Mohon tunggu...
Hans Catur Maulana Putra
Hans Catur Maulana Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Surabaya

Saya adalah mahasiswa semester 6 program studi Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Saya aktif dalam organisasi mobil hemat energi di kampus. Saya suka mencoba hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Menelusuri Operasional Sarana KAI: Pengalaman Mahasiswa S1 Teknik Mesin UNESA di PT KAI DEPO Lokomotif dan KRDI Surabaya Pasar Turi

1 Juli 2024   17:12 Diperbarui: 1 Juli 2024   17:12 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen Pembimbing   : Ika Nurjannah, S.Pd., M.T

Penulis                             : 1. Ilham Firmansyah N.                      

                                               2. Charindra Manggala K.P               

                                               3. Hans Catur Maulana Putra

Mahasiswa merupakan generasi penerus yang akan mewujudkan pembangunan nasional dan memajukan bangsa dan negara. Kebutuhan akan kemampuan dan profesionalisme menuntut adanya pelatihan dan usaha yang sungguh-sungguh. Pada era globalisasi diperlukan adanya industri yang maju dengan tenaga kerja profesional di bidangnya masing-masing. Salah satu bidang yang berpotensi baik dimasa mendatang adalah Teknik Mesin.


Teknik Mesin merupakan cabang keilmuan Teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah system mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi.

Untuk memberikan pengalaman tambahan kepada mahasiswa dalam dunia industri, Universitas memerlukan kerja sama dengan pihak industri yang dapat menyediakan kesempatan magang. Kegiatan magang ini dikenal sebagai Praktik Industri (PI), yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa supaya siap bekerja dan bisa menyelaraskan pemahaman antara teori dan dunia kerja. Melalui Praktik Industri ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami lingkungan, norma, dan kegiatan sehari-hari di dunia kerja. Dengan begitu, mahasiswa saat sudah memasuki dunia kerja dapat menerapkan pengetahuan mereka.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan besar yang menguasai seluruh jasa angkutan kereta api yang berada di Indonesia, yang dibagi dalam beberapa wilayah di Indonesia yang disebut dengan DAOP (Daerah Operasi) yang mewakili kantor pusat dan bertanggungjawab melaksanakan seluruh kebijakan kantor pusat. 

Pada kesempatan ini, Mahasiswa S1 Teknik Mesin FT UNESA yang Bernama Charindra Manggala Karvin Putra,Hans Catur Maulana,Ilham Firmansyah N.,bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk melaksanakan Praktik Industri yang diharapkan mahasiswa dapat memahami lingkungan, norma, dan kegiatan sehari-hari di dunia kerja. Praktik Industri mahasiswa tersebut berada dalam naungan DAOP 8 Surabaya.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Pelaksanaan dilakukan di Depo Lokomotif Pasar Turi yang berada di Jl. Lamongan No.1, Gundih, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60172. Luas area Depo Lokomotif Pasar Turi DAOP 8 Surabaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah 585  Dengan fasilitas mulai dari tempat parkir karyawan, ruang administrasi, Gudang, ruang olahraga, ruang istirahat TKA, ruang chemical, ruang anak magang, ruang LOSD, ruang Daily Check, toilet, Pos keamanan dan ruang peralatan.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Sebelum pelaksanaan Praktik Industri para mahasiswa di berikan bekal terhadap (K3) dan area yang rawan terjadi Kecelakaan kerja, dengan begitu para mahasiswa akan lebih waspada terhadap (K3) yang diberikan. Pelaksanaan Praktik Industri selalu dalam pengawasan dari pembimbing industri dari Depo Lokomotif Surabaya Pasar Turi dengan tujuan segala kegiatan yang dilaksanakan Mahasiswa sesuai dengan SOP kerja dari PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Pelaksanaan Praktik Industri dimulai pada tanggal 19 Februari 2024 sampai 5 Juli 2024. Dalam rentang waktu tersebut mahasiswa S1 Teknik Mesin FT UNESA belajar banyak hal, mulai dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), mengenal SOP kerja dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta memahami troubleshooting pada Lokomotif yang ada di Depo Lokomotif Pasar Turi.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Dalam Pelaksanannya Depo Lokomotif Surabaya Pasar Turi memiliki 2 Divisi yang berbeda, yaitu: Divisi Daily Check dan Divisi LOSD (Maintennace). Divisi Daily Check adalah divisi yang bertanggung jawab terhadap pengecekan rutin Lokomotif yang datang. Diantaranya ada CC201,CC203 dan CC206.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun