Mohon tunggu...
Azzahra
Azzahra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

belajar dan berbagi lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pertimbangan dalam Menentukan Asesmen

16 November 2024   12:39 Diperbarui: 16 November 2024   12:45 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menurut Anda, apa hal yang perlu guru pertimbangkan dalam menentukan asesmen yang sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ia rancang? Mengapa demikian? 

Jawab: 

Pertimbangan yang perlu guru lakukan dalam menentukan asesmen yaitu sebagai berikut: 

a. Tujuan pembelajaran 

Asesmen disusun menyesuaikan tujuan pembalajaran yang akan dicapai, apakah asesmen tersebut dapat mengukur tujuan pembelajaran atau tidak. Jika tujuan pembelajaran melibatkan pemahaman konsep secara mendalam, guru mungkin perlu menilai berbagai kegiatan yang mencakup konsep tersebut. Jika tujuan adalah pengembangan keterampilan tertentu, seperti keterampilan berpikir kritis atau kolaborasi, asesmen dapat difokuskan pada kegiatan yang mengukur keterampilan tersebut. 

b. Kemampuan peserta didik 

Peserta didik memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, guru harus memperhatikan asesmen tersebut apakah dapat mengukur kemampuan peserta didik atau tidak. Guru dapat memilih kegiatan yang memungkinkan penilaian yang adil terhadap berbagai tingkat kemampuan siswa. 

c. Keselarasan asesmen 

Menggunakan berbagai jenis asesmen, seperti tes tertulis, proyek, presentasi, atau penugasan, dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang pencapaian peserta didik. 

d. Jenis asesmen 

Asesmen formatif dapat digunakan untuk memberikan umpan balik yang baik selama pembelajaran. Sementara asesmen sumatif dapat memberikan gambaran keseluruhan pencapaiam hasil belajar pada akhir proses pembelajaran. 

e. Umpan balik yang bermanfaat 

Pastikan penilaian memberikan feedback yang konstruktif dan bermanfaat bagi siswa. Tujuan utama penilaian bukan hanya memberi nilai, tetapi juga membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun