IPAssalamualaikum Wr. WBÂ
Salam Guru Penggerak
Tergerak, Bergerak, MenggerakkanÂ
 Jurnal refleksi modul 1.4 Budaya positif, menggunakan model 4F yaitu Fact ( peristiwa ), Feelings ( perasaan ), Findings ( pembelajaran ), Future ( penerapan ).Â
A. PERISTIWA
Setelah saya mempelajari selama rentang waktu kurang lebih 2 Minggu, saya mengerjakan tugas di LMS dengan alur MERDEKA yaitu
 1. Mulai dari diri, mengamati bagaimana pembiasaan yang dilakukan di sekolah masing-masing dalam menciptakan budaya positif untuk mendukung siswa menjadi pribadi yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
2. Eksplorasi Konsep, pada alur eksplorasi konsep saya banyak sekali mempelajari ilmu baru diantaranya disiplin positif dan nilai kebajikan universal, teori motivasi ,hukuman, penghargaan, restitusi, keyakinan kelas, kebutuhan manusia dan dunia berkualitas, posisi kontrol guru.
6. Koneksi Antar materi, membuat keterkaitan dengan materi sebelumnya.
7. Aksi nyata, menyampaikan pemahaman dan berbagi pengalaman kepada warga sekolah dalam menerapkan budaya positif di sekolah.
B. PERASAANÂ
Saya sangat antusia sekali dan sangat termotivasi sekali dalam mempelajari modul ini. Meskipun materinya sangat banyak tetapi saya sangat bersemangat sekali. Saya mendapat pencerahan dengan adanya perubahan paradigma dalam menangani kasus anak di sekolah yaitu dengan menggunakan pendekatan segitiga restitusi.
C. PEMBELAJARANÂ
1. Dsiplin positif dan Nilai kebajikan
2. Teori motivasi, hukuman, penghargaan, dan restitusi
3. Keyakinan kelasÂ
4. Kebutuhan Dasar manusia dan Dunia berkualitas
5. 5 posisi kontrolÂ
6. Segitiga RestitusiÂ
D. PENERAPANÂ
Berkoordinasi dan menyamakan persepsi dengan semua ekosistem sekolah tentang pentingnya budaya positif di sekolah.
Guru Bergerak Indonesia MajuÂ
Terima kasihÂ
Wassalamu'alaikumÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H