Setiap individu selalu memikirkan tentang perlindungan bagi dirinya maupun keluarganya dari hal yang tidak baik. Seperti tempat tinggal sebagai tempat perlindungan dari  hujan, panas, ataupun bahaya binatang buas. Demikian halnya untuk kebutuhan perlindungan kesehatan bagi dirinya sendiri maupun keluarganya.
Perlindungan kesehatan tentunya kita selalu melakukan pola hidup sehat. Agar tidak terserang dari segala penyakit dengan cara pola makan yang teratur, olah raga dan melakukan aktifitas yang positif.
Namun dengan kita melakukan pola hidup sehat itu sudah cukup? Bagaimana jika kita mengalami sakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan mengganggu kesehatan kita? Tentunya kita akan mengeluarkan biaya pengobatan untuk kesehatan kita, baik itu rawat jalan maupun rawat inap.
Jika kita bekerja di salah satu instansi/perusahaan yang menyediakan fasilitas kesehatan dan ditanggung semua, tentunya tidak jadi masalah bagi kita. Bagaimana dengan kita yang tidak bekerja di instansi/perusahaan tersebut dan hanya sebagai wirausaha atau pekerja lepas?
Tentunya kita mengambil dari tabungan/simpanan kita sebagai sumber biaya pengobatan yang kita perlukan. Â Bagaimana dana yang diambil dari tabungan tersebut tidak mencukupi membayar biaya pengobatan? Tentunya kita akan meminjam dana dari saudara, teman bahkan meminjam ke lembaga keuangan. Jika hal ini terjadi, akan mengganggu perencanaan keuangan kita yang sedianya disimpan di tabungan/simpanan kita untuk hari tua.
Solusi yang terbaik, khususnya kita sebagai wirausaha atau pekerja lepas, kita akan mencari lembaga/perusahaan yang menyediakan fasilitas biaya pengobatan untuk kita, baik diri sendiri maupun keluarga kita. Lembaga/perusahaan yang menyediakan tersebut adalah perusahaan asuransi.
Salah satu perusahaan asuransi di Indonesia dan menyediakan fasilitas kesehatan yaitu PT. Central Asia Financial (CAF) yang mendapatkan izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 13 Maret 2013. CAF merupakan bagian dari bisnis Salim Group, meluncurkan brand JAGADIRI pada tanggal 27 Januari 2015 sebagai asuransi e-commerce pertama dan terdepan di Indonesia merancang khusus produk Jaga Sehat Keluarga yang memberikan solusi kebutuhan utama masyarakat akan asuransi perlindungan yang lengkap, terjangkau, dan dapat digunakan untuk rawat jalan.
Strategi
Strategi yang dilakukan oleh CAF adalah memberikan perlindungan yang tidak membebani masyarakat melalui produk Jaga Sehat Keluarga, memungkinkan nasabah hanya membayar 1 (satu) harga premi sudah meng-cover maksimum hingga 5 (lima) orang tertanggung terdiri dari suami, istri, dan 3 (tiga) anak dengan biaya yang terjangkau mulai dari Rp. 280.700 per bulan untuk 5 (lima) orang tertanggung tersebut.
Jaga Sehat Keluarga memberikan pengembalian premi sebesar 25% per tahun apabila tidak ada klaim dari nasabah. Selain itu, Jaga Sehat Keluarga memberikan Instant Protection (perlindungan instan dan langsung), Claim Certainty Process (jaminan penerimaan klaim), dan Best Transparent Price (biaya terjangkau dan transparan). Ini merupakan strategi dari CAF untuk mempromosikan produk Jaga Sehat Keluarga kepada masyarakat.
Inovasi
Inovasi yang dilakukan CAF pada produk JAGADIRI adalah Jaga Sehat Plus, Jaga Aman Instan, Jaga Jiwa Plus dan Jaga Sehat Keluarga. Khususnya Jaga Sehat Keluarga selain memberikan 1 (satu) harga premi yang terjangkau dan meng-cover 5 (lima) orang tertanggung.
Selain itu, inovasi pada Jaga Sehat Keluarga adalah (*)
- Bermanfaat sebagai perawatan rumah sakit (rawat inap) dan dapat digunakan juga rawat jalan.
- Pada saat membeli produk Jaga Sehat Keluarga nasabah tidak perlu cek kesehatan.
- Semua penyakit termasuk HIV/AIDS di-cover oleh produk Jaga Sehat Keluarga.
- Jaga Sehat Keluarga dapat double klaim dengan asuransi lainnya.
- Dapat membeli langsung melalui website JAGADIRI dengan klik Beli Sekarang atau menghubungi langsung Customer Service JAGADIRI.
Distribusi
Dalam menjalankan bisnisnya, CAF mendistribusikan produk Jasa Sehat Keluarga ini dengan prinsip direct-selling, dengan berfokus pada (**):
- digital marketing, pemasaran produk dilakukan melalui sistem digital/website JAGADIRI, calon nasabah dapat membeli langsung melalui website tersebut.
- telemarketing, pemasaran produk dilakukan langsung melalui telepon kepada calon nasabah berdasarkan data yang dimiliki CAF.
- dan community marketing, pemasaran produk dilakukan melalui komunitas pemasaran seperti agen asuransi yang dimiliki oleh CAF.
Adanya distribusi tersebut, nasabah akan mudah untuk membeli produk JAGADIRI khususnya Jaga Sehat Keluarga melalui website dengan 1 (satu) harga premi untuk 5 (lima) orang tertanggung. (hantustommy)
Sumber:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H