Menurut Anda, apa hal yang perlu guru pertimbangkan dalam menentukan asesmen yang sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ia rancang? Mengapa demikian?Â
Jawab:Â
Pertimbangan yang perlu guru lakukan dalam menentukan asesmen yaitu sebagai berikut:Â
a. Tujuan pembelajaranÂ
Asesmen disusun menyesuaikan tujuan pembalajaran yang akan dicapai, apakah asesmen tersebut dapat mengukur tujuan pembelajaran atau tidak. Jika tujuan pembelajaran melibatkan pemahaman konsep secara mendalam, guru mungkin perlu menilai berbagai kegiatan yang mencakup konsep tersebut. Jika tujuan adalah pengembangan keterampilan tertentu, seperti keterampilan berpikir kritis atau kolaborasi, asesmen dapat difokuskan pada kegiatan yang mengukur keterampilan tersebut.Â
b. Kemampuan peserta didikÂ
Peserta didik memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, guru harus memperhatikan asesmen tersebut apakah dapat mengukur kemampuan peserta didik atau tidak. Guru dapat memilih kegiatan yang memungkinkan penilaian yang adil terhadap berbagai tingkat kemampuan siswa.Â
c. Keselarasan asesmenÂ
Menggunakan berbagai jenis asesmen, seperti tes tertulis, proyek, presentasi, atau penugasan, dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang pencapaian peserta didik.Â
d. Jenis asesmenÂ
Asesmen formatif dapat digunakan untuk memberikan umpan balik yang baik selama pembelajaran. Sementara asesmen sumatif dapat memberikan gambaran keseluruhan pencapaiam hasil belajar pada akhir proses pembelajaran.Â
e. Umpan balik yang bermanfaatÂ
Pastikan penilaian memberikan feedback yang konstruktif dan bermanfaat bagi siswa. Tujuan utama penilaian bukan hanya memberi nilai, tetapi juga membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H