Mohon tunggu...
Hanny Fajarwati
Hanny Fajarwati Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas SD

Cita-citaku hanya ingin mendapat Ridho Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan Guru Penggerak_ Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.4

24 Desember 2022   18:42 Diperbarui: 6 Januari 2023   05:09 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

IPAssalamualaikum Wr. WB 

Salam Guru Penggerak

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan 

 Jurnal refleksi modul 1.4 Budaya positif, menggunakan model 4F yaitu Fact ( peristiwa ), Feelings ( perasaan ), Findings ( pembelajaran ), Future ( penerapan ). 

A. PERISTIWA

Setelah saya mempelajari selama rentang waktu kurang lebih 2 Minggu, saya mengerjakan tugas di LMS dengan alur MERDEKA yaitu

 1. Mulai dari diri, mengamati bagaimana pembiasaan yang dilakukan di sekolah masing-masing dalam menciptakan budaya positif untuk mendukung siswa menjadi pribadi yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

2. Eksplorasi Konsep, pada alur eksplorasi konsep saya banyak sekali mempelajari ilmu baru diantaranya disiplin positif dan nilai kebajikan universal, teori motivasi ,hukuman, penghargaan, restitusi, keyakinan kelas, kebutuhan manusia dan dunia berkualitas, posisi kontrol guru.

img-20221125-195111-hdr-63b7494ac1cb8a463c404464.jpg
img-20221125-195111-hdr-63b7494ac1cb8a463c404464.jpg
3. Ruang Kolaborasi, pada alur ini saya berkolaborasi dengan teman CGP lainnya dalam menyelesaikan berbagai kasus dan mempresentasikan hasil analisisnya secara sinkronus dalam kegiatan kelompok dan satu sama lain saling menanggapi.
img-20221117-072440-63a8460f08a8b562763816a2.jpg
img-20221117-072440-63a8460f08a8b562763816a2.jpg
4. Demonstrasi kontekstual, pada alur ini saya mempraktekan segitiga restitusi pada permasalahan yang terjadi di sekolah saya.
screenshot-2022-12-19-13-46-08-856-com-google-android-apps-meetings-63b74a8308a8b545650fbff6.png
screenshot-2022-12-19-13-46-08-856-com-google-android-apps-meetings-63b74a8308a8b545650fbff6.png
5. Elaborasi Pemahaman, pada Alur ini saya berdialog dengan instruktur dan CGP lainnya.

6.  Koneksi Antar materi, membuat keterkaitan dengan materi sebelumnya.

7. Aksi nyata, menyampaikan pemahaman dan berbagi pengalaman kepada warga sekolah dalam menerapkan budaya positif di sekolah.

B. PERASAAN 

Saya sangat antusia sekali dan sangat termotivasi sekali dalam mempelajari modul ini. Meskipun materinya sangat banyak tetapi saya sangat bersemangat sekali. Saya mendapat pencerahan dengan adanya perubahan paradigma dalam menangani kasus anak di sekolah yaitu dengan menggunakan pendekatan segitiga restitusi.

C. PEMBELAJARAN 

1. Dsiplin positif dan Nilai kebajikan

2. Teori motivasi, hukuman, penghargaan, dan restitusi

3. Keyakinan kelas 

4. Kebutuhan Dasar manusia dan Dunia berkualitas

5. 5 posisi kontrol 

6. Segitiga Restitusi 

D. PENERAPAN 

Berkoordinasi dan menyamakan persepsi dengan semua ekosistem sekolah tentang pentingnya budaya positif di sekolah.

Guru Bergerak Indonesia Maju 

Terima kasih 

Wassalamu'alaikum 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun