi minat konsumen untuk membeli.
Berikan judul secara jelas dan lengkap dalam setiap menu mulai dari keterangan produk, komposisi, kelebihan, dll.
Contoh penulisan deskripsi yang kurang tepat : Ayam bakar bumbu pedas
Contoh penulisan deskripsi yang tepat :Â
Kelezatan ayam bakar dengan aroma bakaran kuat dipadukan dengan bumbu pedas sambal ijo bikin ngiler.
Dalam satu porsi anda sudah mendapatan paket komplite
- Nasi
- Ayam Bakar
- Sambel ijo
- Lalapan
- Air minum
Setiap akhir bulan kami selalu adakan promo diskon 10% untuk pelanggan setia kami, jangan lupa ikuti terus toko kami agar kamu memiliki kesempatan diskon dari toko kami.
- Gambar yang menarik
Pilih gambar yang menurutmu paling menarik untuk produkmu. karena menurut survei, 80% -- 90% calon konsumen membeli karena mereka melihat gambar yang menarik dan sesuai ekspektasi. kamu harus sajikan gambar semenarik mungkin yang menggambarkan produkmu.
- Strategi promo mandiriÂ
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaring calon konsumen, selain ikut kampanye marketplace, kamu juga bisa menyaring pelanggan menggunakan promosi mandiri. apa sih promosi mandiri itu? promosi mandiri ialah kegiatan marketing yang kamu lakukan dengan tujuan mengenalkan, menyakinkan, dan membuat mereka membeli produk kamu.Â
manfaatkan media sosial, jaringan keluarga, teman, dan kelompok lain yang potensial. misalkan kamu sudah mengenalkan produkmu ke 10 orang dan salah satu diantara mereka membeli 1 porsi. jika kamu ingin lakukan penjualan sebanyak 10 porsi, maka hal yang harus kamu lakukan ialah mengenalkan kepada minimal 100 orang.
semakin banyak orang yang kamu kenalkan, semakin besar pula kesempatanmu untuk mendapatkan pelanggan.
- Tawaran harga yang bersaing
Ingat "Jangan patok harga terlalu tinggi dan jangan patok harga terllau rendah". Harga yang terlalu tinggi akan membuat produkmu sulit dibeli dan apabila hargamu terlalu rendah akan berbahaya terhadap bisnimu.
kenali kompetitormu soal harga, misalkan harga kompetitormu dari sebuah produk adalah 10.000 kamu bisa memasang harga 9500. apabila tidak memungkinkan, kamu bisa menyamakan harga produk dengan kompetitor dengan catatan kamu harus berikan kelebihan kepada konsumen, sebagai contoh memberikan free snack, minuman, atau hal lain yang dapat membuat konsumen wow.
Sekarang kamu sudah tau kunci jualan laris, selanjutnya kamu bisa aplikasikan cara ini untuk mengembangkan tokomu di Mudah Deal.
Nah mungkin beberapa tips diatas bisa anda terapkan untuk membangun toko baru sampai mencapai 1000 orderan pertama mu, terus semangat membuat inovasi agar bisnismu tidak kalah saing dengan kompetitor lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H