Nama : hanifatul jannah
Nim : 19004106
Dasar dasar ilmu pendidikan
Kurikulum dan teknologi pendidikan
TIK adalah "seperangkat sumber daya dan peralatan teknologi yang digunakan untuk mengkomunikasikan,menciptakan mendiseminasi,menyimpan dan mengelola informasi.TIK bagi dunia Pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program Pendidikan.
Alasan pemanfaatan TIK dalam Pendidikan karena sangat mampu dan dijagokan agar menjadi fasilitator utama untuk meratakan Pendidikan di bumi nusantara karena TIK yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh nya tidak terpisah oleh ruang,jarak,dan waktu
Kemudian proses Pendidikan adalah komunikasi sebagai media Pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon,computer,internet,email dsb.
Proses Pendidikan juga merupakan interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan lansung dengan siswa.
Pemanfaatan elearning yang merupakan contoh dari pengaplikasian atau pemanfaatan TIK dalam Pendidikan merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangka luas ,e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TI seperti : CBT (computer based training ).CBI (computer based instruction),Distance learning ,distance education ,CLE (cybernetic learning environment),Dekstop videoconferencing,ILS (integrated learning system),LCC (learner- cemterted classroom),telencoferencing,WBT (web basedtraining),dsb.
Keberadaan internet pada masa kini pun sudah menjadi kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global.
kemudian menurut Alvin Toffler di era globalisasi manusia harus melek dalam 6 aspek yaitu:
1.Melek fungsional atau melekvisual
2.Melek ilmiah,mapu memahami aspek-aspek teoritis dan aplikatif dari sains dan matematika
3.Melek teknologi,berkompeten dalam menggunakan berbagai teknologi komunikasi dan informasi.
4.Melek informasi mampu menggali ,mengevaluasi dan menggunakan informasi secara tepat ,termasuk dengan menggunakan TIK
5.Melek budaya ,mengapresiasikan keragaman budaya bangsa,korporasi,dan komunitas diseluruh dunia terhubung satu samalain.
Manfaat TIK bagi Pendidikan
1.Mempermudah dan memperluas akses terhadapPendidikan
2.Meningkatkan kesetaraanPendidikan
3.Menigkatkan mutupembelajaran
4.Meningkatkan profesionalisme guru Meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen ,kelola dan administrasi dan administrasiPendidikan.
Gelombang perkembanganTIK
1.Gelombang pertama ,pemanfaatan TIK difokuskan untuk peningkatan produktifitas dan memperkecilbiaya
2.Gelombang kedua,TIK difokuskan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer melalui pembangunan jaringancomputer.
3.Gelombang ketiga,TIK difokuskan untuk menghasilkan keuntungan lewat pembangunan program systeminformasi
4.Gelombang keempat ,TIK difokuskan untuk membantu proses pengambilan keputusan dari datakualitatif.
5.Gelombang kelima ,TIK difokuskan untuk meraih pelanggan (konsumen) melaui pengembangan jaringanintrnet
6.Gelombang keenam,TIK yaitu mengembangkan systemjaringan.
Peran TIK dalam Pendidikan
1.TIK sebagaiketerampilan
2.TIK sebagai insfrastruktur Pendidikan
3.TIK sebagai sumber bahanbelajar
4.TIK sebagai alat bantu dan fasilitasPendidikan
5.TIK sebagai pendukung manajemenPendidikan
6.TIK sebagai system pendukung keputusan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H